Monday, May 30, 2011

Taman Suropati (Lagi..)







**Aku lagi seneng nih.. masuk2in foto ke template scrapbook kaya gini.. Lucu yaa? Ini dapet dari blognya mbak Ina nih.. Makasih ya Mbaak.. Aku jadi ketagihan nih.. hehehe..


Kondangan yuuuk..

Hari Sabtu kemaren kita ke kondangan nikahan temen kantornya Ayah di daerah Bekasi Barat. Bingung, Ofal dipakein apa yaa? Pake kemeja, tapi kemejanya Ofal tangan panjang semua.. Kasian ah kalo dipakein tangan panjang, soalnya acaranya siang.. Pasti gerah banget deh... Eh inget.. kayanya punya kemeja batik tangan pendek oleh2 Aki dari Jogja. Belum pernah dipake.. 

Abis mandi, mamam, tus siap2.. dipakein baju batiknya.. Ow.. oww.. nampak udah mulai kekecilan..  bagian perut bawahnya udah mulai susah dikancingin.. Ofal  ndut perutnya sihhh.. =P Yaaah.. ga kepake lama nih. Padahal masih ada beberapa kemeja batik lagi yang juga belum dipake..

Hihihi.. Ofal lucu banget deh dipakein batik Ganteng anak bundaaa...  ^_^

Sebelum ke tempat acara, jemput dulu temen2 Ayah di kantornya.. Awalnya ketemu temen2nya Ayah, Ofal sempet malu2.. cuman liat, tus senyum2.. eh.. tapi ga lama, udah bawel lagi aja loo..!! Malahan ada satu temen Ayah, namanya om Acep gendong Ofal pas di tempat kondangan. Tus Ofalnya ga mau lepas gitu dari gendongannya. Nangkel ajaa.. Diajakin gendong sama Ayah Bunda nya ga mau.. T_T dasarrr...



Disana sempet ketemu juga sama anak2 temennya Ayah. Tus ada satu  namanya Kian, anaknya Om Erik. Anaknya kaleeem banget.. Awalnya baek2 aja, sampe pas Ofal treak kenceng.. eh Kian nangis tanpa suara gitu.. Sediiih banget keliatan mukanya..Tus sempet diem.. Ofal treak lagi, Kiannya nangis lagi! Bunda jadi ga enak hati gitu sama mamanya Kian.. Jadi Bunda bawa kabur aja Ofal dari situ..  takut buat Kian nangis lagi.. Hahaha.. dasar nih bocah, abis emang lagi senengannya treak2.. :D

Pas disuapin sama nasi dan sop, Ofal makannya lahap banget.. Sambil liat lampu dekor kelap-kelip, tus tangannya kaya mau manggil cicak gitu.. abis gitu tepok tangan liat lampunya..  Pinternya anak Bunda. Mamamnya banyaaak.. Bundanya deh yang seneng.. hehehe..

O iya.. Buat temennya Ayah yang nikah, Om Dimas.. Selamat menempuh hidup baru yaa.. Semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah dan warahmah... Amiieen..




Thursday, May 26, 2011

Sarapan bareng..

Sejak udah bisa duduk sendiri di booster makannya, Ofal pasti diusahain selalu ikutan sarapan bareng Ayah Bunda di meja makan. 
 
Awalnya sih supaya kita juga bisa ngerasain quality time di pagi hari. Soalnya kan Ayah kadang pulang pas Ofal udah bobo. Jadi kapan lagi bisa bareng sama Ofal kalo ga pagi2 sebelum berangkat kerja? 

Selain itu emang supaya ngebiasain juga makan bareng2 di meja makan. Jujur aja di keluarga Bunda tuh ga ada tradisi makan bareng di meja makan. Kalo mau makan ya masing2 aja, kalo laper makan, dan makannya pun di ruang keluarga sambil nonton TV. hehehe.. eh tapi di keluarga Ayah ga gitu. Kalo di keluarga Ayah, sebisa mungkin kalo waktunya makan itu, semua anggota keluarga ngumpul, makan bareng di meja makan, sambil cerita2. Kerasa banget deh keakrabannya. Mungkin itu juga yang Ayah mau terapin di keluarga kecil kita.

Kalo sarapan, Ayah makan, Bunda ngopi susu (ga biasa makan berat pagi2), tus Ofal suka kita kasih lauknya. Ceritanya ngemil2 gitu di pagi hari deh.. ^_^ Soalnya jadwal makannya Ofal sekitar jam setengah 8an abis dia mandi. Sementara kita sarapan mulai jam 6an. Ayah masuk kerja jam 7 sih.. huehehe.. Pagi bener ya? 

