Thursday, July 29, 2010

8 bulan

Photobucket

Alhamdulillah.. Ofal udah 8 bulan.. makin gendud, makin pinter, makin ngerti, makin banyak bisanya, makin bisa nyenengin ayah bundanya. Udah ngerti lagu dan bisa joged juga.. ^^ (tapi belum sempet direkam nih jogednya Ofal)

Di 8 bulan ini, Ofal lagi tumbuh gigi 3 sekaligus. 2 gigi di bawah depan, dan satu gigi di geraham. makanya kemaren2 sempet rewel, bahkan suka ampe nangis sambil tidur. Mungkin lagi ngerasain gusinya sakit ya? Tapi alhamdulilahnya, di masa2 dia tumbuh gigi ini, dia ga rewel soal makan. makannya tetep bagus... malah kalo dikasih food finger dia semangat sekali gigit2. =D

Yang kerasa berat buat bunda, sekarang kalo mau ditinggal ngantor pasti "nangkel" dulu sama bunda, ga mau lepas. Hmm.. jadi berat buat bunda pergi ngantor.. ^^ mudah2an bisa cepet dapet kerjaan yang lebih baek ya fal? Kerjaan di rumah supaya bunda bisa nemenin Ofal, ngurusin Ofal 24 jam sehari 7 hari seminggu full.

Semoga Ofal selalu sehat, makin pinter, makin soleh ya nak.. amin..
Ayah dan bunda sayang Ofal selalu..


** update batpilnya Ofal :
akhirnya setelah kurang lebih 2 minggu, Ofal sembuh juga.. mencoba home treatment aja dan alhamdulilah berhasil. ga minum obat apa2.. dan ga di bawa ke dokter.. padahal orang2 udah ribut aja suruh bawa Ofal ke dokter.. ^^
selalu sehat ya Ofal sayang.. ayah bunda sedih kalo liat Ofal sakit..

Mesranya Ayah dan Ofal

Photobucket

Wednesday, July 21, 2010

Gigi pertama

Horeeee.... Ofal udah ada gigi pertamanya. Tumbuhnya di gusi tengah bawah. Belum terlalu besar sih.. tapi udah mulai keliatan giginya. Sebelumnya ga sadar kalo dia udah ada giginya. proses menyusui masih lancar2 aja. Mulai sadar pas di bandung, Ninnya nyuapin pake sendok alumunium. Terus katanya kerasa "nyakrek" gitu pas gusinya kena sendok. Pas jari bunda dimasukin ke mulutnya Ofal, emang bener aja ada berasa yang keras2 gitu. Pas diperhatiin lagi, hueee emang udah ada putih2nya di gusinya... ^^

Pantesan, belakangan ini dia jadi suka ngeces lagi. Padahal sejak umurnya kurang lebih 5-6 bulan, rasanya dia udah ga pernah ngeces deh..
Gara2 udah tau mulai tumbuh gigi, kok bunda jadi suka ngerasa lebih sakit kalo Ofal lagi nenen suka gigit ya? Apa karna sugesti juga ya..? hmmmm....

Wednesday, July 14, 2010

Batuk Pilek

Iya nih.. Ofal lagi batuk pilek... kalo nafas jadi grok2 an.. Pilek yang ini kayanya agak parah deh.. soalnya sampe ngucur2.. beleleran di bawah idungnya.. Gara2 lendirnya cair gitu, kayanya jadi memicu batuk ya? Soalnya dia juga sekarang batuk yang berdahak gitu...

Hiks kasian liatnya.. sejauh ini home treatmentnya paling cuman :

  • Banyak-banyak dikasih ASI.
  • Dikasih transpulmin balsem bayi di punggung sama dadanya biar anget.
  • Idungnya dikasih sedikit kayu putih, biar kehirup dan bisa jadi agak legaan nafasnya.
  • Tadi malem, idungnya ditetesin breathy, tetes idung buat bayi. Breathy ini terdiri dari NaCl fisiologis yang berfungsi untuk mencairkan lendir. Menurut info dari milis Nakita , Nacl ini bukan obat, tapi larutan yang sama dengan cairan tubuh, sehingga dapat diteteskan pada hidung bayi sesering mungkin tanpa menimbulkan efek samping.
  • Pagi2 jemuran di depan rumah, biar ingusnya makin encer. ^^
Gejala pileknya sih udah dari hari senin kemaren. Udah mulai bersin2. Tapi parahnya ya kemaren malem. sampe dia agak2 rewel. Mungkin berasa banget ga enak badannya. Sampe bobonya pengennya dieyong sambil nenen.

Menurut hasil browsing2 bunda, katanya :

"Suara grok-grok yang biasanya terdengar saat bayi tidur tak perlu dikhawatirkan. Suara tersebut muncul karena ada lendir yang terkumpul di jalan napas bagian atasnya. Selama bayi dapat tidur nyenyak, asupan makan dan minumnya tak terganggu, serta tumbuh kembangnya setiap bulan tampak baik berarti ia hanya terjangkit penyakit ringan. Dahak pada manusia, sebenarnya tidak perlu selalu dikeluarkan lewat mulut karena akan dikeluarkan secara alamiah oleh saluran napas. Contohnya, karena bayi belum memiliki kemampuan untuk meludah, dahak yang sudah keluar di rongga belakang mulut (farings) akan tertelan dengan sendirinya masuk ke dalam saluran cerna."

agak2 menenangkan bunda nih. Ofal masih bisa bobo enak, dia agak rewel kalo kebangun aja. makan dan mimi susunya juga masih lumayan banyak. Kalo mimi susunya berkurang (mungkin karena dia mampet idungnya, susah buat mimi susu), porsi makannya yang ditambah. Dan alhamdulilah dia mau.

Duuh.. mudah2an Ofal cepet sembuh ya nak.. Bunda ga tega liat Ofal segrot2 susah nafasnya.. :(