Wednesday, November 17, 2010

Iedul Adha pertama

Sunday, November 14, 2010

tes.. tes..

Tes.. Tes.. Tes.. 1.. 2.. 3.. Ya ampuuun.. 3 bulan aja nih ga update.. Blognya ndak keurus. Salahkan pekerjaan menggunung tak tau waktu yang menyebalkan.. Hiaaaa...!!! Bunda ndak sukaa!! ini lagi nyoba posting pake BB. Berhasil ga ya? Ah.. Dasar gaptek nih.. Mudah2an bisa. Biar bisa post kapanpun dimana pun. Kalo ga males.. Hehehe.. Ngareeep.. Yuks ah dicoba. Tes.. Tes.. Tes.. 1.. 2.. 3..

Saturday, October 9, 2010

Berenang.. Berenang..

Thursday, September 2, 2010

9 bulan,,

Selamat ulang bulan yang ke-9 ya sayang... semoga selalu sehat.. selalu bahagia..

Bercerita tentang perkembangannya Ofal di 9 bulan ini..

yang paling gress, Ofal lagi belajar berdiri nih.. ^^ Jadi awalnya cuman pegangan doang sama bunda, ayah, uyut, atau siapa aja yang ada di deketnya, tus dia lepasin pegangannya.. yang awalnya cuman bisa 1-2 detik, sekarang udah mulai bisa berdiri agak lamaan dengan sedikit joget2nya.. hehehehe..

Tus Ofal udah mulai toilet training. Baru toilet training pupnya aja sih.. kalo pipisnya masih susah karna ga ada tanda2nya kalo dia mau pipis. Kalo pup, tanda2nya udah jelas banget.. didahului dengan bunyi kentut.. (*ups.. sensor ya?) tus mukanya memerah menunjukkan gejala2 ngeden.. hehehe.. kalo udah gitu, langsung deh ngacir, bawa ke toilet, dan biasanya berhasil..
Untuk menunjang toilet training ini, bunda beliin Ofal kloset duduk sambungan yang buat bayi itu loh.. harganya kurleb 30 ribuan aja kalo ga salah.. belinya di Lavie. Lumayan membantu pake ini.. setidaknya pantatnya ga jeblos ke bawah langsung dan dia bisa duduk..
Ini penampakan uji coba, untuk pertama kali di rumah nin..



Di umurnya ini, Ofal lagi2 dapet "tes kesehatan" nih.. Setelah sakit yang kemaren buat bunda was2 itu.. kondisi terupdate Ofal sekarang udah lumayan sehat.. tinggal pileknya.. nafsu makannya juga udah balik normal. apa aja dimakan.. heheh.. seneng bunda liatnya.. alhamdulillah.. lagi2.. alhamdulilah, sehat tanpa ada obat2an yang masuk badannya dia.. harapan bunda dengan menerapkan home treatment ini mudah2an Ofal jadi punya daya tahan tubuh yang lebih tangguh lagi.. walaupun sakit, lebih cepet sembuhnya lagi dan ga perlu obat2an..

Apalagi ya kebisaan barunya.. mmmhh.. *thinking
Udah makin super bawel, udah lancar kesana kemari merangkak, udah mulai rambatan.. segala macem di rambatin.. rak tv, sofa, tempat tidur.. makin jago nonton tvnya.. *sighhhh
Alhamdulilah perkembangan motoriknya cepet..

Apapun itu.. yang penting Ofal tetep sehat ya nak...
Ayah dan bunda love you so.. more and more.. cup.. cup..


Saturday, August 28, 2010

Asma atau bukan ya..?

Baru kemaren sembuh dari batuk pileknya, minggu ini Ofal udah kena batuk pilek lagi nih.. hiks.. awalnya sih cuman pilek doang. Bunda pikir karena kecapean abis pulang dari bandung, dan di bandung emang lagi dingin, ujan terus..
tapi pas pileknya udah berkurang, eh malah dateng batuk.. dan batuknya lebih parah dari batuk sebelumnya. Kali ini pake sesek, kayanya dahaknya susah dikeluarin dan pas batuk sempet sukses bikin Ofal muntah beberapa kali. semua makanan yang masuk keluar lagi deh.. Yang paling bikin panik, pas sesek itu Ofal ngeluarin suara mengi..

Yang langsung terlintas di kepala bunda, apa dia asma yaa? duuuhhh.. jangan sampe... bunda ga mau anak bunda ngalamin apa yang bunda rasain. Jujur aja, punya asma sepanjang hidup itu bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi untuk anak kecil. Banyak sekali hal2 yang dipantang waktu bunda masih kecil dulu. dari mulai ga boleh makan rambutan, durian, makanan manis, chiki2an.. sampe ga boleh melakukan aktifitas sesuka hati, bahkan ketawa kekencengan aja bisa bikin asma bunda kambuh. :( ga rela rasanya kalo Ofal juga ngerasain kaya gitu. Cukup bunda aja deh..

Beberapa hari sempet bunda observasi doang tuh batuk pilek, tapi kok ya pas hari jumat kemaren, muntahnya ampe 3x sehari dan seseknya sampe keluar mengi?
paniklah bunda.. akhirnya diputuskan pengen konsultasi ke dokter. Langsung telp markas sehat, tapi dapetnya hari sabtu no 9, jam 17.45. yaah.. sore banget.. tapi ga apa2lah.. mendingan daftar dulu aja deh..

pas malemnya itu kok Ofal nampak sesek banget ya? ditunggu sampe sabtu pagi kondisinya masih kaya gitu. Sebenernya sih behaviour anaknya masih kaya biasa, masih aktif banget dan ga kaya yang lagi sakit. Bundanya aja nih yang panikan.. :(
jadinya pagi2 itu ke hermina grand wisata lah kita. konsul sama dsa.e*** (kalo ga salah). pas konsul sama dsa. e***, dia bilang ga denger apa2 tuh di parunya2 Ofal dan sepertinya bukan
asma.. alhamdulilah.. cuman sesek doang karna batuknya itu. tapi keluar dari situ dapet oleh2 resep puyer sama obat pilek + pengantar buat nebu..
hmmm bingung lagi lah si bunda yang plin plan ini.. bukan asma, tapi dinebu dengan obat asma. bingung.. takut salah ngambil langkah.. sebenernya ga tega liat Ofal sesek kaya gitu, tapi untuk ngasih obat juga ga mau.. gimana dooongg.. ah dasar.. emak yang tidak benar.. huhuhu.. harus gimanaa?? bukannya bunda anti sama obat2an ya.. secara bunda juga pengguna obat2an.. tapi kalo untuk Ofal, bunda pengen bener2 hati2 kasih obat.

jadinya akhirnya diputuskan nunggu sore juga.. mau tau second opinion, mau ke markas sehat aja.. Sorenya ke markas sehat, dianter sama nin, aki, dan ateu yang kebeneran lagi nengok ofal ke bekasi.
Di markas sehat, ketemu sama dr.Apin. Diagnosa dari dr.Apin juga kayanya bukan asma, soalnya dia juga ga denger suara menginya... diagnosanya sih common cold biasa.. (huhuhu.. alhamdulillah, semoga emang bukan asma). terapinya ya seperti biasa aja. harus meningkatkan daya tahan tubuh anaknya, dan kalo emang sesek pake uap air panas + kayu putih.
Akhirnya Ofal divaksin campak aja.. karena emang udah jadwalnya juga. Lagipula sebenernya batuk pilek bukan halangan untuk imunisasi yaa setau bunda sih..? (tapi yang di rs. hermina, katanya ga boleh vaksin untuk anak yang batuk pilek)

Menurut dr. Apin, sulit untuk mendiagnosa asma pada anak di bawah 1 tahun. Karena bronkusnya (bener ga sih ya? :P) masih sempit, dan kalo ada lendir juga akan berbunyi kaya mengi. Belum tentu anak di bawah 1 taun yang mengi itu asma. Dan indikator untuk mengetahui sesak atau nggaknya si anak, bisa diitung, jika tarikan nafasnya lebih dari 50x/menit, berarti si anak udah termasuk sesak nafas.

