Wednesday, March 30, 2011

Kelenjar getah bening, TBC dan Grow Chart Ofal

Beberapa bulan yang lalu, bunda menemukan ada kelenjar di leher kiri Ofal. Kecil sih.. tapi agak takut aja tetep.. Takut Ofal kenapa2.. kayanya sih ga sakit, soalnya kalo bunda raba, Ofal santai2 aja.. ga ngerasa kesakitan.
Tus sempet periksa ke Markas Sehat, kalo ga salah waktu itu sama Dr. Apin. Dokter Apin bilang, ga apa2 kok.. Kelenjar getah bening yang muncul pada anak2 kecil adalah suatu hal yang wajar. Apalagi kalo pada saat itu, anak sedang dalam kondisi yang ga fit, misal : batuk, pilek. Bisa juga dari bakat alergi. Bahkan kalau anak kecapean atau tumbuh gigi juga, terkadang kelenjar itu suka membesar.
Kenapa kelenjar getah bening membesar? Kelenjar getah bening ini memproduksi sel2 darah putih yang berfungsi "memerangi" bakteri, virus dan segala hal yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita. Jadi kalo anak lagi sakit, pasti kelenjar ini akan membesar. Dr Apin bilang diobservasi aja dulu kelenjarnya. Kalo ga membesar dan ga bertambah banyak ga apa2..
Tus kemaren waktu imunisasi MMR di RS Santosa sama Dr. Ari, bunda tanyain lagi soal kelenjar ini. Dan ternyata masih ada walaupun ga membesar. Tapi menurut Dr. Ari, ada juga kelenjar di leher sebelah kanan walaupun ukurannya jauh lebih kecil dari yang kiri.. Wekwew...!! Waduh.. bertambah dong jumlahnya? Tapi sama dengan yang Dr. Apin bilang, Dr. Ari juga bilang diobservasi aja dulu.
Bunda jadi tambah serem aja.. Soalnya sebelum ke Dr. Apin ini, bunda pernah cek juga ke dokter di RS Hermina Grand Wisata, tus katanya ada kemungkinan TBC dan langsung dirujuk untuk tes ini dan tes itu.. Waktu itu bunda ga ikutin sarannya dan langsung ke Markas Sehat. Walo Dr. Ari udah bilang observasi aja dulu, bunda takut juga.. Jangan-jangan.. jangan-jangan... Ah.. jangan sampe dooong...

Bunda browsing2 apa sih tanda2 TBC itu? Kalo menurut bukunya Dr. Wati, "Smart Parents for Healthy Children" :
  • Penyakit TBC disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberculosis
  • Gejala penyakit TBC paru anak tidak khas; batuk bukan merupakan gejala utamanya
  • Anak dicurigai menderita TBC paru apabila :
o Ada riwayat kontak dengan penderita TBC paru
o Sering demam ringan tanpa ada gejala infeksi virus
o Terjadi reaksi cepat BCG pada bayi yang baru divaksin BCG
o Ada masalah makan dan berat badan selama 3 bulan terakhir
o Diare kronik yang tidak sembuh dengan terapi biasa
o Ada pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher seolah kalung mutiara
o Pada anak besar, ditemukan batuk lebih dari delapan minggu
  • Setiap anak yang dicurigai menderita TBC harus di tes Mantoux terlebih dahulu
  • Tes mantoux dinilai dari besarnya diameter indurasi atau pembengkakan (bukan kemerahan). Diameter kurang dari 10 mm dinyatakan negative.
  • Tes mantoux harus didampingi dengan rontgen dan pemeriksaan darah. Apalagi untuk anak usia di bawah 1 taun, karena masih sangat terpengaruh oleh vaksin BCGnya. Jika pengaruh BCG masih sangat besar, kemungkinan hasil tes mantoux akan positif. Diagnosa TBC pada anak tidak bisa ditegakkan hanya dengan rontgen paru saja, karena TBC pada anak belum melibatkan paru. Baru melibatkan kelenjar getah beningnya saja.
  • Pemeriksaan foto rontgen dilakukan untuk mengetahui adanya pembengkakan kelenjar. Oleh karena itu idealnya dibuat juga foto dari dada dari sampung (agar pembengkakan kelenjar terlihat jelas)
  • Pada umumnya penderita TBC kan mengalami peningkatan LED Tapi peningkatan LED bukan parameter spesifik untuk mengdiagnosis TBC paru. Peningkatan LED menunjukkan adanya inflamasi, bisa karena infeksi (bukan hanya karena TBC paru) atau non infeksi.
  • Diagnosa pasti TBC paru adalah ditemukannya kuman Mycobacterium tuberculosis, biasanya pada dahak. Sulit pada anak, oleh karena itu digunakan system scoring IDAI dengan pembobotan
  • Penderita TBC paru yang berusia di bawah 5 tahun tidak menular karena belum bisa mengeluarkan dahak
  • Pengobatan TBC paru membutuhkan waktu yang cukup lama, minimal 6 bulan.Untuk penderita, disarankan untuk memakai masker, buang dahak ke saluran pembuangan di kamar mandi, jaga kebersihan dan ventilasi rumah, dan bukalah jendela agar sinar matahari masuk (kuman TBC mati jika terkena sinar matahari)
Diagnosa paru pada anak dapat ditegakkan dengan tes mantoux, riwayat dengan kontak, penurunan berat badan, hasil rontgen serta peningkatan LED.

    Ini tabel skor IDAI nya.
    Dari beberapa gejala yang tadi itu, bunda cuman menemukan adanya kelenjar getah bening sama susah makan aja.. ini apa bundanya yang parnoan yaa? ya ga apa2 ya menganalisa sendiri dulu. makanya itu dari beberapa hari yang lalu sebenernya pengen banget nge-plot growchartnya Ofal. Soalnya menurut informasi, kalo anak mengidap TBC itu berat badan anak akan turun dengan drastis selama 3 bulan terakhir (Ofal ke Dr. Apin kayanya udah lebih dari 3 bulan yang lalu)

    Dan ini hasil dari plot grow chartnya Ofal. Buat yang butuh grow chartnya bisa didownload di sini.

    Dari hasil plot kayanya ga ada sesuatu yang salah sama Ofal. Masuk percentil 75 untuk beratnya. Dan dia juga ga berubah percentil, which means semuanya normal2 aja.. Hopefully so.. dan peer bunda selanjutnya, terus mengobservasi si kelenjarnya itu. Atauu.. si kelenjar yang terakhir itu muncul karena Ofal mau sakit ya.. emang soalnya abis dari Bandung itu, dateng bekasi langsung meler2 dan sakit.. :(

    Yang buat bunda agak tenang, karena Ofal udah vaksin BCG untuk TBC yang berat. Mudah2an ini hanya kekhawatiran bunda aja ya.. Ofal sehat terus ya dee.. Amiienn..

    Maen Kuda-kudaan yuuk..

    Selesaikan tantrum sedini mungkin..

    Pernah ga sih lihat ada anak yang nangis di mall kalo pengen sesuatu tus ga dipenuhi orang tuanya? Yang nangisnya jerit2, sampe suka pukul2 dan ga bisa ditenangin sama orang tuanya? Pasti pernah ya.. dan apa yang dirasain kalo liat anak kaya gitu? Mmm.. jujur kalo aku pasti kesel banget.. Aku ga kepengen deh, nanti Ofal kaya gitu.. ga bisa menguasai dirinya sendiri. istilahnya kerennya sih temper tantrum.

