Thursday, July 26, 2012

Yuks shalat dan ngaji...

Ofal tuh paling seneng kalo dengerin adzan maghrib di tv. Kalo udah nonton adzan pasti dia bakal anteng, diem, tenang... Biasanya kalo adzan gini, Uyut langsung ambil air wudhu dan shalat. Lucunya pas adzannya abis di tv kan Uyut masih shalat tuh, pasti Ofal langsung deketin Uyut dan bilang, "Uyu udah celcai cowatnyaa... " *Uyut udah selesai solatnya..* hihihi.. yang udah selesai shalatnya kan yang di tv nak... :)

Belakangan ini juga Ofal udah mulai sering merhatiin kalo kita shalat. Kadang suka ganggu2.. makanya daripada ganggu2, suka kita kasih sajadah dan sarung, biar Ofal bisa sekalian belajar juga gerakan2 shalat. Sekarang Ofal udah mulai bisa mengikuti sebagian gerakan2 shalat. Biasanya Ofal shalat jamaah sama Ayah. Kalo Ayah takbiratul ikhram, Ofal juga angkat tangannya.. Ayah ruku, ikut ruku.. Ayah sujud Ofal juga ikut sujud.. Cuman liat deh, gaya sujudnyaa.. Tengkurep..!! wkwkkwkw.. Ofal belum bisa sujud kaya ayah... :D gapapa ya, belajar pelan2 ya dee...


Ada kejadian lucu waktu kita shalat taraweh berjamaah di rumah Uti, Sabtu minggu kemarin. Semua sajadah udah digelar, dan sekeluarga udah siap untuk shalat Isya dilanjut shalat taraweh. Tiba-tiba Ofal ngedatengin dan bilang mau ikut shalat. Yo wes lah kita siapin sajadah kecil dan sarung buat Ofal. Tus dia protes aja gitu looo... "Ini mah kecil, ganti yaah"... hahaha.. minta ganti dia sajadahnya dengan yang punya ayahnya. 

Itu awal mula shalat aja kita udah cekikikan. Tus abis itu kita udah mulai shalat, mulailah dia lari2 kesana kemari dan teriak2. Sempet was-was, ga khusyuk juga shalat, takut Ofal pegang yang bahaya atau malah naik ke lantai atas. Soalnya ga ada yang jagain juga. Lupa minta bibi turun dari lantai  atas. Alhamdulilahnya, mungkin bibi denger Ofal lagi gangguin yang pada shalat terus turun ke bawah, jagain Ofal. Sedikit tenanglah shalat, walaupun Ofal masih tetep aja ga mau dipegang sama bibi. Lari-larilah dia bolak-balik ke tempat shalat. Dan bilang mau ikut shalat lagi. 

Dan gongnya itu pas dia udah berdiri di sajadahnya... Tiba-tiba dia ngoceh-ngoceh, "yaaa nyangkut... ocot.. yaaa ocot deeehhh..." ternyata sarungnya Ofal merosot dooong... XD  bunda yang lagi shalat langsung bergerak2 pundaknya nahan tawa. Ga tau deh yang lain. Yang pasti bunda sepanjang shalat itu jadi ga khusyuk. Berasa lagi ikutan acara tahan tawa di salah satu tv swasta itu deeh... Ampuuuunn... :D

Terus belakangan ini juga Ofal lagi seneng merhatiin ayahnya ngaji. Dan bawannya lagi2 pengen gangguin ayahnya mulu. Kita kasihlah dia buku doa yang penampakannya mirip Al-Quran. Tus dia ngikut2 aja duduk di sebelah ayahnya dan ngikut apa yang kedengeran sama dia dan ujung2nya jadi ngoceh2 ga jelas. Ayah baca bismillah, Ofal ngikutin. Alhamdulillah... mudah-mudahan jadi anak yang shaleh ya naak... :)


Kemaren Bunda sempat ke Pasar Baru di Bandung dan beli sajadah dan sarung buat Ofal. Harganya kalo ga salah sekitar 120 ribu rupiah. Mudah-mudahan bisa buat Ofal semakin semangat untuk belajar shalat yaa... :)

Tempat bermain "impian" untuk Ofal

Di rumah ada ruangan yang berukuran 2x1 m2 yang menurut aku ga terlalu berfungsi. Awalnya sih dari developer, ruangan ini diperuntukkan untuk kamar pembantu, yang mana kamar pembantu ini menurut Ayah terlalu kecil. Jadilah untuk kamar pembantu dibuatkan lagi di belakang dengan ukuran agak besar. Terus si ruangan 2x1 m ini, direncanakan jadi mushola. Tapi kok sepertinya ga terlalu berfungsi ya? malah lama2 dijadiin tempat nyimpen barang2 aka gudang.. hahaha.. soalnya orang rumah senengnya ya sholat di kamar masing2..