Hmm.. udah dapet second opinion lumayan legalah.. ga usah berpikiran terlalu jauh dulu kalo Ofal menderita asma. Karena untuk mengetahui seseorang itu asma atau ga perlu, pemantauan lebih jauh. ga hanya sekedar sekali ketemu dokter dan langsung didiagnosa asma.

Mudah2an ya.. Ofal sama sekali ga pernah, dan jangan kena asma.. amit-amit... ^^

Thursday, August 26, 2010

Ofal in Anyer

Hai.. hai.. akhirnya ada kesempatan untuk bercerita tentang liburan ke Anyer.. Udah agak basi sih, karena kita pergi akhir bulan kemaren.. tapi ga apa2.. semoga masih ada cerita yang masih nempel di kepala bunda yaa.. ^^

Kemaren itu kita sama sekali ga punya rencana buat liburan kemana2 sebenernya.. eh tapi tiba2 ayah bilang, bun.. kita ke anyer yuk sabtu ini.. whoooo.... sebenernya seneng sih.. tapi yang ada di pikiran bunda saat itu.. hmm uangnya cukup ga ya (hahaha.. pikiran emak2 banget ya..), soalnya akhir bulan sih..

Setelah dipikar pikir akhirnya kita memutuskan untuk pergi aja.. lagian ternyata ayah pengen ke anyer karena akung dan uti juga ada acara di anyer.. jadi kita sengaja kesana memanfaatkan waktu biar bisa maen juga bareng akung sama uti.. secara jarang ketemuan karena kita sekarang udah jarang pulang bandung. (2 minggu sekali termasuk jarang apa sering ya? hehe..)

waktu memutuskan ke anyer kita sama sekali ga prepare buat penginapan. mau booking dari bekasi, telp hotel sana sini, katanya udah fully book semua. yo wes, maksa aja deh liat peruntungan disana, sukur2 dapet hotel, kalo ga ya udah bolak balik bekasi-anyer aja deh. makanya itu kita pergi sabtu pagi2, abis mandiin + kasih makan ofal dulu. maksudnya sih biar ga rewel di jalan.
hmm.. bawa ofal jalan2 setelah "agak besar" ternyata lebih bikin lap keringet daripada waktu dia masih umur 6 bulan ke bawah. Dia udah ga mau diem sekarang kalo di mobil. car seat udah ga bisa buat dia diem. dia cuman bertahan 10 menit di car seat dan selebihnya mulai treak2 minta dikeluarin.. cape deh pokonya sekarang.. :P hmm gimana caranya ya supaya bisa membiasakan dia duduk di car seatnya dengan tenang?
Selain itu dia udah mpasi.. jadi kalo pergi kemana2 ya dibawa jugalah segambreng perlengkapan makannya dia.. selain perlengkapan yang biasanya emang dibawa kalo bepergian ke bandung.
Untungnya kemaren perginya serombongan. boyong uyut sama wa eutik juga. jadi ga terlalu repot. ga kebayang deh kalo pergi cuman be3 aja.. gemporrrr.. ^^

Perlengkapan yang di bawa kemaren :
  • sekoper baju2 nya ofal (baju, pospak, sepatu, kaos kaki, slaber, dll)
  • outmeal + buah2an + cemilan. ga tau kenapa ofal doyan banget sama outmeal. kalo makan outmeal, porsi makannya bisa lebih banyak dari gasol atau tepung2an yang laennya.
  • kompor listrik. takutnya dikamar hotel atau cottage yang kita sewa ga ada dapurnya.
  • blender
  • booster. buat tempat duduknya ofal kalo lagi makan.
  • termos makan
  • ban leher
mm.. apalagi ya.. yang inget cuman itu.. ^^ kayanya sih masih banyak yang kelupaan..

sampe sana jam 11an, langsung ke hotel jayakarta anyer, tapi ternyata udah full. dari satpamnya dapet rujukan ke hotel marbella anyer. ternyata di hotel marbella itu ga hanya hotel aja, tapi ada apartemennya. nah kemaren itu kita dapet rujukan untuk yang apartemennya. (untuk cerita tentang tempat kita nginep nanti di post terpisah aja yaa..)

alhamdulilah dapet tempat nginep yang lumayan enak. abis itu istirahat dulu.. bobo siang. dan baru keluar ke pantai sorean. itu juga udah ditungguin sama uti di pantai.

Ini kali pertama kita bawa ofal ke pantai. Perkiraan bunda dia bakal agak2 takut gitu kalo kena ombak. soalnya kalo lagi mandi tus ada air ciprat ke mukanya aja dia ga suka dan bakal mewek.

Tapi di luar perkiraan, dia malah suka banget kayanya sama pasir dan ombak pantai.
Kemaren itu bunda cobain dia berdiri di pantai agak jauh, biar ombak yang kena cuman ke kakinya dia doang. awalnya dia cuman bengong, tapi kakinya lama2 mengais2 pasir.
mulai agak seneng nih keliatannya.. tus bunda ajak dia lebih agak ke tengah lagi. tus bunda dudukin dia di pasir. dia malah seneng banget mainan pasir. anehnya, walo dia pegang2 pasir, pasir itu ga dimasukin ke mulutnya loh. padahal kan dia kalo pegang apapun biasanya langsung deh pengen explore pake mulutnya. dan pas ada ombak yang dateng, kena badannya, dia ga nangis lohhh.. hehhe.. surprising deh..

Kayanya anak bunda emang seneng pantai ya.. yuk.. yuk.. kita ajakin ayah ke pantai lagi fal..

Ini nih.. Ofal waktu maenan pasir sama ombak laut. ga ada foto sama bundanya nih.. hiks..


Photobucket

Thursday, August 19, 2010

Ganti template.. ^^

Hai.. hai.. nih bunda baru ganti template.. padahal lagi banyak kerjaan kantor.. lagi stress berat.. jadi sering mewek gara kerjaan.. :(

Iseng2 buka blog, ahhh.. kepengen ganti template.. dicobalah template yang ini.. modifikasi antara template dari blogger sama dari www.shabbyblogs.com. Oke-oke loh backgroundnya.. bunda juga sampe bingung milih mau yang mana.. hehehe.. masih perlu touching disana sini sih.. tapi nanti aja deh kalo udah ada waktunya.. Ini juga sebenernya pengen post tentang liburan ke Anyer kemaren sama ofal.. tapi lagi2 nanti deh kalo udah senggang...
Dan sekarang.. yuuuuks mari.. kita kerja lagi...