    Makanya pas waktu itu buka TUM, tus ada pengumuman bakal diadakan seminar dengan judul "Selesaikan tantrum sedini mungkin" aku antusias banget.. pengen ikutan. Kasih tau ayah, eh ayah malah lebih semangat lagi.. Sayangnya pas hari H nya, Ofal malah sakit.. Mau ninggalin Ofal di rumah ga tega.. Jadinya biarin deh ayah aja yang pergi.. yang penting ada yang mewakili untuk menyerap ilmunya.. ^^
    Ini aku rangkumin apa yang udah ayah ceritain ke aku.. Mudah2an bisa jadi pengingat ketika aku menghadapi tantrumnya Ofal nanti.. eh tapi mudah2an Ofal ga pernah tantrum deng.. hehehe..

    Jadi apakah itu temper tantrum?
    Menurut Toge Aprilianto adalah letupan emosi yang tampil dalam bentuk perilaku agresif tak terkendali. Tantrum ini biasanya terjadi karena situasi yang mengecewakan dan biasanya si anak akan kehilangan kendali atas tubuhnya. Letupan emosi ini dapat ditampilkan secara agresif terhadap orang lain (memukul, berteriak, menggigit) dan bisa juga ditampilkan secara pasif (menarik diri).

    Apakah tantrum itu berbahaya?
    Tantrum disebut berbahaya karena biasanya tampil dalam bentuk perilaku menyakiti diri sendiri, orang lain dan merusak.

    Ternyata sebenarnya tantrum pada umur 0-3 tahun itu adalah suatu hal yang wajar. Karena pada umut ini anak sedang belajar menghadapai kekecewaan ketika apa yang diingininya tidak terpenuhi. Emosi yang timbul akibat kekecewaan ini, seperti marah, sedih, kesal adalah suatu hal yang natural. Namun terkadang orangtua tidak mengerti apa yang dirasakan oleh anaknya dan tidak membiarkan /mengajarkan anak untuk menyalurkan emosinya secara benar. Misalkan, ketika anak menangis karena kecewa, orang tua berusaha untuk mengalihkan perhatiannya agar si anak dengan cepat berhenti menangis. Dengan begitu, anak tidak secara tuntas meluapkan emosinya. Jika dibiarkan terus akan muncul yang disebut dengan tumpukan emosi, yang suatu saat dapat muncul tak terkendali sebagai temper tantrum.

    Sebaiknya ketika anak sedang merasakan luapan emosi, orang tua tetap mendampingi tanpa interverensi. Biarkan anak merasakan emosi yang sedang terjadi. Orang tua juga dapat mengajarkan cara meluapkan emosi secara benar, misalkan boleh menangis, atau teriak dengan menutup mulut menggunakan bantal.

    Tantrum menjadi tidak wajar bila ditampilkan oleh anak berusia di atas 3 tahun, karena itu tanda bahwa dia belum sanggup menghadapi rasa kecewa. Tantrum pada usia ini akan lebih sulit dikelola karena kekuatan fisik si anak sudah lebih besar. Dan biasanya berpotensi memicu banyak masalah baru, terutama perilaku berbohong sebagai upaya mendapatkan keinginannya atau untuk menghindari kekecewaan alih2 menerima kekecewaan tersebut.

    Oleh karena itu tantrum perlu dituntaskan sebelum anak menginjak 3 tahun, karena pada masa 3-6 tahun anak akan mulai memasuki fase otonom diri.
    Jika dihambat, akan memicu pertengkaran dengan anak yang sifat dasarnya aktif-agresif, dan akan membangun dendam atau menjadi bibit depresi bila sifat si anak tergolong pasif-defensif.
    Bila dibiarkan akan membangun sifat egois, sehingga sulit mendampinginya untuk menjadi pribadi yang dewasa (sanggup berpikir, belajar dan memerhatikan kepentingan orang lain).
    Kegagalan mengatasi tantrum akan mengganggu fase otonom dirinya, karena kurangnya kesanggupan menghadapi kecewa akan membuat anak selalu menuntut dan menyalahkan orang lain sebagai penyebab kesulitan atau kekecewaan yang dia hadapi.

    Hal ini bisa dituntaskan melalui program belajar memilih yang sebaiknya dilakukan sejak usia sekitar 9 bulan atau paling lambat 1 tahun. Asumsinya di usia itu anak sudah menguasai konsep menginginkan dan menolak. Tujuannya agar anak memahami bahwa tidak semua keinginan dapat diperoleh sehingga ia perlu siap menghadapi kekecewaan akibat gagal memperoleh apa yang diinginkan berdasarkan pilihan yang diambilnya sendiri, melatih anak bertanggung jawab atas pilihannya, melatih anak untuk sepakat, dan belajar interaksi.

    Contoh program memilih ini, misalkan ketika si anak tidak mau makan. Kita membujuknya dengan memberikan pilihan. Tentu saja pilihannya bukan mau makan atau ga mau makan? Tapi dengan misalkan, ade mau makannya sama siapa? Sama uyut, sama bunda atau sama ayah? Berikan pilihan yang win-win solution. Sehingga anak pun tidak merasa dipaksa untuk makan.

    Tahapan memilih ini dimulai dari enak vs enak, enak vs tidak enak, dan tidak enak vs tidak enak.

    Ketika anak mengalami tantrum sebaiknya biarkan saja, tunggu si anak sampai tenang. Karena emosi anak ketika tantrum itu lebih baik disalurkan dengan catatan tidak merusak atau menyakiti. Sehingga diharapkan, di kemudian hari anak dapat mengelola emosinya sendiri dengan lebih baik.

    Dari beberapa artikel yang aku baca, tantrum juga dapat dipicu oleh :
    1. Frustrasi. Jangan dikira hanya orang dewasa saja yang bisa frustrasi. Anak-anak pun mengalami hal ini. Misalnya, anak-anak akan menjadi cepat marah manakala mereka tidak bisa mencapai sesuatu yang sangat mereka inginkan. Dalam artian, mereka gagal. Kegagalan memicu rasa frustrasi, dan akhirnya kemarahan itupun meledak.
    2. Lelah. Anak-anak yang kelelahan, akan menjadi mudah marah. Aktivitasnya yang padat dan sedikit waktu bermain akan membuat anak-anak cepat marah dan emosi.
    3. Orangtua terlalu mengekang. Sikap orangtua yang terlalu banyak mendikte dan mengekang anak, juga dapat berpengaruh bagi emosinya. Anak-anak yang merasa jenuh dengan kekangan orangtuanya, suatu saat akan mencapai titik puncak kejenuhan. Dan marah-marah adalah salah satu bentuk ledakan tersebut.
    4. Sifat dasar anak yang emosional. Beberapa anak mewarisi sifat dasar emosional dari orangtuanya. Mereka ini cenderung tidak sabaran, gampang marah meski karena hal-hal kecil.

