Tuesday, April 26, 2011

telepon yuk

Tadi lucu deh.. Ofal kaya maen telepon2an pake kabel data hape.. ^_^ 
 
Awalnya dia cuman maenan sama kabel data aja.. Kabelnya dia tempel ke pipi. Tus bunda bilang, "Halo.. ini Ofal disini.. Iya.. nanti Ofal maen kesana ya.." Tus dia jadi nempelin kabel datanya ke kuping dan ngoceh-ngoceh sendiri.. Hihihi lucu.. =P

Ofal tulis-tulis,,

Belakangan ini ada kesukaan baru si bocah cilik. Ofal lagi seneng tulis2.. Awalnya sempet dibeliin papan tulis yang ada pulpennya khusus. Jadi dia ga bisa nulis dimana2 cuman bisa dipapannya aja. Dia seneng tulis2 disini tus hapus lagi, tulis lagi hapus lagi..


Eh sekarang2.. karena sering liat Uyutnya tulis2 pake pulpen di kertas, dia juga suka mau tulis2 pake pulpen juga.. Tus kalo udah tulis2 gini deh hasilnya..


Pahanya dicoret2 juga sama dia. Dan sprei Uyut pun ikut jadi korban.. hahaha... maap ya Uyut, spreinya jadi ancurr.. =P Mudah2an ga merembet sampe coret2 tembok yaa..

Dan ini dia tersangka utamanya.. Si bocah cilik.. ^_^


Monday, April 25, 2011

Kampung Gajah

Kemaren abis nganter Uti beli pupuk, kita ngelewatin Kampung Gajah karena emang satu area di Cihideung. Jadinya mampir deh.. Penasaran kaya apa, soalnya kata orang2 yang pernah kesini tempatnya bagus katanya.. hehehe..

Biaya masuk Kampung Gajah untuk mobil 10k IDR, tus perorangnya 5k IDR. Untuk anak di bawah 3 taun masih gratis. Permainannya lumayan banyak. Ada perahu air, perahu angsa yang digoes itu, yang loncat2an di trampolin, kereta api, gokart, naek delman. Ah banyak deh.. Tus ada stand2 kaya permainan bola sabun sama face painting. Untuk permainan ini dipungut lagi biaya permasing2 permainan.


Kemaren itu lucu deh. Kita nemu Teletubbies, dikira Ofal bakalan takut tuh ketemu badut2 kaya gitu. Pas dideketin awalnya dia agak heran gitu. Tus malah penasaran dan seneng dia sama Teletubbiesnya. Pas digendong ketawa2 tus ga mau diangkat sama Ayah atau Bunda. Dia mau digendong terus sama Teletubbiesnya.. Halaahh.. Lucu deh.. Tus kan dari mulut Teletubbiesnya itu keliatan orang di dalemnya. Dia kaya penasaran gitu liatin mulutnya terus hahaha.. sumpah lucu dehh.. ^_^ Ofal ga tertarik tuh sama Sponge Bob atau Bart Simpson, dia sukanya sama Teletubbies doang.. =D. Hihihi.. Te Uwit kalah deh sama Ofal. Masa tantenya takut sama badut? Ofal aja nggak..


Yang bikin enak maen dan makan disini itu karena udaranya... Masih seger banget.. apalagi kemaren abis ujan gitu. Tempatnya rapi, bersih walopun masih ada pembangunan disana sini. Kayanya area permainannya masih dalam tahap pengembangan deh. Untuk yang muslim juga ada mushola, jadi kalo mau solat ga susah cari tempat. Tus disini juga banyak yang jual makanan. Tapi enak apa nggaknya aku ga tau. Soalnya ga beli apa2 juga disini.. :D


Kemaren itu Kampung Gajah ruameeeenya minta ampun. Jadi males untuk naek apa2.. Lagian mahal2 yaa ternyata. Naek perahu 2 kali keliling 50 ribu aja.. Kita ga naek apa2 disana, cuman keliling2 aja liat2.. Kayanya sih tempat ini ga recomended untuk anak yang masih kecil. Banyakannya maenan untuk anak yang lebih besar. Mungkin nanti kalo Ofal udah ngerti dan bisa diajakin naek2 ginian, kita kesini lagi deh.. :D

part3 : Long Weekend.. at Bandung..

Hari ini kita jatah bareng sama Uti.. hehehe.. Hal yang ga pernah dilewatkan kalo ke rumah Uti yaitu beli Odading dan Cakwe di pasar Antapani.. :P suer deh.. enak banged..! apalagi odadingnya (kalo disini kue bantal) pas masih anget.. manis sama kenyelnya pas deh.. Enak dimakan sama teh anget. 

Jadi kemaren pagi2 jam 6 udah ke pasar ngincer odading. Sekalian dititipin Uti beli ayam sama asem kandis. Sampe pasar si tukangnya belum jualan, masih beres2 gitu.. kepagian deh kita.. hahaha.. napsu sihh.. ^_^ Ya udah kita tungguin. Pas baru aja mulai jualan, yang beli udah ngantri aja.. Untung kita dateng pagi. Beli 20 ribu udah dapet 4 kantong kertas gede.. hahah..  puas deh makannya. Kalo Ofal lebih seneng sama cakwe nya.. dia emang lebih seneng yang gurih2.

Jam 10an kita rencana pergi. Uti mau ke Cihideung cari pupuk tanaman. Kita pergi banyakan, semobil kijang penuh! Bener2 deh keluarga kijang.. ^_^ Sebelumnya kita cari biro paket gitu. Mau kirim paket titipan temen ke Surabaya. Keliling2.. TIKI pada tutup. Akhirnya ke Stasiun aja. Murah ya ternyata kirim pake kereta. Kemaren kirim tempat tidur bayi sama stroller cuman 70 ribu aja + ongkos packing 20 ribu. Dipack nya pake karung goni plastik gitu. Padahal sebelumnya sempet tanya2 ke biro paket yang pake bis gitu kena sekitar 400 ribuan belum ongkos packing. Buset daahh.. mau ngerampok ya mas? Wlek.. untung ga jadi.. :D

Dari stasiun langsung cabut ke Cihideung, lewat Cimahi. Soalnya lewat Setiabudi takut macet. Sepanjang jalan malah sempet ujan. Enak dingiin.. Sempet mampir di satu mesjid pinggir jalan karna udah waktunya salat dzuhur. Pas turun mobil, brrr udaranya dingin banget.. Langsung Ofal bunda pakein sweater.. :)


Karna udah waktunya makan siang, kita sempet makan dulu di Sidamulya. Udah lama Uti ngajakin kesini, baru sempet sekarang. Disini sambelnya mantab! Puedes banget... Jadinya pengen nambah terus. Ofal makan sop buntut juga lumayan banyak. :D




Sebelum beli pupuk, disempetin dulu beli tahu Barokah. Ini tahunya enak deh.. Tapi emang tahu Bandung itu enak2 sih. Beda rasanya sama tahu yang di Bekasi. Dibeliin 1 kotak besar sama Uti buat bekel ke Bekasi.. Asyiik!!

Tus akhirnya sampai juga di tempat Uti beli pupuk. Ternyata disini lumayan lengkap buat peralatan berkebunnya. Dari mulai pupuk, tanah, alat2 berkebun, pot, sampe tanemannya ada. Pasti uyut seneng deh kalo diajakin kesini. Uyut juga hobi berkebun. Kapan2 ah ajak uyut kesini. :D Disini juga murah harganya. Kaya tanah Lembang 1 karung cuman 5 ribu aja. Kemaren juga sempet beli 2 karung tanah sama pupuk buat oleh2 Uyut berkebun di Bekasi. Tus taneman2 kaktus yang kecil2 gitu cuman 2 ribu aja. Padahal dulu aku pernah beli di lembang harganya 5 ribu.


Abis puas Uti belanja2.. kita mau pulang rencananya..  Eh lewat Kampung Gajah.. jadinya mampir deh..

Abis itu baru deh mengarah ke Bandung kota lagi. Sebelum pulang Antapani disempetin dulu beli Bollen Kartika Sari titipan temen di Medan. Sampe Antapani, udah jam setengah 6 sore aja. Padahal kita rencana pulang Bandung abis Ashar.. Hahaha.. rencana tinggallah rencana. Kalo di Bandung emang suka lupa waktu. =P Abis itu lanjut ke Margahayu, mau jemput Uyut.  Jadwalnya Ofal emang padet banget.. ^_^ Pas di jalan, Ofal udah kecapean tus bobo. Sampe di Margahayu ternyata banyak sodara2 pada ngumpul. Pada pengen maen sama Ofal. Tapi Ofalnya udah bobo. Sampe akhirnya dipaksa bangun sama Nin Iyar. Tus mewek deehh.. hehehe.. ga papa ya de.. semuanya kan pada kangen sama Ofal.

Akhirnya kita baru pulang jam 8an. Alhamdulillah perjalanan Bekasi-Bandung ga macet. Jam 10 kita udah sampe di Bekasi. Hmm pulang ke Bandung emang selalu menyenangkan.. ^_^

Bandung.. tunggu kita yaa.. Kita bakal pulang lagi kok minggu depan.. hehehe...

..the end..

part2 : Long Weekend.. at Bandung..

Hari Sabtu masih jatah di rumah Nin. Soalnya pas Ateu lagi di Bandung juga, jadi Ateu minta Ofal di Margahayu hari Sabtunya. Baru sorenya rencana ke Antapani dan giliran nginep di rumah Uti. Ofal kalo ke Bandung emang jadwalnya padet banget.. hehehe.. Harus apel kesana kemari.. Harus bisa2nya Ayah sama Bunda bagi2 jadwal untuk keluarga Margahayu sama keluarga Antapani. Biar ga ada iri2an.. ^_^

Hari ini jadwalnya shopping..!  Yaaay!! ^_^ abis Ayah juga punya acara sendiri sama om Adit, nge-trail ke Tangkuban Perahu. Ya udah.. Bunda shopping ajah..