* Ternyata ngutak-ngutik ini bisa jadi refresh otak lagi walau hanya sebentar.. ^^

Thursday, July 29, 2010

8 bulan

Photobucket

Alhamdulillah.. Ofal udah 8 bulan.. makin gendud, makin pinter, makin ngerti, makin banyak bisanya, makin bisa nyenengin ayah bundanya. Udah ngerti lagu dan bisa joged juga.. ^^ (tapi belum sempet direkam nih jogednya Ofal)

Di 8 bulan ini, Ofal lagi tumbuh gigi 3 sekaligus. 2 gigi di bawah depan, dan satu gigi di geraham. makanya kemaren2 sempet rewel, bahkan suka ampe nangis sambil tidur. Mungkin lagi ngerasain gusinya sakit ya? Tapi alhamdulilahnya, di masa2 dia tumbuh gigi ini, dia ga rewel soal makan. makannya tetep bagus... malah kalo dikasih food finger dia semangat sekali gigit2. =D

Yang kerasa berat buat bunda, sekarang kalo mau ditinggal ngantor pasti "nangkel" dulu sama bunda, ga mau lepas. Hmm.. jadi berat buat bunda pergi ngantor.. ^^ mudah2an bisa cepet dapet kerjaan yang lebih baek ya fal? Kerjaan di rumah supaya bunda bisa nemenin Ofal, ngurusin Ofal 24 jam sehari 7 hari seminggu full.

Semoga Ofal selalu sehat, makin pinter, makin soleh ya nak.. amin..
Ayah dan bunda sayang Ofal selalu..


** update batpilnya Ofal :
akhirnya setelah kurang lebih 2 minggu, Ofal sembuh juga.. mencoba home treatment aja dan alhamdulilah berhasil. ga minum obat apa2.. dan ga di bawa ke dokter.. padahal orang2 udah ribut aja suruh bawa Ofal ke dokter.. ^^
selalu sehat ya Ofal sayang.. ayah bunda sedih kalo liat Ofal sakit..

Mesranya Ayah dan Ofal

Photobucket

Wednesday, July 21, 2010

Gigi pertama

Horeeee.... Ofal udah ada gigi pertamanya. Tumbuhnya di gusi tengah bawah. Belum terlalu besar sih.. tapi udah mulai keliatan giginya. Sebelumnya ga sadar kalo dia udah ada giginya. proses menyusui masih lancar2 aja. Mulai sadar pas di bandung, Ninnya nyuapin pake sendok alumunium. Terus katanya kerasa "nyakrek" gitu pas gusinya kena sendok. Pas jari bunda dimasukin ke mulutnya Ofal, emang bener aja ada berasa yang keras2 gitu. Pas diperhatiin lagi, hueee emang udah ada putih2nya di gusinya... ^^

Pantesan, belakangan ini dia jadi suka ngeces lagi. Padahal sejak umurnya kurang lebih 5-6 bulan, rasanya dia udah ga pernah ngeces deh..
Gara2 udah tau mulai tumbuh gigi, kok bunda jadi suka ngerasa lebih sakit kalo Ofal lagi nenen suka gigit ya? Apa karna sugesti juga ya..? hmmmm....

Wednesday, July 14, 2010

Batuk Pilek

Iya nih.. Ofal lagi batuk pilek... kalo nafas jadi grok2 an.. Pilek yang ini kayanya agak parah deh.. soalnya sampe ngucur2.. beleleran di bawah idungnya.. Gara2 lendirnya cair gitu, kayanya jadi memicu batuk ya? Soalnya dia juga sekarang batuk yang berdahak gitu...

Hiks kasian liatnya.. sejauh ini home treatmentnya paling cuman :

  • Banyak-banyak dikasih ASI.
  • Dikasih transpulmin balsem bayi di punggung sama dadanya biar anget.
  • Idungnya dikasih sedikit kayu putih, biar kehirup dan bisa jadi agak legaan nafasnya.
  • Tadi malem, idungnya ditetesin breathy, tetes idung buat bayi. Breathy ini terdiri dari NaCl fisiologis yang berfungsi untuk mencairkan lendir. Menurut info dari milis Nakita , Nacl ini bukan obat, tapi larutan yang sama dengan cairan tubuh, sehingga dapat diteteskan pada hidung bayi sesering mungkin tanpa menimbulkan efek samping.
  • Pagi2 jemuran di depan rumah, biar ingusnya makin encer. ^^
Gejala pileknya sih udah dari hari senin kemaren. Udah mulai bersin2. Tapi parahnya ya kemaren malem. sampe dia agak2 rewel. Mungkin berasa banget ga enak badannya. Sampe bobonya pengennya dieyong sambil nenen.

Menurut hasil browsing2 bunda, katanya :

"Suara grok-grok yang biasanya terdengar saat bayi tidur tak perlu dikhawatirkan. Suara tersebut muncul karena ada lendir yang terkumpul di jalan napas bagian atasnya. Selama bayi dapat tidur nyenyak, asupan makan dan minumnya tak terganggu, serta tumbuh kembangnya setiap bulan tampak baik berarti ia hanya terjangkit penyakit ringan. Dahak pada manusia, sebenarnya tidak perlu selalu dikeluarkan lewat mulut karena akan dikeluarkan secara alamiah oleh saluran napas. Contohnya, karena bayi belum memiliki kemampuan untuk meludah, dahak yang sudah keluar di rongga belakang mulut (farings) akan tertelan dengan sendirinya masuk ke dalam saluran cerna."

agak2 menenangkan bunda nih. Ofal masih bisa bobo enak, dia agak rewel kalo kebangun aja. makan dan mimi susunya juga masih lumayan banyak. Kalo mimi susunya berkurang (mungkin karena dia mampet idungnya, susah buat mimi susu), porsi makannya yang ditambah. Dan alhamdulilah dia mau.

Duuh.. mudah2an Ofal cepet sembuh ya nak.. Bunda ga tega liat Ofal segrot2 susah nafasnya.. :(

Tuesday, June 29, 2010

~ 7 bulan ~

Waktu rasanya berjalan bener2 cepet deh.. ga kerasa udah 7 bulan aja mungil kecil ini tinggal bersama kami. Mungil kecil yang bisa membawa kebahagiaan ketika sedih, ketika lelah, ketika jenuh dengan pekerjaan. menyenangkan rasanya ketika pulang dalam keadaan lelah, kemudian berjumpa dengannya.. Rasanya luar biasa.. Naufal our lovely son..

Di bulan ke-7 nya ini,
  • Ofal udah bisa duduk sendiri dengan tegak, tanpa bantuan siapa pun.. Hmm amazing banget deh liatnya.. Rasanya baru kemarin dia lahir, hanya bisa menangis.. dan sekarang udah banyak banget bisanya.. 
  • Mulai bisa rambatan juga.. udah mulai suka pegangan sesuatu dan berdiri sendiri..
  • Ocehannya mulai bertambah.. sekarang lagi suka ngoceh yahayahayah.. tau deh apa dia manggil ayahnya apa bukan.. *jelous mode : on
  • Udah mulai susah kalo mandiin. Dia ga mau diem.. haduuh.. udah cape deh pokonya sekarang kalo mandiin Ofal
  • Udah mulai ngerti kalo mau ditinggal ngantor, kalo bunda udah pake kerudung.. bawaannya pengen digendong.. kalo ga dia bisa mewek.. hehehe..
  • Suka niruin suara bancet.. *suara bancet kaya gimana ya? bunda juga bingung.. =P gitu deh pokonya... ga jelass...
  • Kalo ada orang lewat suka dipanggilin.. "heh.. heh.." gitu..
Pokonya makin nyenengin deh.. udah bisa diajakin maen.. udah mulai ngerti kalo diajakin maen.. ^^
Selamat ulang bulan ke-7 ya anak ayah dan bunda.. semoga sehat selalu... we love u soooo... :*

Friday, June 11, 2010

Nemu "resep keluarga nugraha"

Hari ini lagi browsing2 tentang MPASI. Eh.. tiba2 terperangkap di "resepkeluarganugraha".
Pengen minta ijin ngelink webnya.. Tapi kok contact personnya ga bisa diklik atau gimana ya? :( tapi tetep pengen ngelink nih.. soalnya banyak banget resep2 yang pengen bunda cobain. hehehe...
Jadi post disini deh.. minta ijin link sama yang punya yaaa... mudah2an boleh.. hehehe..