    Berikut adalah tips mengatasi temper tantrum anak (sumber KoranTempo, 1 April 2007)
    • Tetap tenang beri anak waktu menguasi diri nya sendiri
    • Jangan hiraukan anak hingga dia bisa lebih tenang
    • Lakukan apapun yang sedang anda lakukan selama masa tantrum berlangsung
    • Jangan memukul atau melakukan hukuman fisik apapun
    • Jangan menyerah pada tantrum anak, begitu menyerah mereka akan belajar mempergunakan perilaku tak pada tempatnya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan
    • Jangan menyuap anak dengan hadiah untuk menghentikan tantrum karena akan membuat anak-anak belajar bertindak tak semestinya untuk mendapatkanya
    • Singkirkan barang-barang yang berpotensi bahaya dari jangkauan anak-anak
    • kita juga harus mendengarkan apa yang membuat anak kita kesal, marah ataupun sedih. Kadang anak belum tahu emosi apa yang dia rasakan itu. Karenanya kita perlu mengenalkan pada anak jenis-jenis emosi
    • Terakhir berilah pelukan yang menunjukkan jika kita sayang padanya. Pelukan merupakan terapi emosi yang baik. Dan kegunaan hug therapy antara lain adalah: penyaluran energi ketenangan dan kedamaian, mengendurkan urat syaraf yang tegang, meningkatkan kadar hemoglobin, terapi masalah emosi maupun fisik.
    Memang bukan latihan yang gampang untuk bisa membantu anak melewati masa-masa penuh tantrum ini tetapi kita orang tua nya lah yang harus bisa menghadapi dan membantu mereka. Mudah2an aku dan ayah bisa jadi orang tua yang baik, yang bisa mendidik Ofal ya.. amien..

    Sumber : rangkuman beberapa artikel di internet (lupa pastinya dapet darimana ya?) dan handout seminar "Selesaikan tantrum sedini mungkin"


    Monday, March 28, 2011

    Cruncy Cheese Ball

    Pengen buat cemilan buat Ofal.. tapi apa ya? soalnya anaknya ga terlalu doyan ngemil..
    Browsing2.. mm buatin ini aja deh.. Cruncy Cheese Ball, resepnya dapet dari www.keluarga-arvianto.com. Nyonteeek muluu.. hehe abis ga bisa kalo buat resep sendiri mah.. daripada rasanya nanti kacau balau.. :)

    Ternyata ini buatnya gampil banget deh.. ga usah pake mixer.. horray.. males ngeluarin seperangkat alat baking.. hehe.. lagian bahan2nya murah meriaah.. ^^ bunda pelit..


    Bahan:
    110 terigu
    15 gr Maizena

    50 gram keju (kalo mau lebih berasa keju nya bisa di tambah) --> emang lebih enak kalo kejunya agak banyakan..
    85 gram Unsalted butter (aku pake elle n vire)
    1 kuning telur

    Cara buat:
    1. Campur terigu, Maizena dan Keju, aduk rata.
    2. Masukan Butter, aduk menggunakan sendok sampai rata, lalu beri kuning telur, aduk lagi sampai rata
    3. Bentuk bulat kecil dengan cara ambil sedikit adonan, taruh di loyang
    4. Panggang dengan suhu 160 derajat selama ± 30 menit (atau sampai matang) --> kemaren aku kurang lebih 45 menit
    5. Dingin kan, simpan dalam wadah
    Gampil kaann..?? dan rasanya juga enak.. apalagi kalo kejunya dibanyakin.. mm.. enaak.. Sayangnya.. kok Ofal ga terlalu doyan ya..? apa karena lagi batuk? soalnya kan bikin gatel ke tenggorokan juga.. Tapi kalo ayah, jangan tanyaaa... Ayah mah doyan bangetttt...

    Ofal sakit.. =(

    Udah 2 hari ini Ofal sakit.. Awalnya sih cuman pilek aja.. meler gitu.. Kemungkinan ketularan ayah, soalnya ayah juga bilang lagi ga enak badan.. kaya mau flu, mulai sakit tenggorokan. Abis meler, seperti biasa datenglah itu si batuk.. Biasanya kalo Ofal batuk, batuknya yang berdahak gitu. Batuk yang karna terlalu banyak lendir tapi karena masih kecil jadi ga bisa ngeluarin dahaknya.

    Tapi kali ini sakitnya beda. Batuknya batuk kering.. Kasian banget liatnya. Kayanya Ofal capee banget deh.. batuk terus :( Jadi ga bisa bobo. Tadi malem juga, gara2 batuknya itu jadi ga nyenyak bobonya.. nangiiis terus.. minta nenen terus.. asal nempel nenen tus dia bobo lagi, mungkin karena ngerasanya nyaman kali ya? besok siangnya juga batuknya masih ada, malah tambah parah kayanya.. ga bisa bobo juga.. kasian Ofal.. kalo bunda bisa nak, bunda udah pindahin sakitnya Ofal ke bunda.. mendingan bunda yang sakit deh.. :(

    Ofal jadi ga aktif, matanya sayu, rewel banget.. selalu pengennya digendong di pundak gitu.. Sedih banget liat Ofal kaya gitu.. Kecil, ga berdaya menghadapi batuknya sendiri... Kalo batuk suka sampe nangis, kesel kayanya.. apalagi kalo batuk waktu bobo..

    Sampai saat ini, Ofal belum kita bawa ke dokter. Sebenernya bunda udah gak tahan pengen bawa ke dokter, soalnya kasian banget.. sampe ga bisa tidur, ga bisa istirahat dan dampaknya Ofal jadi keliatan lesu. Kalo sakit2 yang sebelumnya kita ga bawa ke dokter karena emang Ofal masih keliatan aktif dan mau makan waktu sakit. Tapi sekarang nggak.. Ofal keliatan lemes dan rewel banget. Tapi disini kita belum punya dokter anak yang kita percaya.. Aneh yaa.. harusnya ketika kita sakit, orang yang kita percayai untuk bisa membantu kita ya dokter.. Tapi masalahnya, kebanyakan dokter yang pernah bunda datengin kemaren, suka langsung mengdiagnosa kita berpenyakit yang nggak2.. dan langsung ngasih kita obat yang edan.. Bunda jadi sedikit takut untuk bawa Ofal ke dokter.. takut langsung dikasih antibiotik aja.. Soalnya kan kalo batuk pilek akibat virus ga perlu antibiotik kan? Bunda pengennya ketika kita dateng ke dokter dikasih obat yang emang kita perluin aja..

    Akhirnya sampai saat ini masih home treatment aja.. mimi aer anget + nenen yang banyak, pake transpulmin di dada dan punggung, kasih tetes idung breathy.. tus tadi sore, gara2 kondisi Ofal yang udah lemes gara2 ga bisa bobo, ayah akhirnya cari obat sendiri.. cari obatnya pun ga asal nyari.. ayah browsing2 dulu sana sini + berbekal ilmu kesehatan yang masih sangat dangkal, ayah baru membolehkan bunda kasih obat penekan rasa gatal batuknya. Namanya Mercotin, dosisnya 2 tetes aja.(mudah2an yang kita lakuin ini bener ya ayah..) Namanya RUM kan rational in using medicine.. not refuse.. dan kita berpikir saat ini Ofal bener2 sudah perlu obat supaya dia bisa istirahat dan memulihkan lagi daya tahan tubuhnya.

    Sekarang bocahnya alhamdulillah udah bisa agak2 bobo nyenyak.. walo setiap setengah jam sekali masih suka kebangun karena batuk, dan harus cepet2 disodor nenen.. Ofal sayang.. cepet sembuh ya.. bunda ga tega liat Ofal yang biasanya ceria, aktif, bawel sekarang lemes.. nangis terus.. Cepet sehat ya sayang.. Bunda sayang Ofal...