Pagi2 pas orang2 rumah lagi pada beres2, ada tukang odong2 lewat depan rumah. Ayah panggil, jadi Ofal naek odong2 deeh.. walo belum mandi, masih pake piyama dan rambut kaya singa.. :P


Pergi dari rumah jam sebelasan, lengkap semuanya ikut plus Om Ganjar juga. Yang dituju pertama, cari makan siang.. hehe.. Kita makan di Atmosphere di Jl Lengkong. Disini tempatnya enak, ada tempat lesehannya. Lesehannya dibagi jadi 2, di area belakang yang open space dan ada kolam ikannya. Sama yang diatas.


Khusus lesehan yang di lantai 2 lantainya dialasin sama bantal2 lagi. Jadi empuk dan bisa buat tidur2an. Makanya jadi tempat favorit Aki sama Om yang doyan tiduran dulu abis makan. :D Kemaren kita pilih lesehan di lt 2. Pilih tempat ini lumayan bikin sport jantung juga. Soalnya ada di lantai 2, pemandangan langsung ke jalan, dan pembatasnya cuman sebatas betis ajah.. Wadoh.. yang namanya jagain Ofal kemaren bener2 deg2an. Abis dia pengennya manjat pembatasnya itu terus.. :(


Kemaren pesen Nachos, Garlic Bread, Tiramisu. Aku lupa pesen apa lagi, yang diinget pesenannya aku aja ^_^ Australian Steak sama minumnya Strawberry tea. Minumannya enak.. seger.. Tapi steaknya gaa.. :( Dan yang enak lagi tiramisunyaa.. Segede itu abis berdua aku sama Ofal. Ofal doyan jugaa.. sampe minta2 tangan aku nyuapin dia.. :D


Ah.. Ayah rugi deeh.. ga ikut kita makan2 enak.. ^_^ Disini harganya emang sedikit mahal sih (untuk ukuran kantong aku yaaa.. ) tapi makanannya lumayan enak dan yang pasti tempatnya asyik banget buat ngobrol2..


Abis beres makan, kita langsung nganter Ateu sama Om ke BEC. Mau cari modem katanya. Pas sampe sana Ofal bobo. Jadinya aku sama Nin nungguin di mobil. Sambil Nin beli Susnya Merdeka. Eh..sekarang mahal aja yaa. 1 kotak gitu isi 10 harganya 60k IDR. Tapi emang enyak sih.. :P Abis dari situ kita misah deh sama Ateu dan Om Ganjar. Mereka mau cari sepatunya Ateu tus cari kado buat ultah Nin minggu depan katanya. Sementara kita mau shopping maenan sama bajunya Ofal.. ^_^

Tempat pertama yang dituju, tempat maenan Lavie. Aku mau cari maenan yang setir2an mobil gitu. Cuman setirnya doang. Aku pernah liat di satu online shop. Tapi pas mau beli ga nemu lagi tuh. Kemaren cari di Lavie juga ga dapet. Malah dapetnya maenan mobil2an dari plastik gitu. Padahal ga niat mau beli. Tapi pas disana Ofal coba mobilnya, malah ga mau turun dari mobilannya. Ya udah dibeliin aki deh jadinya. hehehe.. 

Abis dari situ lanjut ke Miyo, di Jl Soka. Aku suka FO baju anak disini. Soalnya sepi dan lucu2.. Kemaren kalap deh.. dapet 2 celana jeans, 1 topi pet sama 1 stel baju training gitu.. =D Abis dari situ udah jam 6 aja.. Dan langsung dianterin sama Nin ke rumah Uti. Soalnya malem ini giliran bobo di rumah Uti. ^_^ Telpon Ayah, belom pulang aja dari nge-trailnya. Hadeuh ayah.. ampun deh.. seharian ajaaa..

Gini nih kalo Ayah udah maen sama Om Adit.. Bisa sampe lupa waktu...


part1 : Long Weekend.. at Bandung..

Long weekend kemaren yang ternyata kurang long.. =D kita ke Bandung.. Ah kita mah mau long weekend ato short weekend da ke Bandung juga.. Semangat pulang Bandung !! ^_^

Kita pergi Jumat pagi.. alasannya menghindari macet.. Ternyata long weekend kali ini jalanan emang sepi ya.. Biasanya maceet. Pengen sampe Bandung cepet, karena mau jemput Ateu Uwit yang juga pulang Bandung dari Banyuwangi di bandara Husein. Eh emang ya manusia itu cuman bisa berencana. Di Km 84-an, ternyata ban mobil kita pecah. Ya Alloh, untungnya ban belakang. Jadi mobil ga sampe "goyang". Padahal kita lagi kecepatan tinggi dan ada di jalur cepat. Emang ban mobil yang satu ini udah bermasalah dari sejak kena ranjau paku waktu itu. Alhamdulillah lagi perginya ga malem. Soalnya daerah situ kan ga ada lampu jalannya, dan pastinya kalo malem gelap banget. Pas Ayah lagi ganti ban, Ofal rewel pengen turun mulu dari gendongan. Pengen liatin Ayah ganti ban.. ^^ nanti ya de kalo Ofal udah gedean bantuin Ayah yaa.. Ganti ban kurang lebih setengah jam, terus kita lanjut lagi perjalanan.

Satu lagi hambatan perjalanan pengen cepet sampe rumah. Eeeh, tol Buah Batunya kelewat ajaah.. Gara2 kita keasikan ngobrol.. Tus sadar2, loh kok udah banyak sawah2 yaa? Pintu tol Buah Batunya mana yaa? Dan ada jembatan yang bawahnya rel kereta api.. Ayah!! Kita kelewatan! MasyaAllah.. bener2 deh.. Dodol... Akhirnya kita lewat Cileunyi deh. Dan sampe Margahayu jam 9-an aja.. :(

Sampe rumah Uyut langsung kasih makan Ofal, mandiin Ofal, sarapan.. Langsung pergi lagi, jemput ateu di bandara. Kita telat jemput Ateu, abis dari rumah aja udah jam 10 lewat. Sampe sana, Ateu udah nunggu.. maap ya Ateu, telat jemputnya.. hehehe..

Abis jemput Ateu, kita mau cari masjid tempat Ayah jumatan. Diputusin ke Masjid Balai Kota aja deh. Kan kita bisa nungguin di BMC belakang masjidnya, sekalian makan siang dulu. Bunda pesen batagor  (12k IDR) sama teh botol, Ayah pesen makaroni panggang (20k IDR) sama jus alpukat (14k IDR), Ateu pesen Chicken Katsu (20,5k IDR) sama jus Leci (14k IDR). Makanannya enak semua, tapi minumannya kemanisan. Jadi ga kasih Ofal jus alpukat banyak2 juga. Abisnya manis banget..


Abis ayah selesai jumatan kita langsung pulang ke rumah Nin.. Tus sorenya apel ke rumah Uti di Antapani. Malemnya lanjut janjian makan baso di Linggarjati alun-alun.. Baso disini enak banget deh, apalagi jus alpuketnya.. Juara! Rumah makan baso ini udah ada dari sejak Nin gadis.. :P Aku juga inget dari sejak kecil dulu udah diajakin Nin makan disini.  Ayah juga jadi ketagihan sama jus alpuketnya disini. hehe.. Sayang ga ada fotonya.. Abis Ofal bobo sih, ribet kalo sambil foto2. Abis makan malem kita pulang deeh.. Hari ini jadwalnya Ofal bobo di rumah Nin.. ^_^


To be continued..


Si Rambut Gondring

Ini nih.. penampakan anak kecil berambut gondring yang lucu nan menggemaskan..  *narsis.. :P

Waktu kemaren ke Bandung, rambut gondring ini sukses menuai komen dari semua saudara2.. Semua pada gatel pengen motong rambut gondring ini. Tapi Bundanya tetep keukeuh.. Jangan dipotong.. !! hehehe.. abis dulu punya pengalaman potong rambut Ofal sampe botak plontos. Dan Bunda sampe ngerasa yang digendong itu bukan anak Bunda karena ga ada rambutnya... hahaha...


Thursday, April 21, 2011

ASIP, Ultra dan Dancow

Sebenernya udah agak lama Bunda ga mompa ASI lagi.. Awalnya gara2 keseringan home office, jadi seringnya bisa nenenin langsung Ofal. Gara2 sering nenenin langsung Ofal, jadinya males mompa deh.. Tus sekarang kalo mompa udah ga sebanyak dulu. Jadinya tambah males mompa. hehe.. iya ini kesalahan fatal..! Mudah2an bisa jadi pembelajaran untuk anak ke-2 nanti. Apapun kondisinya, selama air susu masih ngalir harusnya tetep di pompa. Tapi alhamdulilahnya, Ofal udah lewat 1 taun. Jadi udah bisa ditambah dengan susu lain.

Awalnya Bunda keukeuh pengen ngasihnya ya susu UHT aja. Kemaren pakenya Ultra yang plain. kenapa pengennya ngasih UHT? Soalnya dari yang Bunda baca2, UHT itu melalui proses pembuatan yang ga terlalu lama jadi nutrisi yang dikandungnya masih bagus. Dan lagian komposisinya ga ditambahin macem2, cuman susu sapi segar aja. 

Tapi Bunda kan cuman bisa berencana ya? Tetep yang nentuin pengen dimimi apa ga itu susu, ya Ofal juga. Awalnya sih lancar2 aja. Tapi kok belakangan ini Ofal seringnya ga mau dikasih mimi susu..  :( Kalo dikasih UHT banyakan nolaknya daripada minumnya. Yo wes, akhirnya setelah Uyutnya ngomel2 Ofal susah dikasih mimi susu, Bunda cari alternatif lain deh.. Coba ganti mimi vanila. Ga mau.. Ganti pake Indomilk.. ga mau juga.. Hfff.. Solusi terakhir, ya Sufor.. Bukan bunda anti sufor loh ya.. Tadinya mikir kalo bisa yang lebih baik kenapa ga? gitu.. 