Minta ijin, tapi udah dilink duluan.. gimana dong.. mudah2an ga dimarahin nih sama yang punya blog.. ^^

Tuesday, June 8, 2010

Maem MPASI pertama Ofal

Hmm.. ini udah masuk minggu ke-2 Ofal makan MPASI. So far, alhamdulillah makannya ga susah, mau mau aja.. walaupun kadang suka disembur2. Tapi bunda pikir itu bukan gara2 Ofal ga mau makan atau ga suka dengan makanannya. Tapi emang belakangan ini Ofal emang lagi seneng banget maenin ludahnya sambil sembur2 abruu.. abruuu.. gitu..

Untuk MPASI pertamanya, bunda pilih untuk kasih jenis serealia aja.. kenapa? karena menurut beberapa sumber (salah satunya dari PESAT11 yang kemaren bunda dan ayah ikuti), jenis serealia itu yang paling kecil kemungkinan alerginya. Juga karena rasanya yang plain, bisa mengajarkan anak juga untuk menyukai sayur2an yang kebanyakan rasanya plain.

Kemarin bunda kasih tepung gasol rasa beras merah, kacang merah, sama beras coklat. Dan baru pas hari ke-7 kemaren, bunda coba kasih buah pear. Dan alhamdulillah lagi, ga ada tanda2 alergi. Pupnya juga lancar2 aja.. ga sembelit. Mungkin karena bunda kasihnya masih bubur yang masih encer banget yaa?
Kemaren bunda buat MPASInya dengan komposisi gasol dan air = 1 : 100. Jadi 1 sendok makan tepung gasol dimasak dengan 100 ml air matang. Tus dimasak sampai matang, tapinya masih kekentelan kan? Nahh buat ngencerinnya, bunda campur lagi dengan ASIP. Kemaren bunda kasih lagi ASIP nya sekitar 30ml. Selain buat ngencerin buburnya, pemberian ASIP juga supaya Ofal ga kaget dengan perubahan makanannya yang drastis. Jadi buburnya Ofal masih ada rasa-rasanya ASInya gitu. Lagian dengan ditambah ASIP, berarti makanannya lebih bergizi lagi toh? ^^

Ini pas lagi masak buburnya : pake api yang kecil aja, soalnya tepung ini cepet banget mengentalnya.



Ini penampakan bubur setelah matangnya :

Di makan pertamanya ini Ofal makannya lahap sekali. Makanan yang dimulut belum abis, dia udah ngejar sendoknya minta disuapin lagi. Bahkan mungkin karena bundanya lambat banget nyuapinnya dia sampai mau seruput mangkoknya.. heheheh..

Gini nih cerita Ofal waktu makan kemaren.. menunya Bubur beras merah..

*Klik gambar untuk jelasnya ya.. bundanya masih gaptek nih buat yang gini2an :(

Duh.. duh.. maemnya tetep yang bagus ya nak.. ^^

Tips dalam menyuapi anak versi bunda:
  • Berikan hanya 1 jenis makanan di minggu2 pertama, gunanya untuk mengetahui apakah dia ada alergi untuk satu jenis makanan tertentu atau tidak
  • Kalo buat bunda sih, sebaiknya sambil duduk. Soalnya kalo sambil jalan2 kemana2, apalagi ke taman atau ke jalan, kita ga tau apakah makanannya masih bisa terjaga kebersihannya atau ga. Soalnya kan di luaran sana banyak debunya.
  • Batasi pemberian makan anak hanya 30 menit. Lebih dari itu sebaiknya dihentikan dan diberikan lagi beberapa jam kemudian. Kenapa? Karena makanan yang udah lebih dari 30 menit dibiarkan ga habis pasti rasanya udah ga enak. Kitapun ga akan mau makan makanan yang udah lama kan ya.. apalagi kalo kuah.
  • Jangan memaksa makan si anak. Apalagi nyuapinnya buru2 dan pengen cepet abis. Santai aja nyuapinnya. Soalnya kan makan itu bukan hanya soal mengisi perut doang. Dia juga dalam proses pembelajaran mengenal rasa dan tekstur makanan. Kalo dipaksa, takutnya dia menganggap kalo makan itu tidak menyenangkan, dan jadi trauma. Lebih susah lagi kalo dia ga mau makan terus kan ya? Lagian sampe 1 taun ini kan yang utama masih ASInya.. jadi ga apa2 kalo makannya masih belum banyak.. namanya juga kan belajar... ^^
Hmm... lucunya, semua alat2 pembuatan MPASI yang kemaren bunda list, belum ada 1 pun yang bunda punya. Lagian makan pertama kemaren, pas lagi ada di Bandung pula. Alhasil alat2nya pake punya uti.. hehehehe.. tanpa persiapan sama sekali. Cuman modal nyiapin tepung gasolnya doang. ^^ Untuk menu 30 harinya juga baru mau bunda buat. Emak2 pemalas nih.. :(

Yahh.. gitu deh cerita maem pertamanya Ofal.. semoga Ofal makannya makin pinter ya nak.. Amin.. amin.. amin..

Wednesday, June 2, 2010

S1 ASI eksklusif?




6 bulan umur Ofal, jadi mengingatkan bunda tentang ASI ekslusif 6 bulan yang juga udah terlewati.. Alhamdulillah ya Allah, sudah memberikan hamba ASI yang begitu berlimpah untuk Ofal dan kesempatan untuk memberikan hak Ofal di awal2 kehidupannya yaitu ASI.

Hemhh.. S1 ASI ekslusif.. Bisa ga ya Ofal disebut dengan gelar S1 ASI eksklusif? Soalnya seminggu awal dulu, Ofal sempet minum juga tuh Susu Formula (Sufor). Gara2 bundanya masih oon nih masalah perASIan. :(

Sebenernya udah sedikit tau kalo ada yang namanya ASI ekslusif, tapi semuanya masih dibawa santai.. ga diseriusin dan ga dianggap penting. Dari pihak keluarga juga tidak mempermasalahkan tentang pemberian sufor ini, karena keluarga kami juga dulunya adalah hasil dari produk sufor.

Jadilah, ketika Ofal lahir dan ASI bunda belum keluar, Ofal dikasih sufor. Apalagi waktu itu Ofal sempet kena kuning. Dan katanya pihak rumah sakit, karena Ofal kadar bilirubinnya termasuk tinggi, ga boleh dulu mimi ASI. Bunda iya iya aja karena ga ngerti.. Bunda pikir emang harusnya begitu.. Tapi setelah ikutan seminar PESAT, bunda baru tau.. kalo ASI itu obat dari segala penyakit.. juga untuk penyakit kuning ini. Bahkan ASI itu lebih baik dari Sufor karena bisa lebih mudah dicerna oleh lambung bayi.
Sampe waktu pulang dari rumah sakit pun, kita dibekali sufor, kita bawa dan tambah pula beli 1 kaleng lagi untuk persediaan di rumah.. Sampe 1 minggu Ofal ada di rumah, miminya selalu dimix pake sufor, walo sebenernya sufor hanya pengganti ketika bunda mandi atau lagi ngerjain sesuatu lainnya.
Waktu pake sufor ini, bunda sempet terpana. Ofal dikasih 30ml abis, dikasih 60ml pun abis.. intinya dikasih berapapun selalu abis.. Padahal waktu itu bunda kalo mompa masih sekitar 30ml sekali pompa. Tapi bunda masih ga berpikiran apa2.. bunda mikir, oohh.. miminya emang segitu kali ya.. bunda ga mikir sampe jauh, kalo supply and demand ASInya akan tidak seimbang.