    ** Update : Mercotinnya ganti jadi Mucopect. Alhamdulillah sekarang Ofal udah sedikit lebih ceria.. ^^

    Sunday, March 27, 2011

    Donat Kentang

    Hari Sabtu kemarin, orang2 rumah pada rewel.. di rumah ga ada cemilan katanya.. sampe uyut bilang, "Teh.. buat donat lagi aja.. kan ada kentang tuh.. biar Ofal juga bisa ikut makan"..
    Hmm yo wes deh.. mari kita singsingkan lengan baju dan pasang ikat kepala!! halaah.. iya nih soalnya sebenernya minggu-minggu ini lagi males malesnya banget untuk bikin apa2..

    Yoks.. kita mulai buat.. Resepnya aku dapet dari NCC, karyanya (lagi2) Fatmah Bahalwan.. ^^
    Bahan:
    500 gr tepung terigu protein tinggi (aku pake tepung terigu all purpose)
    50 gr susu bubuk
    11 gr ragi instant
    200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
    100 gr gula pasir
    75 gr mentega
    ½ sdt garam
    4 btr kuning telur
    100 ml air dingin
    Cara membuatnya:
    1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
    2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
    3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
    4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
    5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.
    Saking malesnya kemaren itu, aku ngadoninnya pake mikser.. eh tapi ternyata hasilnya malah lebih bagus.. Adonannnya ngembang banget.. Bisa dibilang percobaan ke-2 kalinya bikin donat ini lumayan berhasil.. waktu percobaan pertama, donatnya bantet.. hehehe..

    Supaya berhasil buat donatnya, perlu tips dan trik. Ini aku copas dari NCC juga.
    • Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.
    • Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.
    • Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)
    • Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn...waaa.. raginya langsung mati deh.
    • Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.
    • Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.
    • Lubangi bagian tengahnya, goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam).
    • Menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.
    • Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.
    Nah.. jadinya begini penampakan donatnya.. Tapi bentuknya masih penyok2.. hehe.. gimana sih caranya biar bisa ngebentuk donat yang halus gitu? susaaahhh...

    Tuesday, March 22, 2011

    Maafin bunda ya de..

    Hari ini seperti biasa, rutinitas Ofal dari pagi bangun tidur, maen2 bentar, tus langsung ikut anterin Ayah, tus pulang mandi dan makan. Abis itu maen2 lagi di kamar uyut bentar.. tus sekitar jam 9an bunda samperin, mau ngajakin nenen tus bobo..

    Tapi hari ini, bunda lagi ada kerjaan.. jadi samperin Ofal, bawa ke kamar tus biarin dia maen2 dulu sendirian. Bunda kasih Ofal nenen di dalem dot sementara bunda beresin dulu kerjaan bunda. Abis kirim email, bunda baru sadar.. loh kok Ofal anteng banget yaa.. Jadi takut dia lagi ngapa2in.. Kaya kemaren, dia anteng banget di kasur sambil maenan hape bunda, sementara bunda beres2 kamar. Eh ternyata dia lagi asyik congkel keypad hape bunda dan kayanya dia masukin mulut dan ditelen deh.. soalnya abis bunda sadar hape bunda ga ada keypadnya, dia keliatan lagi ngemut sesuatu, tapi sama bunda ga keambil, keburu ditelen sama Ofal. :(

    Tus bunda langsung liat ke belakang.. (posisi kerja bunda ngbelakangin Ofal).. Oh ternyata.. dia lagi nenen botol, pegang sendiri sambil matanya udah teler ngantuk.. Huhuhu.. langsung ngerasa bersalah.. bunda ga temenin Ofal bobo ya nak.. sampe Ofal bobo sendiri gitu.. biasanya Ofal kalo pagi2 sambil nenen dari gentongnya langsung dan dipeluk bunda ya nak?.. Liat Ofal kaya gitu, bunda langsung tinggalin komputer dan langsung naek tempat tidur, pegangin botolnya Ofal sambil elus2 punggungnya.

    Huhuhu kemaren sore juga gitu.. Bunda ada kerjaan, ngerjain di kamar pintunya ditutup. Ofal kayanya abis makan, tus mulai ngantuk.. pengen bobo sama bunda.. dia gedor2 pintu kamar sambil nangis ngerengek2.. Dalem hati bunda ngomong,"bentar ya de.. bunda selesein kerjaan bunda dulu, nanti ade bobo sama bunda yaa..".. eh.. pas bunda samperin Ofal, dia lagi dieyong sama uyutnya sambil nenen.. dan udah bobo.. huhuhu... langsung pengen mewek.. udah mengabaikan dia kaya gitu..

    Maafin bunda ya de.. bunda mikirinnya kerjaan bunda terus... :'(

    Monday, March 21, 2011

    Maen Donat2an

    Bunda beliin ini buat Ofal udah agak lama, beberapa bulan yang lalu. Belinya di ELC BSM, waktu jalan2 ke Bandung.. Ah, jauh2 ke Bandung, maenannya tetep aja mall.. ^^

    Awal2nya Ofal dibeliin maenan ini belum terlalu tertarik.. masih belum bisa cara maennya.. malah dia suka lempar2 aja.. Kalo ga, paling banter dia masukin donatnya itu, dengan cara nusukin donatnya pake tongkat kayunya itu.. Bukan "cara yang bener", donat yang dimasukin ke tongkatnya. Tapi beberapa hari yang lalu, bunda liat.. horeee!!!! Ofal udah bisa masukin donat ke tongkatnya itu.. hehehe.. seneng banget rasanya.. (loo.. kok bundanya yang seneng ya?)


    Maenan ini nama aslinya Wooden Stacker, untuk umur 12 m - 2 y. Tapi Ofal udah bisa pake secara bener di umurnya yang mau 16 bulan.. hehehe..
    Permainan ini berguna untuk meningkatkan :
    1. Kemampuan berpikir dan kreativitas. Ofal kalo maen ini suka2nya dia aja.. kadang dari yang kecil ke yang besar, kadang acak.
    2. Koordinasi tangan dengan mata. Dengan Ofal udah bisa masukin donat ke tongkatnya, berarti kemampuan motorik nya udah lebih baik dong ya?
    3. Kepercayaan diri. Ofal kalo udah berhasil masukin donut ke lubangnya keliatan seneng banget.. Sampe suka langsung tepuk tangan sendiri.. hihihi.. lucu deh liatnya.. ^^
    4. Pengetahuan tentang warna bentuk (mana yang lebih besar dan kecil). Kalo yang ini Ofal masih belum bisa ngerti sih.. Mudah2an nanti cepet bisa tau tentang warna ya de..


    Kalo udah maenan ini, Ofal serius banget deh.. tapi kalo udah bosen dilempar2 juga semuanya.. hehehe.. Tus lucunya lagi, saking kreatifnya nih bocah.. si tongkat kayunya itu suka dia ganti2.. kemaren dia ganti pake sikat giginya dia.. Hihihi.. Lucuuuuu... ^^


    Ah jadi ga sabar pengen beliin Ofal maenan2 yang laen. Mudah2an ayah mau diajakin ke mall minggu ini.. ^^


    Sunday, March 20, 2011

    Picture of the day..!!