Bunda akhirnya coba beli Dancow 1+. Yang murah ajaa.. hahaha.. Pelit.. lah kan susu mah merk apa juga sebenernya kan sama aja ya? Pas dicobain sama Ofal, eh dia doyan ajaa.. sehari bisa abis 500-600 ml aja. Dan alhamdulilah, ga ada alergi.. Pupnya juga amann.. Tus Bunda observasi juga makannya. Takutnya gara2 minum susu ini, nafsu makan jadi berkurang. Tapi alhamdulillah nggak. Ofal makan lahap kaya biasanya. Soalnya kan untuk urusan nutrisi, paling utama tetep dari makanannya. 

Akhirnya diputuskan.. Ga apa2 lah pake Dancow. Bismillah aja..  Mudah2an sehat terus. Lagian kalo Bunda di rumah, Ofal masih nenen langsung dari gentongnya kok. Tapi kapan2 mau dicobain lagi dikit2 beralih ke UHT lagi. Siapa tau kemaren itu Ofal cuman bosen doang sama UHT. Hehe..
.

Wednesday, April 20, 2011

Tujuan Bunda Nge-Blog

Sekarang kayanya lagi trend deh, ibu2 yang punya anak terus punya blog.. Dan blog jadi ajang cerita tentang kehidupan mereka dan anak mereka. Yah.. ga jauhlah kayanya dari blog Bunda ini.. Bunda kan tukang ikut2an trend.  hehehe.. ceritanya ya tentang Bunda, Ayah sama Ofal. Ga jauh2 lah dari situ. Lah  apa lagi yang bisa diceritain selain itu. hehe..

Kenapa Bunda buat blog ini? Tujuan utamanya sih supaya nanti ketika Ofal atau bahkan kalau ada adik2nya Ofal akan punya cerita indah tentang masa kecil yang bisa dibaca. Lebih dari hanya sekedar melihat foto. Kan terkadang kalo hanya dengan foto ga terlalu bisa menggambarkan kaya apa suasana, perasaan yang terjadi pada saat itu. Kalo dengan cerita, semoga bisa lebih mengena.. :) kaya Bunda dulu suka tulis diary, dan sekarang kalo baca2 lagi diary lama suka teringat lagi kaya apa perasaan waktu itu.

Cerita2 disini bukan untuk ajang pamer kok.. Suer deh.. Lagian apa sih yang bisa Bunda pamerin? ga adaa.. :P Cuman sekedar mendokumentasikan aja..  Ofal udah bisa apa ya? Ofal saat ini lagi apa ya? Lagi2 tujuannya ya buat kenang2an Ofal nanti kalo Ofal udah ngerti. Bunda kepengen kalo Ofal udah besar, Ofal tau kalo Ofal hidup dikelilingi oleh orang2 yang sangat sangat sayaang sama Ofal.

Harapan Bunda moga2 suatu saat nanti, kalo Ofal udah bisa baca blog ini, Ofal bisa menghargai dan sayang juga sama orang2 di sekeliling Ofal yaa... Amin...

Tulisan ga penting ini terinspirasi dari obrolan dengan teman kantor tadi siang.. you know who you are.. ^_^  mudah2an blog aku ini jauh dari tujuan pamer yaa.. dan ingatkan aku kalo emang suatu saat nanti ternyata tanpa sadar aku jadi kaya gitu..

Monday, April 18, 2011

Manjat.. manjat..

Ini nih.. hobi Ayah selain naik gunung.. manjat-manjat.. kalo udah kaya gini udah deh Bundanya dilupain.. :( seringnya Ayah ngelakonin hobinya di Bandung. Kalo disini mah belum nemu tempat yang enak ya Ayah?


Dari dulu jaman pacaran masih kuliah, sering banget nih nemenin Ayah manjat. Sampe pas Bunda hamil Ofal pun masih suka nemenin. Ini waktu dulu Bunda lagi nemenin Ayah di Sabuga. Udah bosen nungguin, laper pula. Tapi ga berani ngomong. Cuman manyun aja.. hihihi..

Kayanya nanti kalo Ofal udah gedean dikit, pasti diajarin yang kaya beginian nih. Dan pasti Bundanya cuman nungguin lagi deeeh..

Sunday, April 17, 2011

Cerita Weekend

Sabtu Minggu kemaren kita ga kemana2..Di rumah aja.. Palingan pas Sabtunya itu, keluar mau bayar PAM.. Hadeuh, emang PR banget nih bayaran PAM. Ga bisa onlen eung.. Jadi harus langsung dateng ke loketnya.. Mana jauh pula..  ehh ini.. malah curcol.. ^_^ 

Sabtu paginya, Ayah tanya, "mau ditanem di mana nih bun, lele parisnya.." Iya, minggu kemaren aku sempet beli lele paris buat di taman depan. Tapi belum sempet2 aja nanemnya.. Hihihi.. mumpung Ayah lagi mau nanemin yo wes, minggu pagi itu akhirnya diisi dengan Berkebun.. Dan akhirnya, dapet tambahan personel untuk berkebun.. Uyut sama Bibi!! Hehehe..


Ofal mana ya..? Ofal bantuin grecokin nih.. Maenan pager, sepeda, sampe maenan aer.. Anteng bener deh.. :D
Dan akuu? Kemana yaa? Pan aku mah jadi mandor sajah.. hahaha.. kurang ajar emang.. :P eh tapi kan aku nyuapin sama mandiin Ofal.. hehehe.. alasannn.. :P

Minggunya, pagi2 ke pasar deket rumah.. Tus siangnya beres2 kamar sampe Uti dan Akung dateng.. Horray..!! Ofal udah lama ga ketemu sama Akung-Uti. Sampe dibelain mereka yang nengokin ke sini.. Hihihi.. Bener2 deh minggu ini kita ga nyentuh yang namanya mall.. Di rumah ajah.. Tapi seneng kok.. Bisa bareng2 sama Ofal dan Ayah setelah seminggu kemaren pulang malem terus dari kantor.. ^_^

Ah.. jadi ga sabar nunggu long weekend minggu depan!! Rencana mau pulang Bandung.. Hyuk.. ^_^

Mandi sama Ayah

Kemaren Ofal mandi sama Ayah. Mandi di halaman belakang, lengkap sama ember dan bola2 plastiknya. Ofal seneng banget. Dari bak mandinya bola2 plastik itu dipindahin satu2 ke ember. Ntar kalo udah abis, minta ke Bunda untuk ditumpahin ke bak mandinya lagi. Gitu aja teruss...

Sekarang Ofal kalo lagi mandi tus diajakin udahan, "udah yuk de mandinya.. yuk". Udah bisa geleng2 kepala tanda ga mau.. Masih mau maen aer.. Hihihi.. Lucu.. udah mulai ngerti dia kalo geleng2 kepala itu artinya ga mau.. 

Love u so my boy.. ^^

Cerita Lucu : Tangan Bunda dijadiin tadah

Jadi kan gini.. Tapi pagi Ofal mamam disuapin Bunda. Pas suapan terakhir udah keliatan tuh mulai diemut2.. Bunda kasih aer mimi anget biar mamamnya ditelen, tapi masih aja diemut. Yo weslah.. dibiarin dulu aja. Soalnya biasanya abis mamam kan Ofal nenen, dan kalo nenen mamamnya suka Ofal telen dulu.

Abis beres2 bekas mamamnya Ofal, masuk kamar, tus siap2 mau nenen. Keliatan tuh Ofal langsung kunyah2 tus cobain telen makanan yang diemutnya. Tapi ga bisa.. Tus Ofal coba nenen Bunda dulu, mungkin biasanya kan kalo sambil mimi nelennya bisa lebih gampang. Eh... kok Ofal malah bangun lagi, tus coba2 kunyah lagi.. Mungkin masih belum bisa ketelen.. Tus tiba2 Ofal ambil tangan Bunda, Ofal letakkin dibawah mulutnya Ofal.. Langsung Ofal lepeh yang diemutnya..!! Hoalah.. tangan Bunda dijadiin tadah toh nak... Wkwkwkwkw.. Bunda langsung ngakak.. Pinternya nih anak.. Ga mau Ofal lepeh langsung ke kasur.. :D

Tus pas Bunda liat, yang dilepehnya ternyata bukan nasinya.. Tapi tulang lunak ayam yang biasanya suka ada di bonggol paha ayam itu lohh.. Pantesan susah ditelennya ya de.. hehehe..

Thursday, April 14, 2011

Jalan-jalan pagi di Taman Suropati

Hari Minggu... Ayah sama Bunda ngajakin Ofal jalan2 ke Taman Suropati di Jakarta.. Hehe.. Mau cari taman aja jauh bener ya mesti ke Jakarta. Abis taman ini enak sih. Walo letaknya di tengah kota, tapi pohonnya banyak, dan rindang bangeeet.. Pohonnya besar2.. Kalo pagi2 ke sini, udaranya masih kerasa seger..  Lagian taman ini halaman rumputnya luass, jadi Ofal bisa maen lari2 kesana kemari. Ada air mancurnya, tus yang bikin Ofal seneng.. ada ayam yang dikurung di sangkar gitu sama banyaaak burung merpati.. Kalo buat Ayah, ada track batu yang buat terapi itu loh.. Cuman Ayah kemaren jalan di batu2 itu, ga sampe 5 menit udah nyerah.. Sakit katanya.. hihihi...

Ini Ofal lagi serius liatin ayam di sangkarnya.


Ga tau kenapa waktu sama Ayah, Ofal malah mewek2.. Eh gaya meweknya malah diikutin sama Ayah. Ayah emang suka iseng.. hehehe..


Disini juga kita bisa tidur2an di rumput.. Ah pokoknya suka2 kita deh mau ngapain.. Asal jangan yang nggak2 ajaaa.. ^_^ Jadi pengen bawa tiker kalo laen kali kesini lagi aaah...


