Tuesday, June 29, 2010

~ 7 bulan ~

Waktu rasanya berjalan bener2 cepet deh.. ga kerasa udah 7 bulan aja mungil kecil ini tinggal bersama kami. Mungil kecil yang bisa membawa kebahagiaan ketika sedih, ketika lelah, ketika jenuh dengan pekerjaan. menyenangkan rasanya ketika pulang dalam keadaan lelah, kemudian berjumpa dengannya.. Rasanya luar biasa.. Naufal our lovely son..

Di bulan ke-7 nya ini,
  • Ofal udah bisa duduk sendiri dengan tegak, tanpa bantuan siapa pun.. Hmm amazing banget deh liatnya.. Rasanya baru kemarin dia lahir, hanya bisa menangis.. dan sekarang udah banyak banget bisanya.. 
  • Mulai bisa rambatan juga.. udah mulai suka pegangan sesuatu dan berdiri sendiri..
  • Ocehannya mulai bertambah.. sekarang lagi suka ngoceh yahayahayah.. tau deh apa dia manggil ayahnya apa bukan.. *jelous mode : on
  • Udah mulai susah kalo mandiin. Dia ga mau diem.. haduuh.. udah cape deh pokonya sekarang kalo mandiin Ofal
  • Udah mulai ngerti kalo mau ditinggal ngantor, kalo bunda udah pake kerudung.. bawaannya pengen digendong.. kalo ga dia bisa mewek.. hehehe..
  • Suka niruin suara bancet.. *suara bancet kaya gimana ya? bunda juga bingung.. =P gitu deh pokonya... ga jelass...
  • Kalo ada orang lewat suka dipanggilin.. "heh.. heh.." gitu..
Pokonya makin nyenengin deh.. udah bisa diajakin maen.. udah mulai ngerti kalo diajakin maen.. ^^
Selamat ulang bulan ke-7 ya anak ayah dan bunda.. semoga sehat selalu... we love u soooo... :*

Friday, June 11, 2010

Nemu "resep keluarga nugraha"

Hari ini lagi browsing2 tentang MPASI. Eh.. tiba2 terperangkap di "resepkeluarganugraha".
Pengen minta ijin ngelink webnya.. Tapi kok contact personnya ga bisa diklik atau gimana ya? :( tapi tetep pengen ngelink nih.. soalnya banyak banget resep2 yang pengen bunda cobain. hehehe...
Jadi post disini deh.. minta ijin link sama yang punya yaaa... mudah2an boleh.. hehehe..

Minta ijin, tapi udah dilink duluan.. gimana dong.. mudah2an ga dimarahin nih sama yang punya blog.. ^^

Tuesday, June 8, 2010

Maem MPASI pertama Ofal

Hmm.. ini udah masuk minggu ke-2 Ofal makan MPASI. So far, alhamdulillah makannya ga susah, mau mau aja.. walaupun kadang suka disembur2. Tapi bunda pikir itu bukan gara2 Ofal ga mau makan atau ga suka dengan makanannya. Tapi emang belakangan ini Ofal emang lagi seneng banget maenin ludahnya sambil sembur2 abruu.. abruuu.. gitu..

Untuk MPASI pertamanya, bunda pilih untuk kasih jenis serealia aja.. kenapa? karena menurut beberapa sumber (salah satunya dari PESAT11 yang kemaren bunda dan ayah ikuti), jenis serealia itu yang paling kecil kemungkinan alerginya. Juga karena rasanya yang plain, bisa mengajarkan anak juga untuk menyukai sayur2an yang kebanyakan rasanya plain.

Kemarin bunda kasih tepung gasol rasa beras merah, kacang merah, sama beras coklat. Dan baru pas hari ke-7 kemaren, bunda coba kasih buah pear. Dan alhamdulillah lagi, ga ada tanda2 alergi. Pupnya juga lancar2 aja.. ga sembelit. Mungkin karena bunda kasihnya masih bubur yang masih encer banget yaa?
Kemaren bunda buat MPASInya dengan komposisi gasol dan air = 1 : 100. Jadi 1 sendok makan tepung gasol dimasak dengan 100 ml air matang. Tus dimasak sampai matang, tapinya masih kekentelan kan? Nahh buat ngencerinnya, bunda campur lagi dengan ASIP. Kemaren bunda kasih lagi ASIP nya sekitar 30ml. Selain buat ngencerin buburnya, pemberian ASIP juga supaya Ofal ga kaget dengan perubahan makanannya yang drastis. Jadi buburnya Ofal masih ada rasa-rasanya ASInya gitu. Lagian dengan ditambah ASIP, berarti makanannya lebih bergizi lagi toh? ^^

Ini pas lagi masak buburnya : pake api yang kecil aja, soalnya tepung ini cepet banget mengentalnya.