    Lucu banget nih bocah.. dipakein topinya om Adit, tus mau difoto.. dia malah kesenengan, ketawa2.. Topinya dilepas, dia pasang lagi, lepas tus pasang lagi sambil ketawa2.. Pas difoto dia pose gitu.. Ah lucuuuu...^^

    Tuesday, March 15, 2011

    Gravy untuk travelling

    Waktu ke Batam kemaren, yang dibingungin dan dipikirin pertama kali itu makanannya Ofal. Emang sih, Ofal udah bisa mamam pake nasi. Yang penting ada kuahnya, biar ga seret pas nelen. Tapi takutnya, disana susah untuk cari makanan yang cocok untuk Ofal. Jadinya kemaren disempet2in malem2 hari Jumat itu browsing2 makanan yang bisa dibuat beku untuk dibawa ke Batam. hahaha.. selalu dadakan emang.. makanya ga sempet foto2in proses dan hasilnya.. ^^ Kita berbagi resepnya aja dulu deh yaa.. fotonya nanti diupdate lagi kalo buat lagi.. ^^

    Resepnya aku contek dari sini : http://www.keluarga-arvianto.com/2011/01/gravy-makanan-andalan-saat-travelling.html. Makasih ya bubunnya Olel.. Tapi karna aku buatnya dadakan, jadi resep ini aku modifikasi sesuai dengan apa yang ada di kulkas. hehehe..

    Bahan:
    250 gr daging/ayam/ati (aku pake beberapa potong daging ayam)
    1/2 bawang bombai cincang halus (aku pake 3 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih)
    Olive Oil (untuk numis) (aku pake mentega blueband)
    Wortel potong kecil
    Brokoli potong kecil
    Daun bawang Potong kecil
    seledri cincang halus
    Jamur kuping potong kecil (aku ga pake.. ga ada... hehe..)
    Lada
    250 air kaldu
    Maezena (larutkan dengan air) (bisa diganti dengan tepung kanji)
    Pala bubuk (optional)

    Cara Buat
    1. Tumis bawang sampai layu dan harum, kemudian masukan air kaldu dan daging, masak sampai daging berubah warna.
    2. Masukan bahan lain nya, kecuali larutan maizena, masak sampai sayur empuk
    3. Masukan larutan maizena, masak hingga mengental, matikan kompor
    4. Hilangkan Uap panas, tunggu sampai dingin, kemudian blender,
    5. Tuang dalam ice cube/Cetakan es batu, bekukan
    Resep ini bisa buat sekitar 2 kali makan.. Cara penggunaanya, gravy yang sudah beku ini dihangatkan dulu. Bisa dengan direbus lagi atau hanya dengan menaruh ice cubenya di dalam air panas sampai mencair. Terus tinggal disiram deh di atas nasi atau bubur. Kemaren sih aku siram di atas outmeal. Ofal suka.. makannya abis..

    Menu makannya Ofal waktu 2 hari ke Batam kemaren :
    Sabtu
    • Pagi : bekel bubur dari rumah yang udah disiapin dari kemaren malemnya + puding coklat
    • Siang : Outmeal + keju + kaldu beku
    • Malam : Bubur + gravy
    Minggu
    • Pagi : Bubur + gravy
    • Siang : Outmeal + keju + kaldu beku
    • Malam : makan di rumah
    Total ransum dan peralatan yang dibawa buat makan Ofal :
    • 2 ice cube gravy beku
    • 2 ice cube kaldu beku
    • outmeal
    • keju cheddar
    • beras
    • Slow cooker Takahi.. untuk masak buburnya.. membantu banget deh.. tinggal masukin beras.. tus tinggal bobo.. jadi dehh..
    • Panci listrik kecil.. untuk manasin kaldu dan gravynya
    • Alat2 makan..
    Gara2 bawa makanan beku gini, sampe hotel yang dicari pertama kali.. kulkas!! hahaha.. untung adaa dan dingin... alhamdulilah.. makanan Ofal terselamatkan...
    Bawa makanan kaya gini saat traveling sangat memudahkan sekali. Cara buatnya dan penyajiannya pun gampang. Ga repot.. dan yang paling penting sehaat..!! ^^



    Tips dan Trik bawa Ofal naek pesawat


    Untuk pergi naek pesawat ke Batam kemaren, bunda ga terlalu ribet mikirin persiapan2nya.. haha.. emang bundanya males aja kali ya?
    Pas mendekati hari H, ayah ngingetin aku.. apa udah beli ear plug buat Ofal? Takutnya telinganya kenapa2 karena ada perbedaan tekanan udara pas landing dan take Off. Hummm baru deh bunda kelabakan, buat rencana mau beli ear plug.. tapi dipikir2 lagi.. hadeuh males keluar rumahnya.. secara hari jumat, kemana2 jam berapa aja pasti macet..
    Tus bunda tanya2 deh ke Bundanya essa, karena waktu kapan itu dia juga pernah bawa essa naek pesawat. Dia bilang, essa ga pake ear plug kok.. ga apa2.. wokay.. langsung deh bunda browsing2 untuk lebih meyakinkan lagi.. Dan bunda dapet info dari milis asiforbaby :
    Penutup telinga (ear plug) tidak memberikan pengaruh apa2 krn tekanan terjadi di dalam telinga dan udara masuk tidak hanya melalui telinga tapi bisa dr hidung dan mulut. Yang harus diperhatikan justru saat take off dan landing mulut bayi harus terbuka. Hal ini bs dgn menangis/menyusu.. Oleh sebab itu bayi tdk perlu di beri kapas/earplug tetapi harus di susui saat takeoff/landing..
    Berbekal info itu, persiapan untuk bawa Ofal naek pesawat ga terlalu ribet kok.. cuman siapin nenen (langsung dari gentongnya ^^) sama siapin maenan kesukaan Ofal aja.. Bawa si doggy sama buku buahnya.. ini sih lebih supaya Ofal ga bosen di pesawat.. Tus satu trik lagi, biar Ofal mau agak2 diem duduk manis di pangkuan bunda dan mau pake safety beltnya sepanjang perjalanan, bunda pangku Ofal dengan mendudukkannya balik ke arah bunda. Jadi bisa liat dan ngobrol sama bundanya setiap saat. Kaki kanan dan kaki kirinya ada di pinggang bunda. Kebayang ga sih? hehehe.. Posisi ini cukup ampuh. Enak buat menyusui, untuk Ofal bobo pun cukup nyaman, dan yang pasti Ofal ga kemana2.. ^^ Walo agak sedikit rewel pas mau landing kemaren karena ngantuk.. tapi so far, pergi dan pulangnya, perjalananan pertama Ofal dengan pesawat ini bisa dibilang lancar.. Alhamdulillah...


    ** ini foto waktu mau take off...

    Monday, March 14, 2011

    Berlibur ke Batam..

    Judulnya kaya lagi buat tugas mengarang jaman SD dulu ya?.. "berlibur ke rumah nenek.." hahaha.. ga kreatif nih..

    Sabtu minggu tanggal 12, 13 maret kemaren kita ke Batam. Diajakin nin sama aki.. Nin sama aki udah ada disana duluan karna emang ada tugas dari kantor. Jadi kita nyusul.. kita itu aku, ayah, ofal, nin lie, om kaka, te uwit sama om rully... hihihi.. banyakan yaa? asyikk..

    Kita berangkat pake pesawat lion air jam 7 pagi hari sabtu.. hadeuuh.. ini yang bikin ribet, secara bawa bayi kecil.. Pada bangun jam 4, tus mandi.. langsung aku siapin Ofal.. Ofal ga dimandiin, langsung dandan, ganti baju.. Malah tadinya mau langsung gendong angkut aja, secara dipikir dia masih bobo kalo jam segitu.. taunya nggak.. orang2 pada bangun, dia juga ikutan bangun... hahaha.. takut ditinggalin kali ya?
    jam 5 kurang, abis solat subuh langsung brangkuut.. bawa mobil sendiri.. rencana mau parkir inap di bandara. Gara2 bangun subuh banget, Ofal di jalan menuju bandara malah bobo lagi.. hoalahhh..