Cuman sayangnya, satu hal.. Taman ini agak kotor, bukannya karena kurang perawatan. Tapi karena kelakuan pengunjungnya sendiri. Kayanya banyak banget yang buang sampah sembarangan.. Sampahnya dimana2.. Sampah abis makan atau abis minum ga dibuang ke tempat sampah. Padahal di taman ini disediain tempat sampah loh.. Kemaren Ofal beberapa kali mau mungutin sampah2 yang ada di deketnya dia.. :(

Yuk pengunjung taman, kita jaga kebersihan taman ini bareng2 yuk.. Biar kalo maen kesini kan enak.. Bersih dan ga banyak sampah dimana2..

Abis dari taman ini, kita cari bubur di daerah Cikini. Ofal emang tau aja makanan yang enak. Kemaren Ofal abis makan satu mangkok bubur porsi dewasa sendirian... Wehehehe.. Abis sakit kemaren emang nafsu makannya udah balik lagi kayanya. Sekarang aja udah keliatan mulai gembil2 lagi.. :P Hohoho.. Yang senang siapa? Tentu aja Bundanya...!! ^_^

Main Odong-odong

Weekend kemaren hari Sabtu, Bunda sama Ofal jemput Ayah pulang kerja.. Abis itu eh malah diajakin maen ke mall.. Tus Ofal diajakin maen ke Fun World di Mall Metropolitan di Bekasi Barat. Ngeluarin uang cuman 10 ribu, dapet 8 koin, dan Ofal bisa maen odong-odong mobil2an sesuka hatinya dia.. Hehehe.. Irit...

Ini nih yang kesenengan diajakin Ayahnya maen.. sampe lidahnya melet2 saking senengnya dapet setir2an.. :D Makasih ya Ayah udah ajakin Ofal maen.. Kapan2 lagi yaaa..

Love u Ayah.. Kata Ofal.. ^_^

Saturday, April 9, 2011

Drama di Jumat sore

Ayah sama Ofal udah bobo.. Jadi Bunda bisa pegang laptop di hari weekend ^_^ Pengen cerita soal kejadian kemaren.

Waktu hari Jumat kemaren, Uyut bilang pengen pulang Bandung.. Tapi sayang banget, hari Sabtunya Ayah harus masuk lembur, jadi kita ga bisa pulang Bandung. Ya udah Uyut bilang minta dicariin travel aja. Sebenernya ga tega juga biarin Uyut pulang sendirian. Tapi mau gimana lagi?

Jadinya Jumat sore itu, Bunda cuman anterin Uyut ke travel Cipaganti Jatiwaringin. Dari Jatiwaringin ini langsung arah MTC jadi yang jemput juga ga terlalu jauh. Pergi anter Uyut sama Ofal, ber3 aja. Aku mikir ga apa2lah pulang cuman ber2 Ofal. Toh waktu itu aja jemput Om daerah Kuningan dari Bekasi cuman ber2 Ofal, ga masalah. Ofalnya ga rewel, anteng2 aja di car seat nya.. 

Hoo.. tapi ternyata, kali ini ga.. Ofal rewel luar biasa. Malah mungkin udah bisa dibilang ngamuk, bukan rewel lagi.. Awalnya karena pas sore itu perjalanan ke arah Jakarta panas luar biasa. Sinar mataharinya langsung ngarah ke kaca depan mobil. Uyut liat Ofal duduk di carseat di bangku depan ngerasa kasian. Tus akhirnya Ofal diangkat dari car seatnya dan dipangku sama Uyut di bangku belakang. Eh ternyata Ofal di belakang itu liat laptop Bunda. Dia pengen buka2 pegang2 laptop Bunda. Ga dikasih sama Bunda karena takut rusak. Hoalahhh.. dampaknya dia ngamuk sengamuk2nya. Baru Bunda liat Ofal nangis kesel kaya gitu. Biasanya masih bisa ditenangin, kali ini nggak sama sekali. Uyut juga udah coba ngalihin perhatian Ofal dengan berbagai cara. Buka kaca mobil, dikasih liat ke belakang, dikasih susu botol, sampe dikasih laptop yang bikin dia nangis itu. Tapi ga berhasil. Alhasil dari mulai Bekasi Barat, Ofal nangis ngamuk sampai ke Jatiwaringin. Nangisnya teriak2 sampe sesenggukan. Bunda nyetir udah mulai ga konsen.

Alhamdulillah, begitu sampe ke travelnya Ofal berhenti nangis. Mungkin karena udah keluar mobil. Malah dia sempet kasih senyum ke Uyut dan mulai bawel lagi. Naah.. dramanya berulang lagi pas mau pulang! pas Bunda cuman ber2 aja sama Ofal. Mulai Bunda dudukin di car seatnya dia udah mulai rewel. Pas mulai jalan, mulailah dia nangis kejer lagi.. Kenceng banget! Pake treak2 sampe batuk2.. Tus sesenggukan.. Awalnya Bunda masih bisa tenang ngadepin Ofal. Bunda sambil ajakin Ofal ngobrol, Bunda kasih tangan Bunda buat dia pegang. Supaya bisa agak tenang.. Eh tangan Bunda diremes2 aja kuat2, masih sambil nangis. Pas di jalan tol mulai Bunda mulai bingung. Sejak dari Jatiwaringin sampe Bekasi Timur, ga berenti nangisnya. Malah makin kenceng. Bunda mulai panik!! Bunda kasian liat Ofal kaya gitu. Yang Bunda pengen cuman satu, peluk Ofal. Tapi di jalan tol.. mana bisa berenti seenaknya. Yang Bunda kepikiran cuman rest area.. Bunda bisa berenti di rest area tus nenenin Ofal dulu, pikir Bunda. 

Begitu ada plang rest area, Bunda langsung sen kiri. Ambil jalur kiri juga udah ga ambil pusing, ga perduli mobil belakang klaksonin. Eh.. sampe di rest area.. Untuk yang jalur mobil pribadi macet aja gitu.. waduh.. waduh..! sementara Ofal belum berenti nangis.. Bunda ambil inisiatif ambil jalur untuk truk dan bis aja yang keliatan kosong. Ternyata.. macet juga.. huhuhu.. dan Bunda malah salah ambil jalur. :( harusnya Bunda ambil jalur paling kiri, supaya bisa terus. Ini malah ambil jalur orang2 yang pada isi bensin. Panjang pula antriannya. Mau atret mobil mundur.. Udah mundur.. ow ow.. ada truk gandeng.. ga bisa keluar.. kejebak.. mobil stuck, diem.. sementara Ofal masih nangis kejer. Untungnya ada tukang parkir yang liat dan Bunda dikasih jalan untuk keluar dari sana.. 

Begitu keluar, liat ada Pizza HUT, dan ada tempat parkir! Langsung Bunda belokin mobil.. dan berhenti.. Parkir, langsung ambil Ofal, peluk dan kasih nenen.. Ga berapa lama Ofal langsung bobo di pelukan Bunda. Mungkin kecapean abis nangis, badannya basah keringet. Padahal pake AC. Ga berhenti ucap alhamdulillah.. karena udah bisa nemuin tempat parkir. Pas udah bobo, mau dipindahin lagi ke car seat Ofal langsung nangis lagi. Mungkin bobonya belum nyenyak. Akhirnya Bunda peluk Ofal dulu sampe bobo nyenyak. Pas dicobain pindah ke car seat untuk ke2 kalinya. Alhamdulillah Ofal ga bangun.. Langsung cabut nerusin perjalanan.. Takut keburu Ofal bangun dan nangis lagi.. :(

Sepanjang perjalanan rest area - Cibitung, rasanya mau mewek.. Ngerasa jadi Ibu yang ga bener, biarin anaknya nangis sampe kaya gitu.. Huhuhu.. kasian Ofal..

Anyway.. yang kaya gitu itu termasuk ke dalam tantrum bukan sih? Katanya kan kalo menghadapi anak yang tantrum itu harusnya dibiarin aja sampe anaknya berenti nangis sendiri. Tapi kemaren aku biarin Ofal kaya gitu kok dia ga berenti ya nangisnya? Kalo Ofal kaya gitu lagi Bunda harus gimana ya? Ah bingung.. 

Nak.. besok2.. kalo Bunda ajakin Ofal jalan2 berdua aja, jangan kaya gitu lagi ya.. Sungguh beneran Bunda panik banget.. Dan Bunda juga ga mau liat Ofal nangis kejer, teriak2 sampe batuk2.. Jadi anak yang baik ya sayaang..


Friday, April 8, 2011

Happy Birthday Tante Ica,,

Tante Ica.. Ini ada titipan surat dari Ofal buat tante.. ^^

..Our Lovely Uyut..

Udah lama pengen cerita tentang seseorang yang amat sangat berperan dalam kehidupan keluarga kecil kami.. Orang yang sangat sangat kami cintai.. Our lovely Uyut..

Uyut ini nenek Bunda dari Ibu. Karena Ibu Bunda (Nin Ofal)  juga dulu adalah working mom, otomatis Bunda sejak kecil dimomong sama Uyut. Yang mandiin, nyuapin, anter ke sekolah waktu TK, bahkan sampe ngawasin Bunda buat peer ya Uyut. Uyut ini seneng banget sama anak kecil. Jadi ga heran, ketika Bunda udah mulai besar... Uyut juga yang ngasuh ke-7 sepupu Bunda yang laen, termasuk 2 adek Bunda juga loh.. Hebat ya..

Di mata Uyut ini, Bunda selalu jadi "anak kecil". Makanya waktu Bunda udah hamil besar Ofal, Uyut sampe belain ikut tinggal sama Bunda di Bekasi. Padahal Bunda tau Uyut ga terlalu betah tinggal disini. Selain karena udaranya yang panas, Uyut juga jadi ga bisa kumpul sama keluarga (semua keluarga besar tinggal di Bandung). Karena kita cuman bisa pulang ke Bandung maksimal 2x dalam sebulan. Katanya kasian Bunda ga ada yang bantuin di Bekasi, karena memang kita ga punya ART dulu.