Cemilannya biasanya ya lauknya kita, kaya perkedel, tahu ato sosis. Tus ga kita suapin. Biarin aja jadi ajang belajar makan sendiri. Kadang kita kasih sendok, kadang ga.. Jadi istilahnya Baby Led Weaning (BLW) "curi2" hehehe...   

Awalnya sih tuh makanannya cuman diudek2 aja pake tangan atau sendok. Tus ujung2nya dilempar2 ke lantai.. :P Tapi sekarang2 udah mulai bisa makan pake sendok, walo kebanyakan tetep aja dilempar ke lantai.. Gapapalah.. Kan kalo ga kotor ga belajar yaa..? Yang penting prosesnya.. ^_^ Tus sekarang Ofal juga udah bisa minta kalo dia mau makanan atau minuman yang ada di meja makan..

Eh kemaren2 Bunda pas baca majalah Ayahbunda baca nih sedikit info tentang "Di balik Makan Bersama.." Ini Bunda copas yaaa.. 
"Acara makan bersama keluarga bermanfaat besar bagi anak asma. Prof. Dr. Barbara H. Fiese, psikolog anak dari University of Illionis Urbana-Champaign (AS), menyebutkan, interaksi efektif selama paling tidak 18 menit di antara sesama anggota keluarga membuat asma anak lebih jarang kambuh, fungsi paru2nya menjadi lebih baik, sehingga kualitas hidup meningkat. Syaratnya, orang tua dan balita duduk bersama dalam satu meja, terlibat aktif dalam percakapan."
Ofal ga asma sih... Mudah2an nggaaak.. *ketok2 meja*

Selain itu manfaat makan bersama, ngutip dari sini :
  1. Makan bersama memberikan dampak yang positif untuk perkembangan anak. Keluarga yang rutin makan bersama terbukti erat rasa kebersamaannya.
  2. Dari percakapan yang terjalin pada saat makan bersama, akan timbul saling memberi perhatian dan muncul lah rasa sayang, kepercayaan, hangat, nyaman dan aman.
  3. Dengan makan bersama memberikan kesempatan untuk anak belajar sopan santun, bagaimana seharusnya bersikap bila sedang makan. Contoh : mengunyah yang baik sehingga tidak menimbulkan suara berdecap. Beri contoh oleh orangtua terlebih dahulu kemudian mintalah anak untuk belajar mengikuti. 
  4. Belajar memberikan kesempatan pada anak untuk berpartisipasi memilih menu makanan yang diinginkan.
Sebenernya mungkin hal2 itu bisa aja didapet dari selain makan bersama ya.. Cuman untuk keluarga kita yang agak2 susah jadwal ketemunya, pergi  kerja pagi sampe rumah malem. Sampai saat ini masih mencoba memanfaatkan segala waktu yang ada buat bareng2, termasuk waktu sarapan ini.. ^_^

Ini nih foto waktu sarapan tadi pagi... ^_^

Tuesday, May 17, 2011

Imunisasi MMR

Sebenernya Ofal imunisasi MMR ini waktu umur 15 bulan.. Cuman baru sekarang nih sempet update. Ini juga karena Fajar (temen kantor) kemaren sempet nanya Ofal udah imunisasi MMR apa belum. Lagian seminggu kemaren ini lagi lumayan sibuk training di kantor juga. Pergi pagi pulang malem, untungnya sampe rumah Ofal selalu belum bobo.. Nungguin Ayah sama Bundanya dulu kali ya? hehehe.. Jadi masih bisa maen2 dulu sama Ofal sebelum bobo.

Awalnya sempet ngerasa ragu2 juga mau ngasih imunisasi MMR ini sama Ofal. Soalnya isu2 yang beredar di luaran sana banyak yang bilang kalo imunisasi ini salah satu pencetus autis pada anak. Yang udah ngasih imunisasi MMR pun banyak yang nunggu sampe anaknya udah lancar ngomong dulu baru dikasih imunisasi. Dan masalahnya pas umur 15 bulan itu (waktu anjuran untuk dikasih imunisasi MMR ini) Ofal belum bisa ngomong. Baru bisa ngomong beberapa kata aja. Tapi setelah googling dan juga dapet dukungan dari dsa nya (dia ga mempermasalahkan kalo Ofal udah bisa ngomong apa belum ^^), kita semakin yakin kalo kita akan kasih imunisasi MMR ini untuk Ofal. Soalnya takut juga kalo penyakitnya dateng sebelum kita imunisasi. 