Sampai suatu malem, Ofal rewelnya bukan maen. Pengennya nempel mulu.. mimi.. kalo lagi nenen, dia bisa sampe keboboan.. tapi kalo ditaro dia langsung bangun lagi.. Dari sore gitu terus sampe jam 2 pagi.. Sampe Ayah bilang, mungkin dia laper bun, ASI bunda mungkin ga adaan ya?
tus dibikinlah sufor 1 botol yang langsung dilahap abis sama Ofal. Dan setelah itu Ofal tidur dengan nyenyak.
Kejadian itu bikin bunda tersentak, apa iya ASI bunda ga cukup buat Ofal ya?

Besoknya langsung bertekad. Harus perbanyak produksi ASI!! Browsing2 caranya.. antara laen, dengan makan makanan yang bergizi, banyak makan sayuran dan kuah2an, banyak minum aer putih (dulu sebelum nenenin dan setelah nenenin pasti minum aer putih anget 2 gelas gede). Dan yang paling penting ternyata positif thinking kalo ASI kita mencukupi, mimiin terus ke dedenya dan pompa sesering mungkin.

Sejak itu bunda ga pernah ngasih2 lagi sufor ke Ofal. Bunda nenenin Ofal terus, sampe puting lecet2 (karena waktu itu latch on juga belum bener). Dan alhamdulilah, ASI jadi lebih banyak, dan sampe Ofal sering kesedak waktu mimi.. ^^ alhamdulilah..

Sampe pada saatnya Ofal ditinggal ngantor, stok ASI udah ada sekitar 60 botol di freezer. Dan sekarang sudah mencapai angka 130 botol ex uc @ 100ml. Sampe kulkas 1 pintu udah ga cukup dan terpaksa beli lagi kulkas 2 pintu.. cukup menguras tabungan.. tapi ga apa2 lah yaa.. demi menyimpan susu2nya Ofal.. hehehe...

Lagi2.. apa Ofal pantes ya disebut S1 ASI ekslusif seperti banyak digembor2kan oleh ibu2 laen..? Ahhh.. gelar itu mah ga penting ya? yang penting, Ofal udah bisa dapet haknya selama 6 bulan ini, dan mudah2an bisa nanti 2 tahun atau semaunya Ofal deh.. ^^ amiinnn... Bunda seneng kok nyusuin Ofal.. dan ga bisa ngebayangin kalo nanti Ofal udah menyapih dirinya sendiri.. huhuhu... pasti sedih deh..

Ofal 6 bulan

Align Center



Deuh.. ampuni bundamu ini ya Ofal.. Ulang bulannya udah dari tanggal 25 mei kemaren, uploadnya baru sekarang nih.. huhuhuhu.. masih untung ga dirapel sama Ofal 7 bulanan ya..

Iyaaa... Ofal udah 6 bulan.. finally... Di 6 bulan ini dia udah bisa :
  • Khatam bolak balik badan di kasur. Udah lancar bangettt...
  • Sembur2 ludahnya ^^
  • Onggong2.. horee.. anak bunda pinter..
  • Kadang2 dia juga ngangkat lututnya kaya mau ngerangkak
  • Makin aware sama sekitarnya, apaaa aja diliatin.. paling suka dia liatin daun2an yang goyang2 sama liatin velg roda yang muterrr..
  • Maem MPASI.. ^^ akhirnya ya, Ofal udah bisa maem pake sendok kaya Ayah dan Bunda..
Wehehehehe.. terus sehat dan makin pinter ya Ofal.. Ayah dan Bunda love you sooo much.. mmmuaahhh..

Sunday, May 30, 2010

Ketawa-ketiwi Ofal

Ini waktu Ofal lagi di rumah Utinya di Antapani.. ^^

Tuesday, May 25, 2010

Lama tak posting

Duhh ya.. lama banget belum posting lagi nih.. ini dikarenakan karena bunda sibuk buk buk.. *halah.. sok sibuk beneeur..

Kemaren2 itu lagi rada ribet.. soalnya kita baru aja pindahan rumah sekitar 3 minggu yang lalu.. sampe sekarang juga masih ribet sih.. abis renovasinya belum beres. Jadi di rumah masih serba kotor dan berantakan. Bikin hati jadi gemes liatnya.. pengen semuanya cepet2 beres.. kasian Ofal juga kalo kelamaan, soalnya banyak debunya dan bising sama suara ketok2 palu kalo siang. Tapi alhamdulilah, so far ofal di rumah barunya ga rewel..

Ditambah lagi ditengah2 adaptasi dan masih beres2 rumah, kerjaan di kantor tiba2 menumpuk. Jadilah ga bisa posting.. :( biasanya masih bisa posting dari kantor..

Padahal lagi banyaaaak banget nih yang pengen diceritain.. Semoga bisa cepet punya waktu yang agak senggang deh buat posting yaa.. hehehe..

nantikan cerita kami yaaa... ^^

Tuesday, April 27, 2010

Mati Listrik..

Kemaren sore, sekitar jam setengah 6an pas lagi di kamar mau boboin Ofal, tiba2 listrik di rumah mati.. Duh.. mana Ofal belum bobo lagi.. Takutnya dia rewel gara panas.. Pas mati listrik itu, yang tadinya dia ribut treak2 langsung diem.. Kok gelap ya? gitu kali ya pikirnya.. huehehehe.. Ternyata untungnya, walo lampu mati dan udara panas banget, Ofal ga rewel. Bunda bawa Ofal ke kamar uyut, biar agak2 terang, soalnya kamar uyut letaknya di depan. Abis itu dinenin sebentar, tus dia bobo deh sambil dikipas2..

Dikira listrik itu mati bakal sebentar.. bunda belom terlalu khawatir sama ASIP2 perah di freezer. Dari yang bunda baca, kalo mati lampu stok ASIP beku di freezer masih tahan kok selama beberapa jam.. Asalkaaannn pintunya jangan dibuka2 ya.. dan kemaren itu bunda ga berani buka2 pintu freezer dan bunda juga wanti2 orang2 rumah jangan sampe buka2 pintu freezer.

Bunda tunggulah itu si listrik nyala.. jam setengah 7, belum nyala juga. Tetangga2 yang pada punya baby juga ngungsi deh di mobilnya masing2 dengan ac. Berhubung ayah belum dateng dari kantor, jadinya Ofal ga bisa ikutan ngungsi deh..

Sampe Ayah dateng kurang lebih jam 7 lewat listrik belum juga nyala. deuuhh.. mulai agak parno sih sebenernya.. Tapi ayah bilang ah jam 8 juga pasti dah nyala kok.. mmm.. agak2 menenangkan hati.. Pas ayah pulang, Ofal kebangun.. mungkin gara2 kepanasan kali ya.. keringetnya keluar banyak.. tus bunda bawa Ofal balik ke kamar bunda sambil ngelonin lagi Ofal. Sampe ketiduran.. hehe..

Bangun2 jam 9!! weleh 3 jam lewat dan belum nyala2 ini si listrik. Udah mulai panik mode on. Udah mulai rewel sama si ayah. Udah mulai dimintain telp ke PLN kapan nyalanya nih listrik. Udah mulai mau marah2..