Waktu Ofal lahir, uyut seneng banget. Soalnya Ofal ini cicit pertamanya Uyut.. Uyut ikut nungguin hari pertama proses kelahiran Ofal. Dan akhirnya, Uyut juga ikut momong Ofal. Waktu itu, Uyut yang selalu mandiin Ofal. Sampe Ofal umur 3 bulan, selain uyut ga ada orang laen yang dibolehin mandiin Ofal. Bahkan Bunda sendiri ga boleh. Saking takutnya Ofal kenapa2.. ^^

Waktu bunda udah mulai ngantor, ninggalin Ofal di rumah sama ya sama Uyut. Padahal udah ada ART yang awalnya dihire untuk "pegang" Ofal selama bunda ngantor. Tapi ya itu, Uyut ga tega ngasih Ofal ke tangan orang laen. Apalagi yang ga dikenal. Sampe akhirnya ART nya cuman bantuin kerjaan rumah tangga aja.

Uyut ini amat sangat mendukung ASI ekslusif, walo pada awalnya meragukan juga, apa bisa Bunda hanya ngasih ASI aja ke Ofal selama 6 bulan pertama. Tapi alhamdulillah, akhirnya Uyut sangat sangat kooperatif untuk ngasih ASIP ke Ofal selama Bunda kerja.Waktu masih tinggal di Pekayon, tiap hari Ofal digendong pagi2 untuk dibawa jalan2 keliling kompleks. Sekarang sih udah nggak.. mungkin karena Ofal udah berat ya? hehehe..

Uyut juga yang buatin makanan untuk Ofal, dan sekaligus nyuapin. Padahal sering banget Ofal rewel ga mau makan. Tapi uyut orangnya sabaaar banget.. telaten.. Kalo Ofal ga mau makan, ya diajakin maen dulu, dibujuk dulu.. ga pernah maksa.. 

Sampe sekarang Ofal udah umur 16 bulan. Uyut masih momong Ofal dan masih ngikut sama Bunda di Bekasi. Alhamdulillah Uyut selalu dikasih kesehatan jadi masih bisa nemenin Bunda momong Ofal. Mudah2an sehat seterusnya ya Uyut, supaya Ofal bisa tetep ngerasain sayang Uyut sama Ofal.


 
**Buat Ofal.. De.. Liat kan betapa Uyut sayang ade banget.. Kelak kalo Ofal udah besar, Ofal  juga harus sayang sama Uyut ya..

Wednesday, April 6, 2011

Campak, Rubella, Roseola

Ternyata ada beberapa penyakit seperti ini yang gejala2nya beda2 tipis, yaitu Campak, Rubella dan Roseola. Ini aku rangkum lagi buat artikel pribadi supaya jadi pengingat kalo nanti (amit2) kejadian lagi kaya gini..

CAMPAK

Dari ketiga penyakit ini, yang paling berbahaya adalah campak. Campak disebabkan oleh paramiksovirus. Sebenarnya bukan campaknya yang berbahaya, tapi komplikasinya seperti:
  • radang telinga yang disebabkan oleh bakteri.
  • bronkhitis, laryngitis, atau croup (batuk menggonggong).
  • pneumonia atau radang paru-paru.
  • radang otak (encephalitis).
  • kadang terjadi trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), sehingga penderita mudah memar dan mudah mengalami perdarahan.
  • masalah pada kehamilan, seperti keguguran, kelahiran prematur, atau bayi lahir dengan berat badan rendah.
Dari beberapa komplikasi ini, yang bisa berakibat fatal adalah radang paru-paru dan radang otak. Penularan virus ini termasuk cepat dan dalam 10-12 hari setelah tertular, gejala mulai muncul.
Gejala-gejala campak:
  • Hidung berair dan sedikit batuk.
  • Mata berair dan radang mata (conjuctivitis), termasuk photo phobia (silau bila melihat cahaya).
  • Muncul bercak putih-abu di dalam mulut (pipi bagian dalam), yang dinamakan Koplik Spots atau bercak koplik.
  • Demam tinggi bertahap (38-40,5C).
  • Pada saat demam memuncak, ruam merah-merah mulai muncul. Mula-mula di daerah muka, disekitar garis rambut dan belakang telinga. Kemudian menyebar ke dada dan punggung. Lalu berlanjut ke paha dan kaki. Ruam ini mungkin agak-agak gatal pada beberapa anak.
  • Ruam bisa berbentuk timbul maupun datar.
  • Banyak atau sedikitnya ruam juga menandai berat ringannya campak. Makin banyak dan penuh ruamnya di sekujur tubuh, makin berat juga penyakitnya.
  • Ketika demam mulai menurun, bintik merah juga berangsur menghilang sesuai urutan timbulnya.
Pencegahan & Penanganan:
  • Berikan imunisasi campak pada usia 9 bulan, karena pada usia ini kekebalan tubuh atas campak yang dibawa dari lahir sudah menurun.
  • Bila tidak memberikan imunisasi campak pada usia 9 bulan, berikan MMR pada usia 12 bulan.
  • Karantina penderita supaya tidak menulari orang lain, selama selang waktu 4 hari sebelum dan sesudah ruam muncul.
  • Berikan parasetamol saat demam diatas 38,5C dan anak gelisah atau rewel.
  • Waspada kejang demam pada anak yang berbakat kejang.
  • Berikan banyak cairan. Bisa minuman, ato makanan berkuah banyak.
  • Uapi ruangan/kamar untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan.
  • Bila sakit mata dan silau, redupkan lampu, kurangi menonton TV dan komputer.
  • Bila terjadi komplikasi bakteri, akan diresepkan antibiotik oleh dokter.
ROSEOLA

Penyebab roseola adalah virus herpes tipe 6 dan 7. Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari. Penyakit ini berlangsung selama 3-7 hari. Biasa diderita oleh anak usia 6-36 bulan.


Gejala-gejala roseola:
  • Panas tinggi mendadak dan langsung diatas 39C bahkan bisa 40.6C.
  • Panas berlangsung 3-5 hari.
  • Pada beberapa anak, demam bisa didahului (atau bersamaan dengan) sakit tenggorokan, hidung berair, ato batuk. Pada masa ini anak akan rewel, dan nafsu makan menurun.
  • Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita mengalami kejang demam (kejang akibat demam tinggi).
  • Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala, leher sebelah samping dan di belakang telinga.
  • Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.
  • Saat demam turun ruam akan muncul. Ruam bisa berbentuk timbul maupun rata. Munculnya terutama di dada dan perut dan kadang menyebar ke wajah, lengan dan tungkai. Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa jam sampai 2 hari. Ruam memutih saat disentuh dan beberapa ruam memiliki lingkaran yang tampak lebih terang di sekelilingnya. 
Penularan : 
Roseola menular lewat droplet cairan hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi.


Penanganan:
  • Roseola merupakan infeksi virus, jadi tidak memerlukan obat, apalagi antibiotik. Antibiotik tidak mempan untuk virus.
  • Bila anak berbakat kejang demam, siapkan obat anti kejang.
  • Berikan parasetamol saat demam diatas 38,5C dan anak gelisah atau rewel.
  • Perbanyak minum dan pemberian cairan. Banyak asupan cairan selain menghindari dehidrasi, juga membantu menurunkan panas.
  • Bisa juga dilakukan kompres air hangat atau berendam air hangat untuk meredakan panas.

RUBELLA (Campak Jerman)

Rubella adalah infeksi yang utamanya mengenai kulit dan kelenjar getah bening.Penyakit ini menular melalui droplet (percikan cairan) dari hidung dan tenggorokan yang dihirup orang lain. Pada anak-anak, rubella tidak memerlukan penanganan yang khusus. Demamnya cenderung ringan, ruamnya juga tidak separah campak. Namun akan memerlukan perhatian khusus dan pemantauan ketat apa bila penderita adalah ibu hamil. Pada wanita hamil terutama trimester 1, rubella dapat menyebabkan keguguran, kematian bayi dalam kandungan atau kelainan bawaan pada bayi.


Penyebab penyakit rubella adalah virus. Penularan virus ini termasuk cepat dan dalam 14-21 hari setelah tertular, gejala mulai muncul. Seorang anak yang terinfeksi rubella baru menunjukkan gejalanya setelah 2-3 minggu kemudian.

Gejala-gejala rubella:
  • Demam ringan maksimal 38.9C selama 1-2 hari disertai rasa nyeri.
  • Sakit kepala.
  • Hidung tersumbat atau berair.
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening di belakang leher dan dibalik telinga.
  • Ruam muncul di muka, kemudian menyebar ke bawah. Sambil menyebar ke bawah ruam yang terlebih dahulu muncul biasanya menghilang.
  • Sakit persendian, terutama pada perempuan muda.
Pencegahan & Penanganan:
  • Berikan imunisasi MMR pada usia 12 bulan dan 4 tahun. Vaksin rubella merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak=-kanak. Vaksin MMR diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.
  • Walau Rubella tidak seberapa menular, tetap karantina penderita supaya tidak menulari orang lain, selama selang waktu 7 hari sebelum dan sesudah ruam muncul.
  • Berikan parasetamol saat demam diatas 38,5C dan anak gelisah atau rewel.
  • Berikan banyak cairan. Bisa minuman, ato makanan berkuah banyak.
  • Uapi ruangan/kamar untuk meredakan hidung tersumbat.
Khusus penderita wanita usia subur/ibu hamil:
  • Wanita usia subur bisa menjalani pemeriksaan serologi untuk rubella. Jika tidak memiliki antibodi, diberikan imunisasi dan baru boleh hamil 3 bulan setelah penyuntikan.
  • Vaksinasi sebaiknya tidak diberikan ketika ibu sedang hamil atau kepada orang yang mengalami gangguan sistem kekebalan akibat kanker, terapi kortikosteroid maupun terapi penyinaran.
Sebenernya masih bingung bedanya antara Campak biasa dengan Campak Jerman., karena gejalanya mirip2. Browsing2 dapet info yang lumayan lengkap dari http://www.wikimu.com/news/DisplayNews.aspx?id=13773 tentang perbedaan keduanya. Intinya, Campak biasa itu lebih berat kondisinya dibanding dengan Campak Jerman, dan gejala yang sangat penting pada campak biasa terdapatnya gejala mata berair dan radang mata (conjuctivitis), termasuk photo phobia (silau bila melihat cahaya) yang tidak terdapat pada Campak Jerman.


sumber:
http://mommiesdaily.com/2010/03/11/campak-rubella-dan-roseola-i/
http://mommiesdaily.com/2010/03/18/campak-rubella-dan-roseola-ii/
http://mommiesdaily.com/2010/03/24/campak-rubella-dan-roseola-iii/
http://milissehat.web.id/?p=1613


gambar:
http://mayoclinic.com/

Ofal kena Roseola

Setelah kehebohan sakit yang kemaren itu, eh.. sekarang selang 1 hari demamnya turun, malah muncul rash merah di muka, dada, perut sama punggung Ofal.. Duh.. apalagi ya ini? Jadi buat uyutnya mulai panik lagi.. Uyut langsung telp tante yang kebetulan kerja di bagian lab rumah sakit swasta di Bandung. Dan si tante juga langsung aja menyarankannya tes darah.. Dikhawatirkan DB.. Hmm.. Tapi gejala sakit Ofal ga sama dengan gejala2 DB yang aku baca..