Ini hasil rangkuman googling tentang imunisasi MMR.

Vaksin MMR adalah vaksin 3-in-1 yang melindungi anak terhadap campak, gondongan dan campak Jerman dan disuntikkan sebanyak 2x. Vaksin tunggal untuk setiap komponen MMR hanya digunakan pada keadaan tertentu, misalnya jika dianggap perlu memberikan imunisasi kepada bayi yang berumur 9-12 bulan. 

Suntikan pertama diberikan pada saat anak berumur 12-15 bulan. Suntikan pertama mungkin tidak memberikan kekebalan seumur hidup yang kuat, karena itu diberikan suntikan kedua pada saat anak berumur 4-6 tahun (sebelum masuk SD) atau pada saat anak berumur 11-13 tahun (sebelum masuk SMP).

Campak menyebabkan demam, ruam kulit, batuk, hidung meler dan mata berair. Campak juga menyebabkan infeksi telinga dan pneumonia. Campak juga bisa menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti pembengkakan otak dan bahkan kematian. 

Gondongan menyebabkan demam, sakit kepala dan pembengkakan pada salah satu maupun kedua kelenjar liur utama yang disertai nyeri. Gondongan bisa menyebabkan
meningitis (infeksi pada selaput otak dan korda spinalis) dan pembengkakan otak. Kadang gondongan juga menyebabkan pembengkakan pada buah zakar sehingga terjadi kemandulan. 

Campak Jerman (
rubella) menyebabkan demam ringan, ruam kulit dan pembengkakan kelenjar getah bening leher. Rubella juga bisa menyebakban pembengkakan otak atau gangguan perdarahan.

Imunisasi MMR juga diberikan kepada orang dewasa yang berumur 18 tahun atau lebih atau lahir sesudah tahun 1956 dan tidak yakin akan status imunisasinya atau baru menerima 1 kali suntikan MMR sebelum masuk SD.
Dewasa yang lahir pada tahun 1956 atau sebelum tahun 1956, diduga telah memiliki kekebalan karena banyak dari mereka yang telah menderita penyakit tersebut pada masa kanak-kanak.

Pada 90-98% orang yang menerimanya, suntikan MMR akan memberikan perlindungan seumur hidup terhadap campak, campak Jerman dan gondongan.
Suntikan kedua diberikan untuk memberikan perlindungan kuat yang tidak dapat dipenuhi oleh suntikan pertama.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh masing-masing komponen vaksin :

Komponen campak : 
  • 1-2 minggu setelah menjalani imunisasi, mungkin akan timbul ruam kulit. Hal ini terjadi pada sekitar 5% anak-anak yang menerima suntikan MMR.
  • Demam 39,5 derajat Celsius atau lebih tanpa gejala lainnya bisa terjadi pada 5-15% anak yang menerima suntikan MMR. Demam ini biasanya muncul dalam waktu 1-2 minggu setelah disuntik dan berlangsung hanya selama 1-2 hari. Efek samping tersebut jarang terjadi pada suntikan MMR kedua. 
Komponen gondongan

Pembengkakan ringan pada kelenjar di pipi dan dan dibawah rahang, berlangsung selama beberapa hari dan terjadi dalam waktu 1-2 minggu setelah menerima suntikan MMR. 

Komponen Campak Jerman
  • Pembengkakan kelenjar getah bening dan atau ruam kulit yang berlangsung selama 1-3 hari, timbul dalam waktu 1-2 minggu setelah menerima suntikan MMR. Hal ini terjadi pada 14-15% anak yang mendapat suntikan MMR. 
  • Nyeri atau kekakuan sendi yang ringan selama beberapa hari, timbul dalam waktu 1-3 minggu setelah menerima suntikan MMR. Hal ini hanya ditemukan pada 1% anak-anak yang menerima suntikan MMR, tetapi terjadi pada 25% orang dewasa yang menerima suntikan MMR. Kadang nyeri/kekakuan sendi ini terus berlangsung selama beberapa bulan (hilang-timbul).  
  • Artritis (pembengkakan sendi disertai nyeri) berlangsung selama 1 minggu dan terjadi pada kurang dari 1% anak-anak tetapi ditemukan pada 10% orang dewasa yang menerima suntikan MMR. Jarang terjadi kerusakan sendi akibat artritis ini. 
  • Nyeri atau mati rasa pada tangan atau kaki selama beberapa hari lebih sering ditemukan pada orang dewasa. 
  • Meskipun jarang, setelah menerima suntikan MMR, anak-anak yang berumur dibawah 6 tahun bisa mengalami aktivitas kejang (misalnya kedutan). Hal ini biasanya terjadi dalam waktu 1-2 minggu setelah suntikan diberikan dan biasanya berhubungan dengan demam tinggi. 
Keuntungan dari vaksin MMR lebih besar jika dibandingkan dengan efek samping yang ditimbulkannya. Campak, gondongan dan campak Jerman merupakan penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi yang sangat serius. Jika anak sakit, imunisasi sebaiknya ditunda sampai anak pulih. 