Eh taunya.. pas nelp PLN, pas nyala tuh listrik.. Deuuuhhh.. bikin sport jantung aja nih.. :( kalo mati lampunya lama, gimana kabarnya ASIP2 bunda? Untungnya dah nyala lagi... dan bunda langsung cek kondisi ASIPnya. Alhamdulillah.. masih beku semua..

Langsung hari ini browsing2 tentang bunda2 laen yang udah pernah ngalamin mati listrik juga..
Tipsnya kalo laen kali mati listrik lagi :
  1. Jangan PANIK.
  2. Kalo ASIP nya ada di freezer, jangan sekali2 untuk buka2 pintu freezernya. Apalagi cuman untuk ngecek masih beku apa nggaknya si ASIP. Soalnya kalo dibuka, udara panas dari luar bisa ngalir ke dalam freezer. Kalo freezernya 2 pintu, katanyaa.. katanya loh ya.. bisa tahan sampe 12 jam tuh.. mm.. bunda juga baru tau soal ini..
  3. Bisa juga ditaro es batu atau blue ice beku di sekeliling ASIPnya. Gunanya buat membantu suhu di sekitar ASIP supaya lebih tahan lama dinginnya.
  4. Kalo kira2 mati listriknya lama, bisa juga hubungi teman2, kerabat, saudara dan handai taulan untuk mengungsikan ASIPnya.
Yah.. I know.. teori sih gampang ya.. tapi tetep aja gilirannya mati listrik, untuk emak-emak yang punya ASIP pasti teteupp panik.. hehehehe..

Mudah2an ga mati2 listrik lagi ah.. Ofal masih ASI ekslusif nihhh..

Monday, April 26, 2010

Persiapan alat2 untuk MPASI Ofal

Bulan depan, 25 Mei 2010 Ofal akan genap berumur 6 bulan, which is means udah akan mulai dengan MPASInya.. Emang... masih sekitar 1 bulanan sih.. Tapi pengennya bunda udah nyiapin semuanya dari mulai sekarang.. Biar nanti pas hari H nya ga bingung.. Untuk persiapannya, bunda lagi banyak baca2 dari blog2 bunda2 yang laen yang anaknya udah maem MPASI lebih duluan daripada Ofal.

Hmmm.. semakin banyak browsing, malah semakin buat bunda bingung nih.. Ternyataa… banyak banget ya barang2 yang dipengenin (lebih tepatnya bunda pengenin ^^) buat mengolah MPASInya Ofal nanti..
Waahh.. harus dibuat prioritas nih kayanya mana yang penting untuk dibeli sekarang, dan mana yang bisa dibeli kemudian (kalo ada rejeki lebih..). Dan yang lebih penting lagi, bunda juga kayanya harus buat proposal untuk ayah nih soal ini, biar ayah mau beliin semua yang bunda pengenin.. mumpung Ofal barusan ulang bulan juga.. boleh dong minta kadonya.. hehehe… ya ayah yaaa… *colek2 ayah…*

 Nah ini nih… list alat2 yang bunda pengenin..
TOP PRIORITY :
  • Pigeon Food Maker. Ini kayanya yang paling penting banget buat punya.. (contekan dari file milis MPASI Rumahan). Fungsinya buat bikin makanan bayi (menghaluskan makanan) secara manual.

  • Feeding set. Merknya apa aja.. asal BPA free. Tus pengennya yang bergambar atau yang warnanya cerah, biar bisa narik minat Ofal juga. Biar Ofal makannya bisa banyaak.. ^^
  • Botol bersendok. Pengennya yang murah meriah BPA free aja.. mungkin Pigeon ya?

  • Slaber plastic, biar ga tembus ke bajunya kalo tumpah2.
  • Alat2 dapur. Alat dapur ini pengennya sih misah dari yang biasa dipake untuk keperluan sehari2. Alasannya biar ga nyampur2 aja rasanya.. halahhh… ^^ iya.. misalnya.. biar untuk makanan Ofal ga pake talenan atau pisau yang bekas motong bawang atau cabe.. Takutnya rasanya itu masih berbekas di talenan atau pisaunya.
1. Talenan (bagusan kayu apa yang plastik ya?)
2. Panci yang bisa buat bikin bubur + ngukus
3. Pisau
4. Pengaduk kayu, buat ngaduk2 kalo bikin bubur
5. Mangkok kecil pyrex yang tahan panas buat ngukus makanan.
6. Container plastik untuk tempat nyimpen tepung Gasol
SECOND PRIORITY :
  • High chair atau booster ya? Bunda pengen sekali membiasakan Ofal, kalo makan ya harus duduk… ga sambil maen apalagi sambil jalan2 kesana kemari. Alasannya selain karena tata krama, dari pengalaman yang bunda liat nih ya.. kalo makan udah sambil maen atau jalan2 itu malah makannya jadi ga konsen dan malah jadi diemut.. mmm.. jadi lama dong nanti acara makannya. Tapi bunda belum tau nih.. mau belinya Highchair atau Booster ya? Kelebihannya Booster ya lebih ringkes aja.. lebih gampang kalo kemana2. Secara kita sekeluarga masih sering bolak balik Bandung nih.. Kayanya agak2 repot ya kalo pake Highchair?
  • Slow cookernya Takahi. Menurut artikel di MPASI Rumahan, slow cooker ini banyak sekali kegunaanya. Terutama untuk emak emak yang malas seperti bunda. Soalnya tinggal cemplung cemplung, tinggal tidur, besoknya jadi dehh.. dan bisa untuk memasak banyaaakk sekali jenis makanan. (katanya loh ya.. bunda belum praktekin sendiri soalnya.. ^^)

  • Hand blender Philips. Fungsinya untuk menghaluskan makanan. Bunda juga baru tau loh kalo blender Philips itu bisa dipakai untuk mixer juga. Walo hanya untuk bikin kue2 yang sederhana aja.

  • Baby cubes. Fungsinya buat ngebekuin makanan dan kaldu. Pengennya yang Japanese House ^^, soalnya kayanya paling pas ukurannya. Ga kegedean, ga juga kekecilan.

  • Food warmer. Yang ini udah punya. Dapet kado. ^^ merknya Crown. Fungsinya untuk ngangetin makanan dan bisa juga buat ngangetin ASIP.
mmm... ternyata banyak sangat yaa? Banyakan sih yang second prioritynya yaa.. hehehe.. Ofaaal.. gimana ini bundamu..? Padahal Ofal mah makan dari mangkok yang sekarang Bunda punya juga ga akan komplen ya? hehehe...

Mungkin dari list ini akan ada yang dikurangi, ato malah ditambah.. hehehe.. Tunggu update-an selanjutnya yaaa.. ^^

Ulang bulan ke-5 Ofal..