    Sampe bandara jam 6, langsung check in.. tunggu bentar di ruang tunggu, sempet suapin Ofal dulu beberapa sendok.. biar ga masuk angin.. Ga berapa lama dipanggil untuk masuk pesawat.
    Ada beberapa tips and trik untuk bawa Ofal naek pesawat untuk yang pertama kali. Baca di postingan ini yaa.. (kaya ada yang mau baca ajaah.. ^^).
    Sampe Batam, Bandara Hang Nadim sekitar jam setengah 9an. Langsung telp aki, secara semuanya baru pertama kali ini ke Batam. Kata aki, naek taxi aja ke tempat kita nginep di daerah Nagoya. Kita udah dibookingin hotel sama aki. Hotelnya sama dengan hotel tempat aki nginep. Namanya Hotel Mulia. Sayang nih.. bunda lupa foto2 hotelnya. Fasilitasnya sih standar aja.. dapet kamar yang 2 single bed.. (ga mau rugi, kita gabung tuh single bednya jadi tetep bisa bobo bareng uwel2an.. hehe..), kamar mandi dengan shower dan yang paling penting ada kulkasnya.. untuk nyimpen makanan beku Ofal yang udah kita siapin dari Jakarta. Tentang makanan Ofal ini di postingan terpisah aja yaa.. Biaya taxi dari bandara ke hotel sekitar 70 ribu.. lumayan jauh juga sih..

    Sampe di hotel yang pertama kali dilakuin.. nyuapin Ofal.. iya, takut sakit lagi kalo makannya ga bener. Lagian sebenernya Ofal juga masih belum sehat bener waktu pergi ke Batam, setelah seminggu sebelumnya kena batpil plus demam.. alhamdulillah pas hari H mau ke Batam udah agak sehat..
    Abis nyuapin Ofal, kita langsung jalan2.. ternyata kita juga udah dibookingin mobil sama aki.. hahaha.. emang dah, paling enak liburan yang ga ngemodal ya.. sering2 ya aki.. kita mau kok terima undangan liburan gratis lagi.. hehehe..^^ Anak tak tau dirii.. heeuu.. untuk booking mobil+supir+bensin nya seharian full itu abis 500 ribu.
    Plan hari pertama, jalan2 ke tempat wisata. Hari keduanya baru shopping.. ^^

    Tujuan pertama kita adalah.. Cari makan...!! hihihi.. kita semua pada kelaparan.. belum pada sarapan.. yang udah sarapan cuman Ofal sama om Kaka aja.. Eh cerita tentang om kaka ini, dia masih kelas 3 SD loo.. cuman karna statusnya sepupu aku, jadi Ofal kan panggilnya om.. hehe.. lucu ya? baru kelas 3 SD udah dipanggil om..
    Kita dibawa makan (berasa dibawa kabur.. ^^) sama supir di rumah makan seafood.. Lupa apa ya namanya.. cuman kayanya lumayan terkenal di Batam. Soalnya ada dipajang fotonya SBY lagi makan disana, tus banyak dijadiin tempat makan sama turis asing juga.. Tempatnya enak.. luas banget, banyak anginnya.. jadi ga panas.. dan di bawah restorannya itu ada kolam ikan.. Ofal seneng banget liatnya.. mana dikasih roti gitu sama waitressnya buat ngasih makan ikan..

    Karena kalap lapar, semua dipesen.. Pesen udang saos padang, cumi goreng tepung 2 porsi, ikan kerapu goreng kering, sop ikan kerapu, tumis kangkung belacan.. minumnya semua pada pesen orange juice + kelapa. ternyata porsinya besarrr.. akhirnya kita bungkus.. hehe.. total cuman abis sekitar 600 ribu aja untuk makanan sebanyak itu.. kalo soal rasa.. kayanya biasa deh.. ga special..
    Kemaren itu.. gara2 ada rombongan dari tour travel gitu, ada hiburan tarian daerah gitu.. dan tarinya tarian sunda aja gitu.. hahaha. jauh2 ke Batam, dengernya lagu sunda juga.. Tapi lumayan.. dapet hiburan gratiss... ^^


    Abis makan, tujuan selanjutnya :

    ex Camp Vietnam di Pulau Galang
    Untuk sampai ke Camp Vietnam ini kita ngelewatin 5 jembatan, salah satunya jembatan Barelang yang terkenal itu. Masing2 jembatan itu menghubungkan pulau2 kecil di sekitar Batam, yaitu Pulang Rempang, Pulau Nipah, Pulau Setoko, dan Pulau Galang..
    Ya Allah, akhirnya aku kesampean juga bisa liat dengan mata kepala sendiri pulau2 yang frekuensinya aku plan dan biasanya cuman aku liat di mapinfo.. senang.. ^^ Sepanjang perjalanan kesana, kanan kiri pemandangannya selang seling laut, pantai dan bukit2.. Pulau2 itu ternyata keliatan gersang ya kalo diliat dari pinggir jalan yang aku lewatin. Kaya pulau2 tak berpenghuni gitu. Keliatan juga banyak perkebunan buah naga. Seumur2 aku baru tau kalo pohon naga itu kaya gitu. Sayangnya ga sempet di foto.

    Akhirnya setelah kurang lebih 1 jam dan sempet ketiduran di jalan.. haha.. ngantuk boo.. bangun jam 4.., kita sampai juga di camp vietnam ini. Di jalan sebelum sampai ke camp, kita menemukan gerombolan monyet di pinggir jalan.. akhirnya kita turun dulu mau liat monyetnya.. Ofal seneng sekali liat monyet, sebelumnya belum pernah liat.. sampe ga mau dia naek mobil lagi.. pengen liat monyet terus.. Monyet2 itu mau aja loh dikasih makan permen.. hehehe.. lucuuu..

    Abis itu kita lanjut jalan.. tus kita liat ada patung humanity.. katanya patung ini dibuat untuk mengenang wanita vietnam yang diperkosa oleh sesama pengungsi.. Malu karna diperkosa, akhirnya ia bunuh diri. hmm mengerikan yaa?
    Setelah beberapa ratus meter ada areal pemakaman untuk para pengungsi ini yang bernama Ngha Trang Grave.

    Dulu ceritanya(berdasarkan cerita sang guide yang merangkap supir), waktu taun 1970an.. masa2nya perang vietnam itu, banyak banget orang vietnam yang melarikan diri.. Mereka melarikan diri dari perang itu dengan menggunakan perahu2 kecil yang berkapasitas 40-100 orang. Beberapa persennya terdampar selamat di Pulau Galang ini. Karena menyelamatkan diri dengan menggunakan perahu, makanya mereka terkenal dengan sebutan manusia perahu. Perahu2 yang mereka gunakan kaya gini nih.. ga kebayang ya, ada di dalam perahu kaya gini di lautan lepas, selama berbulan2.. wooow..

    Tempat penampungan ini lumayan lengkap, ada tempat ibadah untuk masing2 agama (ada gereja, vihara, masjid), french school, hospital, dan barak2 untuk tempat tinggal pengungsi. sebagian besar dibiayai oleh UNHCR. Orang2 vietnam ini dilokalisasi katanya untuk alasan keamanan dan pengawasan.