Langsung teringat, kayanya dulu pernah baca2 tentang ruam yang muncul setelah demam turun. Langsung browsing2 lagi untuk memastikan.  Emang deh.. dalam 2 minggu ini Ofal nyuruh Bundanya untuk lebih banyak belajar tentang penyakit umum  anak ya dee... Secara sejak ikut PESAT bunda udah ga pernah lagi baca2 tentang beginian.. hehe..

Setelah baca2.. (hasil baca2nya aku post terpisah yaa.. ) kayanya Ofal kena Roseola deh.. Gejalanya sama dengan yang kejadian kemaren sama Ofal. Kaya  panas tinggi mendadak bisa sampai 39-40 dercel selama 3-5 hari, sebelumnya batuk pilek dulu, ada pembengkakan kelenjar di leher, setelah demam turun langsung muncul rash. Rash yang muncul juga keliatan mirip2 sama gambar dari http://mayoclinic.com/. Kaya gini nih rash yang muncul di badan Ofal.. ada di muka, tapi paling banyak di punggung sama perut. Ga terlalu jelas nih fotonya.


Hoo dan inilah jawaban kenapa ada pembengkakan kelenjar di leher waktu Ofal mau imunisasi itu..

Jadi kronologis cerita sakitnya Ofal, pertamanya kerasa ada kelenjar getah bening yang bengkak di leher Ofal kira2 sekitar 3 minggu yang lalu, tanggal 19 maret waktu mau imunisasi MMR, DSA nya bilang observasi aja dulu bu.. Tus pulang dari imunisasi itu seminggu kemudian Ofal langsung batuk pilek.. tanpa demam. Batuk pileknya lumayan parah. Bunda kira waktu itu cuman common cold aja.. Penanganannya dengan kasih ASI terus, pake transpulmin dan breathy sama dikasi obat batuk. Abis itu minggu kemaren, kirain udah mau sembuh karena batuk pileknya udah mulai jarang eh.. ga taunya malah demam. Waktu demam ini cuman dikasih parasetamol aja biar Ofal agak nyaman. Demamnya cuman 2 hari, besoknya turun panasnya. Lah sekarang malah muncul rash.. Ternyata cerita sakitnya Ofal bersambung dari sejak itu dan mudah2an tamat aja sampe disini ya de.. Abis ini sehaaaattt.. Amien...

Karena Roseola ini virus, dan Ofal juga ga keliatan kaya lagi sakit, dia ceria aja.. malah kaya yang udah sembuh bener dari sakitnya, jadi Bunda ga kasih treatment khusus buat Roseolanya.. Yang penting tetep makan yang sehat dan mandi pake aer anget.

Ah.. sehat terus lah anakku.. Biar kita bisa maen2 lagi yaa... *kecup-kecup

**Mudah2an bener ya ini Roseola.. Bukan DB.. ato efek samping dari imunisasi MMR kemaren yaa? masih belum yakin juga sebenernya..  hahaha..

Tuesday, April 5, 2011

Banana Cake

Tadi pagi waktu nemenin Ayah sarapan... Tiba2 ada suara berjatuhan.. Pas diliat.. oo.. pisang cavendish yang aku gantung jatuh karena kematengan.. Inget tujuan beli pisang ini pengen bikin cake.. hehe.. belom sempet masih males.. ehh pisangnya keburu busuk mateng banget.. Yah dengan sangat terpaksa akhirnya masuk dapur juga. Daripada mubazir pisangnya.

Aku kali ini pake resep dari Diahre lagi.. awalnya namanya Banana Cake with Raisins & dates. Tapi karena aku ga punya kismis sama kurmanya ya udah.. Jadinya Banana Cake aja.. hehehe.. Aku copas resepnya nih.. 

Banana cake
sumber : YasaBoga “Bolu & cake”

Bahan:

100gr mentega
50gr margarin
3 sdm gula pasir (resep asli :  175gr)
4 kuning telur
4 putih telur
5 pisang ulli ukuran sedang (resep asli : 3 pisang cavendish) (aku pake 3 pisang cavendish)
1 sdm jeruk nipis
100gr kismis (modifikasi) aku skip
8 buah kurma (modifikasi) sku skip
225gr tepung terigu (campur protein rendah dan sedang)
1 sdt BPDA
1/2 sdt soda kue
2 genggam chocochips (modifikasi aku)

Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu, BPDA dan soda kue, sisihkan.
  2. Cincang halus sebagian kismis ,atau boleh diblender. Kemudian potong kurma ,sisihkan.
  3. Haluskan Pisang dan beri air jeruk, aduk rata.ini bertujuan agar pisang tidak cepat menjadi kecoklatan.
  4. Kocok mentega, margarin dan gula pasir sampai mengembang dan putih, masukkan kuning telur satu persatu, kocok hingga mengembang.
  5. Masukkan campuran tepung bergantian dengan pisang halus, aduk rata dengan mixer kecepatan rendah,matikan mixer. sisihkan adonan.
  6. Kocok Putih telur hingga soft peak, sisihkan.
  7. Dengan bantuan spantula, masukkan perlahan putih telur ke adonan pisang, aduk balik hingga rata.
  8. Masukkan kismis cincang, dan kisimis utuh, aduk merata, tuang ke dalam loyang loaf,yang dasarnya telah diberi kertas roti dioles dengan sedikit mentega. (kalo aku yang dimasukiin chocochips, kemudian aduk rata)
  9. Taburi bagian atasnya dengan kurma potong hingga penuh.
  10. Panggang dengan suhu 160dC selama 50 menit. Gunakan suhu rendah agar tidak mudah gosong, karena cake ini padat.
  11. Segera lepas cake dari loaf sesaat setelah keluar dari oven, dinginkan di rak kawat, potong ketika sudah hangat/dingin.
Kuenya enak.. Lembut.. aroma pisangnya berasa banget..  Hmm pengen makan lagi dan lagi dan lagi.. Aku setelah kuenya jadi langsung ngabisin 3 potong kue aja.. hahaha.. padahal niatnya mau buatin untuk Ofal.. Jangan2 abis sama Bundanya nih.. ^_^


Monday, April 4, 2011

Tata Laksana Demam

Gara2 Ofal demam kemaren itu, jadi browsing2 tentang demam.. dan ini rangkumannya..

Demam bukanlah penyakit.. Demam adalah gejala penyakit dengan peningkatan suhu tubuh lebih dari 38,3 dercel lebih dari 24 jam dan biasanya sembuh setelah 72 jam. Jadi ketika anak demam, carilah kemungkinan penyebab demamnya. Penyebab demam pada umumnya adalah infeksi virus. Demam adalah salah satu usaha tubuh untuk menyerang balik penyebab infeksinya. Jadi selama masih terjadi infeksi pasti ada demam. Salah satu resiko demam adalah dehidrasi, cirinya ubun2 cekung, jarang pipis, apabila kulit dicubit gerakan kembalinya lambat.

Pada suhu diantara 37,5 - 38 dercel jangan diberi obat demam, kecuali anak menangis kesakitan dan gelisah. Karena virus subur di temperatur rendah. Pada infeksi virus biasa saat demam turun kondisi anak justru membaik.

Prinsip penanganan : 
  • Jangan panik
  • Amati perilaku anak
  • Cegah dehidrasi dengan memberi ekstra minuman
  • Kompres atau berendam dengan air hangat
  • Ruangan dijaga agar tidak panas
  • Jika demamnya tinggi dapat diberikan obat penurun panas.Obat penurun panas bukan untuk menormalkan suhu tubuh, tapi berguna untuk menurunkan suhu tubuh agar tidak terus meningkat dan dapat memberikan rasa nyaman pada anak. Jadi wajar jika beberapa jam setelah diberi obat penurun panas, suhu tubuh kembali meningkat.
  • Jangan berikan 2 macam obat demam.

    Pada umumnya demam tidak membahayakan. Tinggi rendahnya demam tidak menentukan parah atau tidaknya suatu penyakit. Namun tetap waspada dan segera hubungi dokter jika :
    1. Bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh > 38 dercel
    2. Bayi berusia 3-6 bulan dengan suhu tubuh > 38,5 dercel
    3. Bayi dan anak berusia < 6 bulan dengan suhu > 40 dercel
    4. Kondisi anak memburuk : tidur terus, lemas dan sulit dibangunkan
    5. Demam sudah berlangsung 72 jam
    6. Susah minum dan mengalami dehidrasi
    7. Rewel, tidak dapat ditenangkan
    8. Kejang atau kaku pada kuduk leher
    9. Sakit kepala hebat yang menetap
    10. Sesak Napas
    11. Muntah dan diare

      Jika anak demam tinggi jangan terburu2 melakukan pemeriksaan lab. Jika anak demam tinggi tanpa batuk pilek, pikirkan kemungkinan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Lakukan pemeriksaan urine dan kultur. Pemeriksaan lab darah pada umumnya dikerjakan pada :
      • Demam lebih dari 72 jam dan sudah terbukti bukan ISK
      • Demam lebih dari 72 jam dengan kecurigaan DB
      • Demam dengan penurunan kesadaran
      • Demam dengan kejang berulang
      • Demam dengan tanda2 dehidrasi berat
      • Demam dengan sesak napas
      • Demam dengan anemia berat (anak sangat pucat pada bibir, lidah, kuku, telapak tangan)
      • Demam dengan pembesaran hati dan limpa
      • Demam dengan tanda2 pendarahan nyata.