Ini penampakan bubur setelah matangnya :

Di makan pertamanya ini Ofal makannya lahap sekali. Makanan yang dimulut belum abis, dia udah ngejar sendoknya minta disuapin lagi. Bahkan mungkin karena bundanya lambat banget nyuapinnya dia sampai mau seruput mangkoknya.. heheheh..

Gini nih cerita Ofal waktu makan kemaren.. menunya Bubur beras merah..

*Klik gambar untuk jelasnya ya.. bundanya masih gaptek nih buat yang gini2an :(

Duh.. duh.. maemnya tetep yang bagus ya nak.. ^^

Tips dalam menyuapi anak versi bunda:
  • Berikan hanya 1 jenis makanan di minggu2 pertama, gunanya untuk mengetahui apakah dia ada alergi untuk satu jenis makanan tertentu atau tidak
  • Kalo buat bunda sih, sebaiknya sambil duduk. Soalnya kalo sambil jalan2 kemana2, apalagi ke taman atau ke jalan, kita ga tau apakah makanannya masih bisa terjaga kebersihannya atau ga. Soalnya kan di luaran sana banyak debunya.
  • Batasi pemberian makan anak hanya 30 menit. Lebih dari itu sebaiknya dihentikan dan diberikan lagi beberapa jam kemudian. Kenapa? Karena makanan yang udah lebih dari 30 menit dibiarkan ga habis pasti rasanya udah ga enak. Kitapun ga akan mau makan makanan yang udah lama kan ya.. apalagi kalo kuah.
  • Jangan memaksa makan si anak. Apalagi nyuapinnya buru2 dan pengen cepet abis. Santai aja nyuapinnya. Soalnya kan makan itu bukan hanya soal mengisi perut doang. Dia juga dalam proses pembelajaran mengenal rasa dan tekstur makanan. Kalo dipaksa, takutnya dia menganggap kalo makan itu tidak menyenangkan, dan jadi trauma. Lebih susah lagi kalo dia ga mau makan terus kan ya? Lagian sampe 1 taun ini kan yang utama masih ASInya.. jadi ga apa2 kalo makannya masih belum banyak.. namanya juga kan belajar... ^^
Hmm... lucunya, semua alat2 pembuatan MPASI yang kemaren bunda list, belum ada 1 pun yang bunda punya. Lagian makan pertama kemaren, pas lagi ada di Bandung pula. Alhasil alat2nya pake punya uti.. hehehehe.. tanpa persiapan sama sekali. Cuman modal nyiapin tepung gasolnya doang. ^^ Untuk menu 30 harinya juga baru mau bunda buat. Emak2 pemalas nih.. :(

Yahh.. gitu deh cerita maem pertamanya Ofal.. semoga Ofal makannya makin pinter ya nak.. Amin.. amin.. amin..

Wednesday, June 2, 2010

S1 ASI eksklusif?




6 bulan umur Ofal, jadi mengingatkan bunda tentang ASI ekslusif 6 bulan yang juga udah terlewati.. Alhamdulillah ya Allah, sudah memberikan hamba ASI yang begitu berlimpah untuk Ofal dan kesempatan untuk memberikan hak Ofal di awal2 kehidupannya yaitu ASI.

Hemhh.. S1 ASI ekslusif.. Bisa ga ya Ofal disebut dengan gelar S1 ASI eksklusif? Soalnya seminggu awal dulu, Ofal sempet minum juga tuh Susu Formula (Sufor). Gara2 bundanya masih oon nih masalah perASIan. :(

Sebenernya udah sedikit tau kalo ada yang namanya ASI ekslusif, tapi semuanya masih dibawa santai.. ga diseriusin dan ga dianggap penting. Dari pihak keluarga juga tidak mempermasalahkan tentang pemberian sufor ini, karena keluarga kami juga dulunya adalah hasil dari produk sufor.