Kemaren, 25 April 2010, tepat Ofal berumur 5 bulan..
Di umur 5 bulan ini, Ofal udah makin ndud.. (belum timbang lagi sih berapa, soalnya belum imunisasi lagi.. hehe..), udah makin banyak bisanya..
  • Gemol2nya makin "pinter", makin susah dilepas, tangan sama mulutnya udah kaya magnet deh.. kalo tangannya ditarik mulutnya malah ngikutin terus tangannya.. kadang kalo udah gemol2 bisa sampe keselek tus muntah deh.. :( kalo dipaksa lepas dia bakalan mewek.. hehehe..
    • Tangannya suka "krauk-krauk" kemana2.. kaya kucing yang lagi ngasah kuku..
    • Kalo megang udah kenceng banget.. segala macem pengen dia pegang.. tus dimasukin ke mulutnya..
    • Udah jagoan pegang kaki sendiri.
    • Udah makin lihay tengkurep. Untuk baliknya lagi sih masih tergantung moodnya dia. Kadang bisa kadang nggak. Kalo udah tengkurep dia bisa muter2 180 derajat.. awalnya kepalanya di atas bisa jadi di bawah.. hehe..
    • Kalo mandi pengennya duduk, udah ga mau ditengkurepin.
    • Udah bisa gigit2.. termasuk gigit nen bundanya kalo lagi gemes atau dipaksa nenen.. hiks.. sakit..
    • Makin kenceng ngocehnya.. makin bawel pokonya..
    • Kadang suka marah2 kalo lagi ga mau nen dipaksa nen.. tus suka nutup mulutnya rapet2..
    • udah mulai suka ngunyah2 kalo liat orang laen makan.. sabar ya sayang.. Ofal satu bulan lagi juga insyaallah udah bisa maem .. asyiiiik...!!
    • Udah bisa diajakin ucang-ucang angge.. suka sampe ketawa2 loh.. ^^
    • Udah bisa punya kepengen sendiri. Biasanya kalo pagi2 dia udah treak2 minta keluar dari kamar.
    • Suka "ancul-anculan" kakinya kalo digendong berdiri di atas perut.
    • Kalo didudukin di bouncernya udah ga bisa diem, pengennya duduk tegak ga mau nyender.. Jadi suka takut jatuh.. =(
    • Kalo bobo udah suka miring2 sambil peluk guling kecilnya.. hehe.. lucu deh liatnya.. jadi gemesss...
    mm... apalagi yaa? kayanya masih banyak sih kebisaan2 Ofal yang laennya.. ^^



    Selamat ulang bulan ya anak kesayangan ayah bunda.. semoga makin pinter, makin soleh, tetep sehat..
    Cup cup muah dari Ayah dan Bunda.. We both LOVE U sooo...

    Saturday, April 24, 2010

    Donor ASI

    Berawal dari baca-baca milis ASI FOR BABY, bunda baca sebuah email yang berjudul : Butuh ASI.. help.. untuk seorang bayi laki-laki berumur 4 bulan. Bundanya sakit, jadi ASIP nya drop. Dan dia minta bantuan donor ASI.
    Langsung bunda teringat, entah udah berapa puluh botol ASIP Ofal yang berakhir di tempat cuci piring, dengan alasan freezernya udah kepenuhan. Duuh.. langsung muncul perasaan bersalah. Di saat bayi-bayi di luaran sana masih banyak yang membutuhkan ASI, bunda malah buang2 ASIP.
    Spontan bunda tanya sama ayah.. boleh ga kalo bunda pengen mendonorkan ASI Ofal untuk bayi itu. Insyaallah bisa bermanfaat. Ayah juga setuju. Jadii.. oke deh, bunda langsung repply email dari mbak Mia bundanya Athar (bener ga ya nulis namanya? ^^), menawarkan ASIP Ofal. Mbak Mia dengan senang hati menerima.

    Sampai akhirnya, kita janjian di rumah bunda. Mbak Mia orangnya ramah, dia bawain kue2 buat bunda.. Bunda mah seneng2 aja nih dapet kiriman kue.. hehehe.. Ternyata dia juga bawa anaknya. Ternyata Athar itu anak ke-2nya. And u know what? Athar ini agak2 mirip sama Ofal. Sama ndutnya dannn sama rambutnya.. hehe.. adanya cuman di ujung kepalanya to.. Sampe ibu tetangga sebelah nyapa.. dikiranya itu Ofal hehehe... Cuman kalo Athar anaknya kalem banget, beda sama Ofal yang ga mau diem. Mbak Mia ini bener2 usaha banget nyari2 ASIP buat Athar, bahkan sampe ke Bandung pun dijabanin.. mmm.. What a great mom..Ofal juga sempet ketemu nih sama saudara barunya, tapi berhubung dia udah ngantuk berat, pas Athar dateng Ofal langsung tepar dengan suksesnya.
    Setelah ngobrol ngalor ngidul, akhirnya transaksi pun dilakukan.. Dan sekitar 30 botol uc @100ml pun berpindah tangan.
    Alhamdulilah.. mudah2an cocok ya.. mudah2an Athar suka, mau mimi susunya... mudah2an jadi manfaat.. Alhamdulilah juga, bunda ga buang2 ASIP minggu ini. Mudah2an ASIP bunda masih tetep akan banyak, supaya bisa terus bantu bayi2 laen yang kekurangan ASI.
    Ofal sayang.. bunda minta ijin ya.. ga apa2 ya, sebagian susunya Ofal bunda kasih ke temennya Ofal. Insyaallah ASI buat Ofal akan selalu cukup ya..
    Untuk donor ASI ini, bunda juga bukan tanpa pertimbangan. Bunda juga coba cari2 informasi mengenai donor asi ini.
    Yang pertama mengenai syarat untuk menjadi seorang donor ASI dari segi kesehatan.
    Menurut Mia Sutanto, SH, LLM, Konselor Laktasi. Artikelnya diambil dari http://aimi-asi.org/
    • HIV/AIDS
      Walaupun penelitian terbaru yang dilakukan telah menemukan bahwa apabila seorang ibu yang positif HIV menyusui secara eksklusif bayinya selama 6 bulan, maka justru akan menurunkan resiko penularan terhadap bayinya, namun dalam hal berbagi ASI, seorang ibu yang positif HIV tidak dianjurkan untuk mendonorkan ASI (kekhawatiran terhadap resiko penularan serta efek sampingan dan terapi pengobatan yang sedang dijalankan). Di luar negeri, ASI donor secara rutin di-pasteurisasi, karena virus HIV dapat di non-aktifkan dengan memanaskan ASI pada suhu derajat yang tinggi. Pasteurisasi dapat juga dilakukan di rumah

      Hepatitis B dan C
      Secara teori, memang ada kemungkin resiko penularan virus Hepatitis B dan C, tetapi ini hanya akan terjadi apabila ASI yang didonorkan terkontaminasi oleh darah seorang ibu yang menderita penyakit tersebut (kontaminasi darah dalam ASI yang disebabkan, misalnya, oleh putting luka/lecet).

      TBC
      Resiko penularan TBC melalui ASI donor hampir tidak ada, kecuali apabila ibu yang mendonorkan ASI menderita infeksi TBC yang memang terlokalisasi di daerah payudara, kasus yang sangat jarang terjadi. Resiko penularan TBC pada seorang bayi yang sedang menyusu akan terjadi ketika ibunya yang terinfeksi dengan penyakit tersebut bernafas atau batuk tepat di muka bayinya, sehingga partikel-partikel TBC akan terhirup langsung oleh bayi. Penularan tidak terjadi melalui ASI.

      CMV (cytomegalovirus) dan HTLV (human T lymphotropic virus)

      Seorang ibu yang terinfeksi dengan CMV, maka ada kemungkinan ASI-nya juga mengadung virus tersebut sehingga timbul resiko penularan terhadap bayinya. Namun demikian, karena manfaat pemberian ASI jauh melebihi resiko penularan itu sendiri (resiko penularannya tergolong kecil), dan karena ASI mengadung zat-zat antibodi yang melindungi terhadap penyakit CMV, maka ibu yang terinfeksi CMV tetap dianjurkan untuk terus menyusui bayinya. Untuk donor ASI, ibu yang terinfeksi dengan CMV tidak dianjurkan untuk menyumbangkan ASI-nya.