         Pada penggunaan obat demam, sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu hal2 berikut :
        • Indikasi yaitu kondisi yang membutuhkan obat yang bersangkutan. 
        • Kontra indikasi yaitu kondisi dimana obat tidak boleh diberikan atau kalaupun mutlak dibutuhkan maka pemberiannya harus sangat berhati2.
        • Resiko efek samping. 

        Obat demam yang umum digunakan adalah Parasetamol dan Ibuprofen. Keduanya memiliki efek yang sama yaitu pengurang rasa sakit dan penurun panas. Namun Parasetamol lebih banyak disarankan untuk penggunaan bayi dan anak, juga untuk ibu hamil dan menyusui karena dianggap obat yang paling aman. Dengan catatan, dosis sesuai anjuran dan tidak berlebihan. Penggunaan parasetamol yang lama juga dapat menimbulkan kerusakan hati. Penggunaan Ibuprofen dalam dosis yang besar dan lama dapat menimbulkan iritasi lambung (perdarahan) dan gangguan cerna. Ibuprofen tidak dianjurkan pada anak < 6 bulan. pada anak muntah dan diare serta pada anak yang diduga DB.

        Kemaren aku kasih parasetamol ke Ofal karena dia udah mulai ngerasa ga nyaman. Ga bisa tidur juga. Mungkin emang karena badannya ngerasa ga enak. Sempet ngerasa bingung juga sama dosisnya. Akhirnya aku kasih 0,6 ml. 
        Padahal harusnya ada itungannya.. Berdasarkan berat badan anak, bukan berdasarkan usia. Karena anak usia tertentu, misalkan kaya Ofal 15 bulan, berat badannya bisa aja beda kan? Kalo beda berat dikasih dosis yang sama takutnya ada efek samping yang bahaya buat anak. Karena kan gimana juga parasetamol adalah obat yang akan berfungsi baik jika diberikan pada dosis yang pas.Sebenarnya,  dosis pemberian obat yang paling akurat adalah ditetapkan berdasarkan volume permukaan tubuh. Tetapi karena pasti akan kesulitan dalam menghitungnya, maka disederhanakan dengan mengacu kepada berat badan (BB). 

        Tapi aku lupa itungannya.. akhirnya nanya sama Diah Re, dan ini dia rumusnya :

        ​Rumus
        A = (x / y)  x B

        A = dosis obat dibutuhkan (ml)  ,
        x = berat badan (kg) dikali 10mg (dosis terkecil) ,
        y = obat yg dibutuhkan dalam mg  ,
        b = dosis obat pertakaran yg ada di kemasan

        ‎​Parasetamol memiliki berbagai macam merk dagang. Misalnya ada Tempra, Sanmol, dll. Kemaren aku pake Sanmol. Kemungkinan setiap merk dagang yang berbeda memiliki komposisi parasetamol yang berbeda juga. Kalo di Sanmol komposisinya tiap 0.6 ml mengandung parasetamol 60 mg. Dan dosis setiap kali pemberian 10-15 mg / kg berat anak.

        Jadi cara ngitung dosis parasetamol buat Ofal :
        x = 10,7 kg x 10 mg = 107
        y = 60 mg
        b = 0,6 ml

        A = (107/60) * 0,6 = 1.07 ml

        Jadi seharusnya Ofal dikasih Sanmol 1.07 ml.. wah kemaren kesedikitan.. :D tapi ini cara ngitung dengan ngambil dosis minimum yaa.. Iya dengan Ofal sakit.. Bunda jadi banyak belajar lagi gimana cara menangani sakit yang tepat.. Tapi mudah2an Ofal ga sakit lagi laahh.. ya.. ya.. ya...???

        Sumber :
        1. Q & A Smart Parents for Healthy Children, dr. Purnamawati S Pujiarto, SpAK, MMPed
        2. http://dokternasir.web.id/2011/03/tutorial-dosis-pemberian-obat-penurun-demam-anak.html






          Ofal demam.. yang heboh seduniaa !!

          Waktu Ofal demam hari minggu itu Ninnya pas kebetulan dateng ke rumah. Hari itu juga Nin udah bilang bawa ke dokter aja.. Tapi sampe besoknya Bunda belum bawa Ofal ke dokter.  Iya abisnya penyebab demamnya udah jelas banget, karena batuk pilek. Palingan Bunda observasi aja dulu. Lagian belum 72 jam juga.. Kemungkinan analisa Bunda kalo ke dokter dibilanginnya radang.

          Besoknya begitu tau belum dibawa ke dokter, kesel deh kayanya Nin. Sampe Nin bilang, "udah Nin aja yang bawa Ofal ke dokter".. Dan begitu Bunda cerita ke Ayah soal ini, Ayah juga bilang kalo Uti juga pengennya Ofal dibawa ke dokter aja. Dengan alasan kasian Ofalnya.. weleh.. Emang susah ya untuk memberikan penjelasan tentang home treatment dan RUM ke orang tua.. Soalnya orang tua taunya ketika sakit ya harus pergi ke dokter untuk minta obat. Iya kalo obatnya sesuai dengan penyakitnya.. kalo ga..?? yang kasian kan anaknya juga, dikasih treatment yang terlalu berlebihan.

          Gara2 Nin panik, kayanya Uyut juga kebawa panik.. Uyut juga desek2 kita bawa Ofal ke dokter.. yang ada bingunglah kita. Di satu sisi, pengen menerapkan home treatment dengan berbekal pengetahuan dangkal yang kita punya. Di sisi lain, kita juga ga kepengen buat orang2 di sekitar kita panik dan khawatir. 

          Setelah diskusi, akhirnya diputusin.. Yo wes lah kita bawa ke RS yang deket. Selain itu kita juga pengen tau, diagnosa dari dokter apa dan bener ga analisa kita sesuai dengan diagnosa dokter? Tapi sebelum pergi, kita sepakat untuk mengajukan obat yang kita mau aja ke dokternya.. biar ga dikasih obat yang macem2.. haha.. Yang penting obatnya itu ada logo rumah sakitnya. Jadi Uyut percaya dengan obat yang dikasih itu. Bunda juga tau.. seharusnya batuk pilek itu ga perlu dikasih obat, tapi Bunda masih kasih obat untuk mengurangi gejala selesma buat Ofal. Yaa.. Bunda masih harus banyak belajar lagi. Berusaha untuk mengurangi sedikit demi sedikit obat yang masuk ke tubuhnya Ofal. Mudah2an ketika Ofal sakit lagi (eh.. jangan mau sakit lagi deng...), Ofal udah ga perlu obat2an dan daya tahan tubuhnya bisa memerangi virus.

          Sampe di rumah sakit, diperiksalah Ofal. Hmm.. satu hal lagi yang buat Bunda sebel disini Pas mau periksa Ofal, kayanya Ofal ngerasa ga  nyaman pas mau dibaringin. Dia ga mau gitu.. tus berontak.. eh bukannya dibujuk untuk tiduran. Ofal malah dipaksa dan tangannya dipegang kenceng2 sama susternya... Lah kok gitu sih? Kayanya baru kali ini deh Ofal diperiksa paksa kaya gitu. Sebelumnya kalopun Ofal ga mau baringan, ya dibujuk dulu.. apalah gitu.. ini gaa..! Sebel..!! Yang ada Ofal malah nangis kenceng. Abis diperiksa langsung Bunda gendong aja Ofal.. Kasian anak Bunda..

          Tus dokternya mulai nanya2 kronologis dan riwayat kesehatan Ofal. Dan yang lucunyaa.. pas mau dikasih resep..

          Ayah   : "Kemaren waktu demam dikasihnya Sanmol dok.. Ga apa2 ya?"

          Dokter : "Oh kemaren Sanmol ya? ya udah ini saya kasih lagi Sanmol aja ya?"
          Tulis resep sanmol, tus dokter tanya lagi pilek ga? batuk ga?

          Ayah   : "Kemaren juga dikasih Disudrin dok untuk pileknya."

          Dokter : "Oh udah pake disudrin juga? ya udah deh diterusin aja obatnya...Disudrin ini emang paling aman untuk bayi. tus ditambah antibiotik yaa.."

          Tuh kan kalo ke dokter dikasih antibiotik.. Padahal radang tenggorokan kan virus juga. Dan virus ga bisa diobatin dengan antibiotik kan?

          Keluar dari ruangan dokter, kita saling melempar cengiran jelek.. akhirnya kita ke dokter dan dapet obat yang kita mau.. ^_^  Pas pulang kita taro tuh obat dengan logo rumah sakit di meja tapi antibiotiknya kita bawa duluan.. Pas ditanya sama uyut, dapet obat apa? Bunda bilang sama dengan yang dimakan Ofal sebelumnya. Tus uyut bilang, ya ga apa2 yang penting udah ke dokter.. :D 

          hmm Bunda tau, sebenernya yang kita lakuin juga ga bener.. istilahnya berbohong. tapi yang penting orang sekeliling tenang dulu.. Nanti kalo Ofal udah beneran sembuh, Bunda sama Ayah rencannya mau mengklarifikasi semuanya.. Mau memberikan penjelasan ke orang tua kita. Mudah2an mereka bisa mengerti bahwa yang kita lakuin ini juga buat Ofal ke depannya. Bukan karena kita tega sama Ofal. Dan seperti yang Toge bilang waktu seminar.. Biarlah kakek dan nenek menjadi konsultan, tapi yang jadi orang tua tetaplah Ayah dan Bunda. ^_^

          Update kondisi Ofal hari ini.. udah ga demam.. tinggal batuk pilek aja. Dan dia udah ceria lagi ^^ horraayyy...