    Salah satu tempat ibadah yang kita datengin yaitu Vihara Quan Am Tu, abis yang laen keliatan serem gitu.. mana bawa Ofal ahh.. takutt.. katanya malahan ada tempat disitu yang pernah dijadiin tempat buat syuting uka-uka..
    Vihara ini letaknya di atas bukit, di jalan masuk ke camp pengungsian. Didalamnya ada beberapa patung, salah satunya patung Dewi Guang Shi Pu Sha. Di bawah patung ini ada plakat yang menceritakan kalo dewi ini dapat memberikan hoki, jodoh, keharmonisan dalam rumah tangga, juga dapat memberi kepintaran serta mengabulkan cita-cita bagi anak-anak. Setelah kita berdoa, tus kita lempar koin ke arah dewi ini.. hihihii.. kemaren aku sama Ofal lempar koin.. semoga keluarga kita terus harmonis sampe kakek nenek dan Ofal jadi anak yang pintar dan cita2 nya tercapai yaa.. amin...

    Di sebelah vihara ini ada rumah yang dulunya bekas kantor UNHCR. Disitu banyak banget foto2 yang menggambarkan kehidupan para pengungsi vietnam. Pengungsi2 vietnam ini terakhir kali dipulangkan oleh pemerintah indonesia katanya pada tahun 1998 kemaren..

    Ngeliat camp pengungsian ini, rasanya kalo bahasa sundanya "keueung". serem gitu.. sepi banget dan bener2 terlokalisasi. jauh dari keramaian kota. banyak juga bangunannya yang udah rusak dimakan rayap, karna sebagian besar bangunannya terbuat dari kayu.

    Untuk masuk ke kawasan wisata camp pengungsian ini harus bayar 25k IDR untuk mobil kalo ga salah. dan perorangnya juga bayar lagi.

    Abis gitu.. kita pulang.. arah balik ke kota batam lagi.. di jalan pulang sempet foto2 dulu di jembatan Barelang. Katanya konstruksi jembatan pasopati Bandung juga niru dari jembatan barelang ini..
    Pemandangan dari sini ke arah lautnya.. Subhanallah.. Kerrreeen.. tapi liat arus lautnya di bawah jembatan, bener buat kaki gemeter.. hehehe...

    Abis itu.. langsung cabut balik ke hotel.. istirahat..
    Malemnya makan seafood lagi di daerah Nagoya, ngintip2 pertokoannya dikit.. makan duren.. (hahaha.. akhirnya..), dan ayah ketemuan sama temennya, Lidya. Gosip2 dikit.. ga sempet foto2 ya kita.. tus balik hotel lagi deh.. bobooo.. teparrr...

    Hari minggunya.. kita shopping... HORRAY.. cari oleh2 buat keluarga Antapani dan buat diri sendiri.. hohoho.. senangnyaaa... ^^ Tapi dampaknya membuat kantong bolong dan sampe sekarang hasrat belanja itu masih tinggi.. oh tidaak..!! padahal udah balik jakarta lagi nih..

    PS : Tapi in my opinion, kok Batam kotanya terlihat kumuh ya? dan harga barang2 yang kata orang2 murah itu, kok menurut aku sama aja ya harganya sama di Ambass.. hahaha.. eh, ini just my opinion loh yaaa..








    Tuesday, March 8, 2011

    Lidah Kucing Vanilla

    Gara2 kemaren dikasih sama nin kue, ga tau namanya apa, kayanya bahan dasarnya putih telur dan rasanya mirip-mirip sama lidah kucing, dan kuenya habisss.. Sementara ayah suka banget sama kuenya.. masa, 2 toples itu abis aja sama ayah sendiri.. hiks.. aku ga kebagian.. :( Oleh sebab itu si Ayah langsung bilang, "Bun.. buat Lidah Kucing dong..".. wew.. sekarang apa2 ayah sukanya minta dibikinin mulu nih.. hehe..

    Tus kebetulan hari2 sebelumnya masih ada sisa putih telur waktu buat Amris dan sayang ga kepake terus.. Jadinya hayolah.. kita coba buat yuks..
    Sebelumnya disempetin beli loyang Lidah Kucing dulu di pasar modern situ 2 biji. Ternyata loyang gitu murah ya? hihihi.. senangnyaa.. ^^

    Aku browsing2 resepnya di internet.. dan akhirnya memutuskan untuk nyontek resepnya Fatmah Bahalwan.

    Ini dia....

    Ganti pasta mocca dengan pasta vanilla untuk mendapat rasa Vanilla, demikian juga untuk mendapatkan rasa lain anda tinggal mengganti ‘perasa’-nya saja.
    Bahan:
    250 gr Mentega
    175 gr Gula halus (aku pake 150 gr, takut kemanisan)
    75 cc Putih telur
    250 gr Tepung terigu protein sedang (aku pakai tepung terigu all purpose)
    1 sdm Mocca pasta (aku ganti dengan 1 sdt vanilla bubuk)
    ¼ gr Baking powder
    ½ sdt Emplex (perenyah kue kering, optional) (aku skip)
    Cara Membuat:
    1. Kocok mentega, gula, dan vanilla hingga mengembang sekali.
    2. Tuang putih telur, lanjutkan mengocok, lalu masukkan tepung terigu dan baking powder, kocok dengan speed rendah hingga rata.
    3. Poles loyang dengan mentega lalu spuit adonan bentuk jari lurus-lurus.
    4. Panggang dengan panas api 1500 C selama ± 20 menit.
    Dan jadinya.. tarraaa...!!! This is it...


    Yang masih jadi peer buat aku, gimana sih caranya adonannya supaya agak2 tebel gitu? masih ga ngerti.. harus belajar lagi nih..
    Tapi rasanyaa.. hmm.. enyakk.. karena punyaku ini tipis.. jadinya kuenya renyah banget.. Ayah sampe bawa 1 toples ke kantornya.. dan katanya dia ga mau bagi2 sama siapa2... Ih.. ayah.. pelit...!!

    Thursday, March 3, 2011

    Chocolate Chip Banana Muffin

    Gara2 liat banyak bener yang post tentang kue ini, jadinya penasaran deh sama rasanya.. katanya orang2 yang udah pernah coba sih enak.. dan yang paling penting keliatannya buatnya gampang.. secara aku masih amatir.. hehe.. yuks.. kita langsung cobaa.. ^^

    Resepnya aku dapet dari webnya "The Urban Mama". Salah satu web yang wajib aku kunjungin tiap hari..




    Bahan :

    210 gr terigu
    1 tsp baking soda
    1 tsp baking powder
    1/2 tsp garam
    170 gr gula

    75 gr butter leleh (bisa diganti dengan minyak)
    1 butir telur
    3 buah pisang (kemarin aku pakai 2 buah, udah kerasa banget pisangnya)
    Chocolate chip

    Cara membuat :
    1. Campur bahan kering, aduk rata, sisihkan.
    2. Hancurkan pisang, campurkan dengan butter dan telur, kemudian aduk.
    3. Tuang terigu ke dalam adonan pisang. Aduk.
    4. Tuang ke dalam paper cup, kemudian beri taburan chocochips.
    5. Panggang dengan suhu 180 C, selama 20 menit. (kemarin aku sampe kurang lebih 30 menit)
    Hmm.. ternyata emang bener.. Rasanya enak.. ah apa sih yang ga enak buat aku.. haha.. Rasanya pisang banget dan lembut banget.. kaya lumer gitu di lidah.. *lebay.. ^^ Dan yang pasti gampang deh buatnya.. cepet.. ga pake mikser2an..