      Sama dengan kasus seorang ibu yang menderita penyakit HIV/AIDS dan CMV, seorang ibu yang terinfeksi HTLV juga tidak disarankan untuk menyumbangkan ASI-nya. Namun demikian, HTLV-1 (dan seluruh sel-selnya) akan musnah dalam jangka waktu 20 menit dengan memanaskan pada suhu 56°C (atau dalam jangka waktu 10 menit pada suhu 56°C), atau membekukan pada suhu -20°C selama 12 jam. (56 May JT. Molecular Virology: Tables of Antimicrobial Factors and Microbial Contaminants in Human Milk. Table 7: Effect of heat treatment or storage on antimicrobial factors in human milk).

      Rokok, Narkoba dan Alkohol
      Penting untuk mengetahui apakah ibu yang mendonorkan ASI adalah seorang perokok, sering mengkonsumsi alkohol (kurang dari 1 gelas per hari biasanya dianggap aman – tetapi alkohol dapat menyebabkan gangguan tidur pada bayi), dan mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang besar (lebih dari 1-2 cangkir perhari – dapat menyebabkan bayi menjadi rewel). Penggunaan seluruh jenis narkotika dan obat-obatan terlarang adalah tidak aman.

      Obat-obatan

      Sebagian besar obat-obatan yang dijual secara bebas maupun yang diresepkan oleh dokter adalah tergolong aman, dan daftar obat-obatan yang termasuk tidak aman bagi seorang ibu yang menyusui sangat pendek. Contoh obat-obatan yang aman termasuk antibiotika, obat asma, tiroid dan anti-depresan. Untuk referensi tingkat keamanan obat-obatan yang dikonsumsi oleh seorang ibu menyusui, dapat menggunakan buku karangan Thomas Hale, berjudul “Medications and Mothers Milk”, atau gunakan daftar yang diterbitkan oleh AAP (American Academy of Pediatrics) (The Transfer of Drugs and Other Chemicals Into Human Milk — Committee on Drugs 108 (3): 776 — AAP Policy), atau gunakan LactMed Search. Catatan, bank ASI yang terdapat di luar negeri sebagian besar tidak menerima donor ASI dari seorang ibu yang sedang mengkonsumsi obat-obatan maupun seorang ibu yang merokok.
    Bunda ga mengidap satupun dari penyakit di atas. Bunda juga ga memakai narkoba dan alkohol juga ga merokok. Dan selama menyusui ini, bunda juga amat sangat menjaga asupan obat2an bunda. Kalo ga sakit banget banget, bunda ga akan minum obat. Terkecuali obat ASMA ya.. Obat itu bener2 nyawa bunda deehh.. tapi meskipun gitu, obat ASMA kan termasuk obat yang aman digunakan untuk busui kan..? Jadi menurut pertimbangan bunda, ASI bunda masih termasuk layak untuk didonorkan.
    Tadi waktu bunda mendonorkan ASIP Ofal, bunda juga sempet merasa ga PD dengan kualitas dari ASI yang akan didonorkan. Tus bunda cobain dulu ke Ofal, dan dia mau.. berarti ASI nya masih baik-baik aja kan ya.. Soalnya kan kalo ASI nya udah basi, pasti Ofal juga ga mau.. Bunda juga cerita ke mbak Mia tentang kondisi ASIP2 perah Ofal. Supaya ga ada yang ditutupi aja..
    Yang kedua mengenai hukum saudara sepersusuan.
    Mengenai hal ini, masih ada pro dan kontra. Yang satu menyebutkan bahwa dengan si bayi minum ASI dari ibu lain baik itu langsung maupun tidak, maka bayi tersebut secara otomatis telah menjadi bayi susunya. Sedangkan pendapat lain mengatakan, jika si bayi tidak menyusu langsung maka tidak bisa dikatakan si bayi itu menjadi bayi susunya.
    Hmm.. Allahuallam ya... Tapi bunda mencoba mengantisipasi hal ini dengan cara mendonorkan ASIP Ofal hanya kepada bayi laki2 saja.. Bukannya pilih kasih yaa.. tapi hal ini salah satu cara untuk meminimalisir masalah yang mungkin kelak akan timbul dengan adanya hukum saudara sepersusuan.
    Setelah baca2, bunda makin yakin untuk donor ASI ini. Selama niat kita baik, kita bisa dan tidak melanggar aturan yang ada.. kenapa ngga? ya kan?

    Tuesday, April 20, 2010

    Iseng


    Lagi iseng karena ga ada kerjaan di kantor.. Jadilah foto ini.. ^^ Foto anak kesayangan bunda..


    Digital Scrapbooking at WiddlyTinks.com
    Photo Tinks by WiddlyTinks.com

    Monday, April 19, 2010

    Cerita Ofal pegang kaki

    Tadi pagi.. sebelum bunda pergi ke kantor..

    "Bunda... Ofal udah bisa pegang kaki sendiri nih.. Bunda mau liat ga?"
    "Masa sih? Mana coba? Bunda liat..."



    "Nih Bunda... Ofal udah bisa kan??"




    "Yaahh.. susah ya bundaa...? Ini copot melulu pegangannya..."
    "Ayo coba lagi.. Ofal pasti bisa..."
    "Ughhh.. kakinya jauh bunda..."



    "Horeee bundaa.. nih ofal udah bisa lagi pegang kaki sendiri.."
    "Iya.. anak Bunda hebaatt.. ^^!!!"



    Hueheheh.. anak bunda udah pinter pegang kaki sendiri nihh... Cium dulu ahhh...

    Smooocccchhh.. ^o^

    Friday, April 16, 2010

    Naufal Ikrar Sulistyo

    Foto dengan Ayah dan Bunda

    Percaya ga sih..?? Ofal belum punya foto sama ayah dan bunda bertiga? Adanya cuman sama Ayah aja.. atau sama Bunda aja..

    Eh ada deng.. foto kita bertiga waktu wisudaannya Om Rully. Tapi itu juga cuman satu.. nanti dishare juga deh.. ^^

    Nah ini nih foto kita..

    Ini foto Ofal sama Bunda..

    Foto ini diambil waktu kita ikutan family gathering sama temen2 Ayah. Ofal waktu itu umurnya baru 2 bulan 2 minggu.. tapi udah jalan-jalan aja ya...?? huehehehe.. kan Ofal sama dengan Ayah dan Bundanya.. hobinya jalan-jalan...
    Yaa.. Ofalnya lagi bobo nihh.. cape abisnya ya nak? diajakin jalan2 sama aybun..



    Tus yang ini foto Ofal sama Ayah.

    Kalo yang ini Ofal umurnya masih 1 bulan 3 minggu... jaketnya sama nih sama Ayah.. keren yaa?
    (narsis mode : on) ^^


    Yuk Ayah.. Ofal.. kita foto bertiga lagi yuk... ^^

    Thursday, April 15, 2010

    The first posting

    Sebenernya udah lama banget nih bunda kepengen punya blog untuk nyeritain semua yang terjadi di hidupnya bunda, keluarganya bunda, terutama tentang perkembangan anaknya bunda.. Niatnya udah sejak Ofal masih di dalam kandungan.
    Tapi apalah daya.. niat tinggalah niat.. karena rasa malas, ga pernah jadi2 deh punya blognya.. hehehe..

    Tapi belakangan ini, bunda lagi sering blogwalking nih.. mulai deh kepikiran lagi kepengen punya blog lagi.. walo sebenernya ga ada bakat nulis nih.. Bundanya "panasan" nihh...

    Sooo.. here we come..

    Mudah2an ga cuman keinginan sesaat ya.. dan bisa terus mengabadikan setiap special moment dan setiap detik perkembangan Ofal yang ga akan dateng 2 kali..

    Please enjoy.. ^^