          Sunday, April 3, 2011

          Cake Wortel

          Resep ini aku dapet udah lama.. cuman gara2 males yang banget2an, selalu tertunda deh coba resepnya. Mumpung Ofal lagi bobo siang dan baru aja beli terigu lagi, jadi keingetan sama resep yang belum pernah dicoba ini.. 

          Alasan awal aku browsing2 resep dengan bahan wortel karena pengen nambahin "sesuatu" yang lebih bergizi aja di kue yang aku buat. Jadi kalo Ofal makan kuenya, ga sadar dia juga makan wortel.. Hehe.. tus dapetlah resep ini dari http://biyankitchen.blogspot.com/2009/05/cake-wortel.html.

          Bahan:

          200 gr tepung terigu
          20 gr susu bubuk
          1 sdt Baking Powder
          1/4 sdt soda kue
          1/2 sdt garam
          1/2 sdt kayu manis bubuk
          3 butir telur
          225 gr gula pasir halus (aku pakai hanya sekitar 150 gr)
          200 gr wortel, parut
          50 gr kacang mete, sangrai tumbuk kasar (aku skip, ga punya.. ^^)
          100 gr margarine + 50 gr butter, lelehkan (aku pakai margarine seluruhnya) 

          Cara membuat :
          1. Ayak bahan kering, sisihkan
          2. Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan margarine cair dan wortel, aduk rata
          3. Masukkan bahan kering, aduk rata, tambahkan kacang mete
          4. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dioles margarine
          5. Panggang hingga matang kecoklatan
          Dan ini dia hasilnya... ^_^


          Rasanya enyak.. enyak.. enyak..!! Lembut.. Dan yang paling buat enak itu aroma kayu manisnya.. hmmm.. bikin wortelnya jadi ga berasa.. Cake ini cocok buat anak yang ga suka makan sayuran. Jadi dia bisa makan sayuran tanpa dia sadari.. ^_^ O iya, sekedar tips.. wortelnya jangan diblender yaa.. diparut aja.. biar tekstur wortelnya masih keliatan dan adonan ga terlalu basah..

          Begitu kue jadi.. langsung habis setengah loyang.. Yang setengahnya lagi diumpetin, buat bekel Ayah besok ke kantor.. ^_^ Ayah bilang kuenya enaak.. hehehe..


          Ofal Demam

          Update dari sakit Ofal yang batuk pilek kemaren itu.. Keliatannya sih waktu hari Sabtu itu Ofal udah jauh mendingan.. Pileknya udah ga meler banget, batuknya juga udah ga terlalu sering. Bunda udah enak hati.. "ah.. palingan minggu besok juga udah sehat lagi..", pikir bunda. Tambahan nafsu makannya juga udah bagus lagi di hari sabtu itu.

          Eh.. ternyata, ga tau kenapa loh kok pas sabtu malemnya itu Ofal malah agak sumeng2 gitu.. Tus pas subuh malah jadi panas.. demam.. Huhuhu.. Ofalnya sakit lagi.. :( 
          Bunda ikutin home treatment untuk anak demam. Paginya tetep bunda mandiin dengan air anget. Katanya kalo demam, bagus berendam dengan air hangat.. supaya pori2 di tubuh membuka dan hawa panas dalam tubuh keluar. Makin siang Ofal udah makin rewel.. ga mau makan, keliatan lemes.. bawaannya pengen bobo terus dan digendong.. Karena ngeliat Ofal udah ngerasa ga nyaman kaya gitu, akhirnya bunda kasih Ofal Sanmol.. Tapi ternyata panasnya ga turun2 juga. Masih di sekitaran 38,6 bahkan ada yang sampe 39,1 dercel..

          Kasian Ofal.. Dia udah susah makan.. susah minum juga.. pengennya nempel terus nenen sama bunda. Selain tetep kasih ASI. Bunda paksain Ofal makan sama minum.. Bisa masuk juga walau sedikit.. Anak yang demam kan harus diperbanyak makan dan minum, biar ga dehidrasi dan daya tahan tubuh cepet membaik. Tadi siang sempet masakin Ofal sup kentang tomat, tapi Ofalnya ga mau..

          Terakhir tadi bunda cek panasnya masih di 39,1.. Ini masih bunda kompres pake air hangat dan bye bye fever.. Alhamdulillah sekarang bisa bobo istirahat.. Duh de.. cepet sembuh ya.. bunda ga tega liat Ofal sakit..


          ini bunda udah ngantuk banget, pengen bobo.. tapi takut ninggalin Ofal, takut panasnya tambah tinggi lagi.. :(

          Saturday, April 2, 2011

          Cookies Kacang Keju

          Yuk bikin cemilan buat Ofal.. Awalnya gara2 uyut liat resep ini di buku resep makanannya Ofal. Tus request minta dibuatin.. Loh kok uyutnya yang minta? hehehe.. ini gara2 terlalu sayang sama cicitnya, jadi liat ga ada cemilan.. Langsung deh minta buatin.. ^^

          Resepnya aku ambil dari buku resep "Menu Sehat Alami untuk Batita & Balita" karya Budi Sutomo, S.Pd dan Dr. Dwi Yanti Anggraini.

          Bahan :  

          300 gr tepung terigu
          100 gr gula halus
          1/4 sdt garam halus
          1 sdm susu bubuk
          150 gr mentega/margarin
          3 butir kuning telur
          50 gr keju cheddar, parut
          60 gr kacang almond, iris-iris (aku skip)

          Cara membuat :
          1. Campur tepung terigu, gula halus, garam dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan mentega, kuning telur, keju parut dan kacang almond. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
          2. Bentuk adonan bulat panjang menyerupai lontong. Bungkus dengan plastik, lalu simpan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong adonan setebal 1/2 cm. Keluarkan.
          3. Atur potongan adonan di atas loyang beroles margarin. Panggang di dalam oven bertemperatur 160 dercel selama 30 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecoklatan. Keluarkan. Dinginkan.
          Note dari penulis : Kacang almond bisa diganti dengan kacang tanah atau kacang mete. Kacang2an merupakan sumber protein nabati, lemak dan kalsium yang baik bagi anak2.
          Cuman karena kemaren aku ga punya kacang2an.. jadinya aku ga pake deh.. Rasanya... mmm.. ya lumayan deh.. hehehe.. yang penting di rumah ada cemilan buat Ofal. ^^

          Satu cerita lucu tentang cara ngemilnya Ofal.. Ofal ini kalo ngemil sesuatu harus diremes dulu sampe bubuk cemilannya, tus taro di kasurnya uyut... Baru deh dia makan.. hahaha.. kaya ngasi makan ayam.. ^^

          Friday, April 1, 2011

          Tingkah Polah Ofal

          Makin besar makin ada aja kelakuan Ofal yang buat Bunda sama Ayah terpana.. 

          Kaya kemaren malem kita sempet terkikik2 liat tingkahnya Ofal.. Jadi ceritanya Ofal minggu ini tuh lagi susah banget disuruh sikat gigi.. Bunda pasti selalu berantem dulu sama ini bocah kalo mau sikatin giginya. Kemaren iseng minta Ayah aja yang sikatin giginya Ofal.. sapa tau Ofal mau.. soalnya waktu sorenya juga disuapin Bunda Ofal ga mau makan.. eh tapi gilirannya Ayah pulang ngantor tus disuapin sama Ayah dia mau makan. 
          Pas Ayah coba sikatin giginya Ofal, Ofal juga dikasih sikat gigi lainnya buat mainannya dia. Tekniknya Ayah kemaren, Ofal sama Ayah saling sikat2an gigi.. Ayah sikatin giginya Ofal dan Ofal juga sikatin giginya Ayah. Lucunya, pas Ofal mau sikatin giginya Ayah, mulut Ayah bagian atas itu dia pegang.. Pegangnya kenceng banget sampe mulut bagian dalemnya Ayah berdarah.. Langsung Bunda tersadar dan langsung ketawa.. hahaha.. loh kok malah ketawa? iya soalnya persis kaya gitu caranya kalo Bunda lagi sikatin giginya Ofal.. Bunda suruh Ofal tiduran dan Bunda pegangin mulut atasnya dia supaya gigi bagian atasnya keliatan.. ^^

          Gitu juga waktu Bunda nenenin Ofal. Pas Ofal lagi nenen gitu, kok Ofal suka tiba2 pegang idungnya Bunda tus dia goyang2in ya? Pikir punya pikir... Oooo.. dia niru Bunda!! Jadi kalo dia nenen tus gigit Bunda, Bunda suka pencet idungnya biar mulutnya mangap dan lepasin giginya Bunda.. hihihi lucu deh..

          Ada lagi cerita waktu Ofal mandi.. Lagi susah juga tuh mandiin Ofal belakangan ini.. ga tau kenapa, padahal dulu2 dia seneng banget mandi. Sampe suka susah kalo diangkat dari bak mandi pukunya dia.. Sekarang kalo mandi seringnya pake drama tangis2an dulu.. ga mau masuk kamar mandi, sampe kalo disabunin gitu nemplok aja ke Bunda. Alhasil Bunda suka ikut basah kuyup kalo mandiin Ofal. Pas waktu itu, dia nangis2 juga.. ga mau mandi.. Tus sambil nangis2 gitu, Ofal tiba2 ngasiin anduk ke Bunda..!! Woalaah.. kok dia udah ngerti yaa? kalo udah diandukin berarti udahan mandinya. hahaha.. Lucu deeh...

          Wah udah mulai harus lebih hati2 bersikap, bertingkah laku di depan Ofal nih.. Udah mulai keliatan sikap penirunya.. Malah kata Ayah, kalo Ofal marah2 sekarang udah mirip kaya Bunda.. Upssss.. mm.. masa sih yaah?? *pura2 ga tau ^^