    Kemaren aku suapin Ofal, sukses dong!!.. ga dilepeh.. ^^ rencana sabtu besok ada tamunya nenek.. bikin ini lagi aja apa yaa buat suguhannya.. =D

    Wednesday, March 2, 2011

    SeaWorld time..!!

    Hari minggu kemaren, Nin sama Aki nginep di bekasi. Katanya mau ada undangan di TMII. Rencananya abis Nin sama Aki beres kondangan, kita mau jalan2 ke TMII nya.. Ofal kan belum pernah kesana. Sekalian tadinya mau ngajakin uyut jalan2. hihi.. senang.. senang.. Tapi... pas minggu pagi, Nin liat lagi undangannya.. wew.. ternyata jam 7 malem aja, dikira kondangannya jam 11 siang. Hadeuh Nin, undangannya ga dibaca dulu sih...

    Akhirnya Nin mutusin ga usah dateng deh kondangannya, abis nanti pulang bandungnya kemaleman. Yo wess.. tapi kita tetep pengen jalan2.. hehe.. ubah rencana deh dari yang tadinya mau ke TMII jadi ke SeaWorld. Kita pergi sama Ateu sama Om juga, dampak Nin sama Aki nginep disini, jadi Ateu sama Om ga pulang bandung.. ^^ Uyut malah yang jadinya ga ikut, dirumah aja katanya.. cape..

    Awalnya di SeaWorld Ofal sempet rewel aha ehe.. Soalnya pas turun mobil kan rada gerimis gitu, jadi kita payungan. Eh sampe SeaWorldnya, tuh payung ga boleh dilipet sama dia. sampe mewek2 segala.. Untungnya bisa teralihkan tuh perhatiannya..

    Sebenernya Ofal tampak belum gitu ngerti sih dibawa ke SeaWorld, tapi dia seneng2 aja liat ikan2 yang berseliweran di akuarium2.. Tapi tidak sesuai perkiraan, waktu dia lewat terowongan bawah akuarium besar itu, kok dia tampak tidak antusias.. padahal tadinya bunda pikir Ofal bakal seneng banget liat ikan2 diatas, kanan, kiri.

    Kayanya Seaworld masih tampak sama ya dengan beberapa taun lalu waktu bunda kesini juga. Paling ada beberapa species baru disana. Dan mungkin tambahannya sekarang ada perpustakaannya juga di lantai atasnya. Selebihnya kayanya sama deh..

    Abis puas jalan2 di dalem, kita keluar. Liat2 tempat souvenir.. and.. Aki bought Ofal this.. "Topi kepiting.." hahaha.. Ofal lucu ya pake topi kepitingnya. dan tumben2an dia mau pake topi itu agak lamaan. Biasanya dia sebel kalo dipakein topi.

    Abis jalan2, pada kelaperan kita semua.. tadinya mau ke Bandar Djakarta. Tapi buset set.. penuhnyaa.. sampe mau parkir pun susah.. akhirnya kita ke Jimbaran Resto.


    Makanannya enyak2.. Kemaren kita pesen udang saos padang, cumi goreng tepung, ikan kerapu, lobster, sop ikan hiu.. minumnya kelapa muda.. Ga ada foto makanannya.. udah ludes semuaa.. haha.. Tempatnya pun enak.. di pinggir pantai dan outdoor.. emang mengusung konsepnya jimbaran ya.. di pinggir pantai dan terbuka.. Ofal seneng banget lari2 di pasirnya.. Tapii.. hati2!! ternyata harganya MAHAL!!
    untuk ber6 kemaren abis 1,6 juta aja.. weeww.. untung disponsori.. kalo ga udah mewek kali aku makan seafood mahal gitu.. Tapi kata Nin, makanan yang udah di perut pamali diomongin lagi harganya.. ^^

    We have so much fuun... Kapan2 kita jalan2 lagi yaaa... ^^

    O iya ini info buat HTMnya :

    Pintu Gerbang Ancolnya :
    - Pengunjung : 15k IDR/orang, untuk anak di bawah 2 taun : gratiiss.. ^^
    - Kendaraan roda empat : 15k IDR

    Seaworld untuk weekend : 60k IDR, untuk anak di bawah 2 taun : gratis.. dan untuk manula : 35k IDR sajah.. asal nunjukin KTP. Tapi aki ga mau tuh.. gengsi katanya nunjuk2in umur ke orang.. haha..

    Amris with mayo

    Udah lama pengen bisa buat Amris ini.. kenapa? Karena si Ayah, katanya, sering banget makan Amris buatan istri temennya.. hakhakhak.. alasan yang aneh ya? Ho oh.. aku cemburu kayanya. Padahal emang Amris itu jualannya istri temennya itu (halah.. ribet nian). Tapi selama cemburu itu in positive way, maksudnya bisa membuat kita lebih baik lagi (dalam hal ini bisa buat Amris) kan ga apa2 ya? Asal jangan cemburu buta.. ^^

    Wokay.. ga usah panjang lebar.. inilah dia si Amris buatanku... Katanya ayah rasanya enyak.. udah sama (atau hampir sama yaa??) dengan Amris yang suka dia makan...
    hihihi.. mission completed..!!


    Sumber : Fatmah Bahalwan

    Bahan :
    100 gr tepung terigu
    1 sdt garam (aku 1/2 sdt garam)
    3 btr telur
    250 ml susu cair
    1 sdm mentega, lelehkan (aku 1/2 sdm mentega)
    margarine untuk olesan

    Cara membuat :
    1. Ayak terigu taruh dalam mangkuk bersama garam, buat lubang ditengah, pecahkan telur didalamnya, aduk satu arah. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
    2. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
    3. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit
    4. Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan
    5. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat

    Bahan Isi :
    4 lbr Smoked beef, potong kecil 1 x 3 cm
    100 gr keju cheddar parut (aku kejunya dipotong kecil2 aja..)
    4 btr telur rebus, potong kecil
    1 butir telur, kocok lepas
    250 gr tepung panir
    1/2 kg minyak goreng

    Penyelesaian :
    1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus.
    2. Isi juga dengan keju parut, lalu beri mayones (aku pake mayo kurleb 1 sdm), lipat seperti amplop. Sisihkan.
    3. Lakukan hingga kulit habis.
    4. Celupkan risoles isi kedalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
    5. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam. Goreng hingga kuning kecoklatan.
    6. Sajikan dengan saus pedas atau cabe rawit.
    Kemaren sempet buat 2 kali. Yang pertama pake resep asli. Tapi buat ayah, katanya kulitnya keasinan. Jadi aku kurangin deh garam sama mentega cairnya..hehe.. lumayanlah buat cemilan di rumah.. nyam.. nyam..

    ** tanggal di fotonya ganggu ga sih..? :(

    Tuesday, March 1, 2011

    Asisten rumah tangga baru.. ^^

    Perkenalkan.. Asisten rumah tangga baru di rumah kami.. khusus sapu-sapu.. hahaha..

    Belakangan ini, tiap liat sapu bawaannya pengen pegang... Terus niru2 nyapu2 gitu.. Liat aja fotonya.. kaya udah mahir bener nyapu yaaa? ^^
    Kalo udah gede, tetep rajin kaya gini bantu bunda ya sayang.... hehehe..