Imunisasi MMR sebaiknya tidak diberikan kepada:
  • anak yang alergi terhadap telur, gelatin atau antibiotik neomisin
  • anak yang 3 bulan yang lalu menerima gamma globulin
  • anak yang mengalami gangguan kekebalan tubuh akibat kanker, leukemia, limfoma maupun akibat obat prednison, steroid, kemoterapi, terapi penyinaran atau obati imunosupresan.
  • wanita hamil atau wanita yang 3 bulan kemudian hamil. 

Dan ini hasil googling tentang autisme :

Autisme adalah suatu gangguan perkembangan anak berupa gangguan interaksi sosial dan komunikasi (bukan semata-mata gangguan berbicara) dan biasanya muncul pada usia 1-3 tahun. Tanda2 autisme biasanya muncul pada tahun pertama dan selalu sebelum anak berusia 3 tahun. Autisme 2-4 kali lebih sering ditemukan pada anak laki2. 

Penyebab pasti autisme tidak diketahui. Penelitian terbaru menitikberatkan pada kelainan biologis dan neurologis otak, termasuk ketidakseimbangan biokimia, faktor genetik dan gangguan kekebalan. Beberapa kasus mungkin berhubungan dengan:
  • Infeksi virus (rubella kongenital atau cytomegalic inclusion disease)
  • Fenilketonuria (suatu kekurangan enzim yang sifatnya diturunkan)
  • Sindroma X yang rapuh (kelainan kromosom). 
Penderita autisne klasik memiliki 3 gejala :
  • gangguan interaksi sosial
  • hambatan dalam komunikasi verbal dan nonverbal
  • kegiatan dan minat yang aneh atau sangat terbatas

Tentang isu yang bilang kalo vaksin MMR ini dapat menjadi pencetus terjadinya gejala autis. Hmm.. kalo menurut yang aku baca, hal ini disebabkan karena gejala autis (misalnya kemampuan bicara yang belum lancar) biasanya timbul pada saat anak berumur 12-18 bulan. Hampir sama dengan waktu anjuran pemberian vaksin MMR yaitu 12-15 bulan. Makanya seringkali orang menyangkutpautkan antara MMR ini dengan Autis. Belum lagi ada yang bilang juga kalo vaksin ini mengandung zat pengawet thimerosal yang bisa membahayakan otak bayi. Penelitian membuktikan kalo kadar thimerosal dalam vaksin amat rendah. Setelah divaksin, kadar merkuri dalam darah tidak meningkat dan thimerosal dibuang melalui pup. Selain itu merkuri  dalam thimerosal bukan merkuri aktif yang bisa merusak ginjal, saraf atau otak. Sampai saat ini, katanya.. katanya loh yaa.. hehe.. belum ada penelitian yang bisa membuktikan hubungan antara pemberian vaksin MMR dengan autisme.Dan lagi kalo emang MMR bisa bikin jadi autis, pasti Organisasi Kesehatan Dunia sudah melarang pemberian vaksin ini. Ya kan ya?

Vaksin diciptakan untuk bisa mencegah penyakit2 yang potensial menimbulkan penyakit dan komplikasi yang berat, yaitu yang bisa menyebabkan cacat bahkan kematian. Vaksin ini juga ditemukan setelah melalui penelitian yang memakan waktu yang lama dan biaya yang sangat besar. Tujuan utamanya untuk menentukan keampuhan dan memastikan keamanan vaksin. Dipilih dosis terkecil yang paling efektif merangsang pembentukan antibodi protektif, dan ditentukan juga jadwal yang paling ideal dalam merangsang terbentuknya kadar antibodi yang terbaik. Oleh karena itu sebaiknya imunisasi apapun mengikuti waktu yang sudah dianjurkan. 

Setelah browsing2 makanya makin mantep untuk ngasih vaksin MMR ke Ofal. Abisnya kalo liat akibat dari penyakit2, yang harusnya bisa dicegah sama vaksin MMR ini, serem banget! Walopun sebenernya dengan divaksin pun ga bisa mencegah 100% kalo si anak ga akan sama sekali kena penyakitnya, tapi at least kalo kena pun (amit-amit..) ga akan separah kalo anak yang ga divaksin sama sekali.