Jadilah, ketika Ofal lahir dan ASI bunda belum keluar, Ofal dikasih sufor. Apalagi waktu itu Ofal sempet kena kuning. Dan katanya pihak rumah sakit, karena Ofal kadar bilirubinnya termasuk tinggi, ga boleh dulu mimi ASI. Bunda iya iya aja karena ga ngerti.. Bunda pikir emang harusnya begitu.. Tapi setelah ikutan seminar PESAT, bunda baru tau.. kalo ASI itu obat dari segala penyakit.. juga untuk penyakit kuning ini. Bahkan ASI itu lebih baik dari Sufor karena bisa lebih mudah dicerna oleh lambung bayi.
Sampe waktu pulang dari rumah sakit pun, kita dibekali sufor, kita bawa dan tambah pula beli 1 kaleng lagi untuk persediaan di rumah.. Sampe 1 minggu Ofal ada di rumah, miminya selalu dimix pake sufor, walo sebenernya sufor hanya pengganti ketika bunda mandi atau lagi ngerjain sesuatu lainnya.
Waktu pake sufor ini, bunda sempet terpana. Ofal dikasih 30ml abis, dikasih 60ml pun abis.. intinya dikasih berapapun selalu abis.. Padahal waktu itu bunda kalo mompa masih sekitar 30ml sekali pompa. Tapi bunda masih ga berpikiran apa2.. bunda mikir, oohh.. miminya emang segitu kali ya.. bunda ga mikir sampe jauh, kalo supply and demand ASInya akan tidak seimbang.

Sampai suatu malem, Ofal rewelnya bukan maen. Pengennya nempel mulu.. mimi.. kalo lagi nenen, dia bisa sampe keboboan.. tapi kalo ditaro dia langsung bangun lagi.. Dari sore gitu terus sampe jam 2 pagi.. Sampe Ayah bilang, mungkin dia laper bun, ASI bunda mungkin ga adaan ya?
tus dibikinlah sufor 1 botol yang langsung dilahap abis sama Ofal. Dan setelah itu Ofal tidur dengan nyenyak.
Kejadian itu bikin bunda tersentak, apa iya ASI bunda ga cukup buat Ofal ya?

Besoknya langsung bertekad. Harus perbanyak produksi ASI!! Browsing2 caranya.. antara laen, dengan makan makanan yang bergizi, banyak makan sayuran dan kuah2an, banyak minum aer putih (dulu sebelum nenenin dan setelah nenenin pasti minum aer putih anget 2 gelas gede). Dan yang paling penting ternyata positif thinking kalo ASI kita mencukupi, mimiin terus ke dedenya dan pompa sesering mungkin.

Sejak itu bunda ga pernah ngasih2 lagi sufor ke Ofal. Bunda nenenin Ofal terus, sampe puting lecet2 (karena waktu itu latch on juga belum bener). Dan alhamdulilah, ASI jadi lebih banyak, dan sampe Ofal sering kesedak waktu mimi.. ^^ alhamdulilah..

Sampe pada saatnya Ofal ditinggal ngantor, stok ASI udah ada sekitar 60 botol di freezer. Dan sekarang sudah mencapai angka 130 botol ex uc @ 100ml. Sampe kulkas 1 pintu udah ga cukup dan terpaksa beli lagi kulkas 2 pintu.. cukup menguras tabungan.. tapi ga apa2 lah yaa.. demi menyimpan susu2nya Ofal.. hehehe...

Lagi2.. apa Ofal pantes ya disebut S1 ASI ekslusif seperti banyak digembor2kan oleh ibu2 laen..? Ahhh.. gelar itu mah ga penting ya? yang penting, Ofal udah bisa dapet haknya selama 6 bulan ini, dan mudah2an bisa nanti 2 tahun atau semaunya Ofal deh.. ^^ amiinnn... Bunda seneng kok nyusuin Ofal.. dan ga bisa ngebayangin kalo nanti Ofal udah menyapih dirinya sendiri.. huhuhu... pasti sedih deh..

Ofal 6 bulan

Align Center



Deuh.. ampuni bundamu ini ya Ofal.. Ulang bulannya udah dari tanggal 25 mei kemaren, uploadnya baru sekarang nih.. huhuhuhu.. masih untung ga dirapel sama Ofal 7 bulanan ya..

Iyaaa... Ofal udah 6 bulan.. finally... Di 6 bulan ini dia udah bisa :
  • Khatam bolak balik badan di kasur. Udah lancar bangettt...
  • Sembur2 ludahnya ^^
  • Onggong2.. horee.. anak bunda pinter..
  • Kadang2 dia juga ngangkat lututnya kaya mau ngerangkak
  • Makin aware sama sekitarnya, apaaa aja diliatin.. paling suka dia liatin daun2an yang goyang2 sama liatin velg roda yang muterrr..
  • Maem MPASI.. ^^ akhirnya ya, Ofal udah bisa maem pake sendok kaya Ayah dan Bunda..
Wehehehehe.. terus sehat dan makin pinter ya Ofal.. Ayah dan Bunda love you sooo much.. mmmuaahhh..