Tus aku berpikir daripada jadiin gudang (walopun sebenernya kita belum punya gudang), mendingan dijadiin tempat maennya Ofal aja kali yaa..? kebeneran pas lagi blogwalking, nyasar blog ini www.knaehojkarse.blogspot.com. Eh disini nemu design yang bagus banget buat sudut maen plus nyimpen barang2 dan maenannya Ofal. Kek gini nih...





ih ya ampuun bagus banget kan yaa... ngeces banget aku pengen punya yang kaya ginian.. Loh?? kok bundanya yang semangat.. heheh.. cuman emang perlu sedikit bobol tembok sih... :P

Lagi rayu2 ayah nih supaya bisa diimplementasikan.. kebayang nanti maenannya Ofal bisa disimpen rapi disini.. ^_^ 

Tuesday, July 24, 2012

Pas Foto Pertama Ofal

Sebenernya buat foto ini udah lama.. Buatnya waktu mau pendaftaran sekolah Ofal. Hihihi.. Lucu ya.. Untuk playgroup aja perlu pas foto. Kaya mau masuk SD aja.. :D
Waktu fotonya Ofal malah bengang bengong gitu liatin lampunya.. jadilah fotonya kaya giniii.... Cakepnya anak Bunda...  *kecup

Wednesday, July 11, 2012

Sekolah Ofal

Senangnya pas hari Senin, dateng ke kantor dan dapat kabar kalo hari Rabu libur karena ada Pilkada Gubernur DKI... Yeaaayyy...!!! Ini termasuk rezeki ga terduga nih, bisa seharian sama Ofal.. :D hihihi.. padahal kan kalo kita masuknya KTP Bekasi, tapi karena kantor di Jakarta jadinya ikutan libur.. senangnyaa...

Dan akhirnya, hari Rabu libur kemaren kita pake pergi ke sekolah Ofal untuk bayar cicilan terakhir. :) hihihi... Bayarannya masih nyicil nih. Abisan sekolah jaman sekarang yaa, biayanya emang bisa sampe bikin pusing kepala.. :P Tapi demi Ofal sih, ayo ajalahhhh....

Pas kemaren siap2 dibilangin mau diajakin ke sekolah, dia seneng sekali.. tus langsung bilang, "nanti naik pelocotan yaaa..." #perosotan maksudnya...

Eh sebelumnya, belum pernah cerita ya kalo akhirnya Ayah dan Bunda memutuskan untuk masukin Ofal ke Playgroup? Awalnya sih kita berpikir kalo ntar aja deh masukin Ofal sekolah pas TK aja, kalo emang sudah waktunya. Karena kasian aja anaknya udah sekolah di umur2 seharusnya dia bermain. Soalnya tau sendiri, sekolah2 jaman sekarang walaupun TK udah belajar yang berat2... Bahkan masuk SD pun dituntut untuk sudah bisa baca dan tulis. Kan kasian.. (kalau menurut kita loh yaa... mungkin kan tiap orang tua punya pandangan masing2 soal ini)

Tapi belakangan ini, kita liat nih... Ofal kasian juga ya di rumah terus, Ofal jadi agak sulit bersosialisasi dengan anak2 yang umurnya sebaya sama dia (ini menurut pengamatan aku). Kalau sosialisasi dengan orang2 dewasa sih aku rasa Ofal ga ada masalah, Ofal sudah bisa menempatkan dirinya pada saat itu dengan siapa Ofal sedang berkomunikasi. Aku liat mungkin karena selama ini Ofal memang selalu dikelilingi dengan orang2 dewasa yang selalu ngalah kalo main sama dia. Dari situ sih kita berpikir, kita masukkin ke Playgroup aja deh, dengan tujuannya tentu aja lebih banyak untuk bersosialisasi dengan sebayanya dan main2... Setelah survey dan tanya2 tetangga, yaahh mudah2an deh kita ga salah pilih sekolah.. :D

Sebelum ini, waktu pendaftaran, kita bawa Ofal ke sekolahnya. Ga terlalu besar sih memang, tapi menurut aku sekolah ini bersih. Di setiap depan kelasnya ada wastafel untuk cuci tangan. Sebenernya ini sekolah ini ada SD-nya juga. Cuman untuk yang SD dipisahkan gedung sekolahnya dengan TK dan PG nya.

Di bagian depannya ada semacam lobi untuk tempat para orang tua yang nunggu anak2nya. Disini juga dipajang piagam dan piala hasil lomba2 mereka dan juga hasil karya anak2nya.

Lobby Sekolah

Kelas dan Playground

Guru-gurunya juga ramah, sabar dan baik. Mudah-mudahan bisa menangani Ofal di sekolah dengan baik juga. Setiap kelas maksimal hanya 8 orang menurut informasi dari mereka. Kemaren waktu pendaftarannya ada tes masuk, tapi tes masuk ini bukan untuk mengetahui anak ini diterima atau nggaknya disekolah ini. Tapi lebih kepada tes bakat dan minat. Jadi diharapkan setelah mengetahui anak ini termasuk golongan mana, mereka bisa lebih menangani anak ini sesuai golongannya dengan lebih baik dan tepat. Mengenai tes ini nanti akan aku post terpisah... Ini foto waktu Ofal lagi tes bakat dan minat. :D



Dan yang paling penting ada outdoor playgroundnya.. Ini penting buat aku, biar Ofal ga hanya main di dalam ruangan yang ber-AC. Aku pengen dia bisa lari-larian di luar, menghirup udara luar..


Alhamdulilah sih, dari semua kriteria yang aku pengenin dari sekolah Ofal, udah terpenuhi semua. Kriteria aku kemarin sih cuman segini :
  1. Deket rumah
  2. Berbasis Islam
  3. Ga terlalu banyak belajar (mudah-mudahan nih.. karena belum mulai sekolahnya. Karena kadang kurikulum dan prakteknya suka beda)
  4. Gurunya sabar dan ramah
  5. Sekolahnya bersih 
  6. Punya outdoor playground
Kalau kemaren-kemaren beberapa kali ajak Ofal kesana sih dia seneng. Bahkan yang hari Rabu itu Ofal bilang, ga mau pulang bundaa... Sampe harus digendong ajak dia pulang :D Mudah-mudahan Ofal seneng seterusnya ya naak.. Nanti bakal ada lebih banyak teman.. Ofal jangan galak-galak sama temennya yaa... :D

Ah, ga berasa.. anak bayi Bunda sudah besar sekaraaang..... :)