Tapi soal pemberian vaksin ini sih ya balik lagi ke orang tua masing2 loh yaa.. Soalnya kan tetep yang tau terbaik untuk anaknya ya orang tuanya. Emang lebih baik untuk cari info2nya lebih dulu sebelum memutuskan segala sesuatu untuk anak kita yaa.. Dan menurut aku, yang terbaik untuk Ofal ya dengan kasih Ofal vaksin MMR ini. ^_^

Sumber : 
  1. http://mommiesdaily.com/2010/10/05/imunisasi-mmr-autisme/
  2. http://medicastore.com/penyakit/43/Autisme.html
  3. http://afie.staff.uns.ac.id/2008/12/13/vaksin-mmr-menyebabkan-autis/ 
  4. http://medicastore.com/penyakit/81/Imunisasi.html
  5. Q&A Smart Parents for Healthy Children, dr. Purnamawati S.
  6. dan lain2 yang kelupaan linknya.. ^_^ maap...




Friday, May 6, 2011

Pancake

Kemaren iseng, pengen sarapan yang manis2 gitu... Pikir2 ah coba buat pancake ah.. hehehe.. sebelumnya aku belum pernah buat pancake.. *malu.. 

Tus akhirnya browsing2 resep dan dapetlah resep pancake praktis dari sini. Buatnya gampang loh dan bahannya pun ga ribet...


Bahan:
100 g tepung terigu
1 sdt penuh baking powder
50 g gula halus
200 ml susu cair (aku pake dancow yang diseduh)
1 sdt garam
3 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya

Pelengkap:
Maple syrup (aku pake susu kental manis, ga punya maple syrup)
Mentega,
Irisan buah, seperti apel atau pisang (aku skip, ga punya)

Cara membuat:
  1. Campur tepung, baking powder, gula, susu, garam dan kuning telur hingga licin dan rata. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur hingga kaku.
  3. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan terigu, aduk rata.
  4. Panaskan wajan dadar antilengket, olesi sedikit minyak.
  5. Tuangkan 1 sendok sayur penuh adonan ke dalam wajan. Masak hingga kedua sisinya matang.
  6. Taruh di piring saji. Sajikan hangat dengan pelengkapnya.
Kemaren buat untuk aku sama nenek aja. Masih ada sisa, aku simpen adonannya di kulkas, dan buat sarapan lagi hari ini. Cuman untuk hari ini aku pake toppingnya selai blueberry.. Hmm.. Sarapan yang mudah dan simpel buatnya tapi enyaaakk.. ^_^


Thursday, May 5, 2011

Perangkat Memompa Asi

Waktu berlalu emang ga berasa ya? Rasanya baru kemaren aku bangun tiap malem, begadang mompa ASI untuk miminya si cilik Ofal. 

Kalo inget2 waktu itu kadang suka berasa kangen deh.. Malem2 bangun, tus pake pompa medela mini elektrik dengan suaranya yang dahsyat. Untungnya Ofal sama Ayah kalo bobo ga gampang kebangun dengan suara2 berisik gitu.. heheh.. 

Dulu jadwal mompa aku ada sekitar 5-6 kali sehari :
  • Tengah malem sekitar jam 1 atau jam 2
  • Subuh
  • Kalo pagi2 nenenin langsung
  • Di kantor sebelum makan siang sekitar jam 11
  • Di kantor sebelum pulang sekitar jam setengah 4 sore
  • Jam 7an, kalo aku pulang Ofal masih bangun nenen langsung, kalo ga pompa
  • Sebelum tidur sekitar jam 10an
Alhamdulillah ASI aku termasuk lancar.. Apalagi kalo abis makan bubur kacang ijo buatan uyut.. Deres banget deh.. Makanya kalo ASI lagi seret aku selalu minta uyut buatin bubur kacang ijo buat boost ASI lagi. Selain bubur kacang ijo, yang bikin ASI banyak ya minum air putih..

Perangkat2 di bawah ini nih yang bantu banget aku mompa ASI. Secara aku ga bisa merah ASI pake tangan. Pengen bisa deh. Pernah cobain merah ASI pake tangan tapi susah.. ASI nya jadi kemana2, jadinya sayang.. Tus mana abis itu pegel banget.. =P


No1.Cooler bag + blue ice medela. 
Ini buat aku recomended banget deh.. Kalo bawa dari pagi, pas pulang ngantor sore masih dingin tuh blue icenya. Walo udah agak2 mencair. Ukurannya juga pas untuk mompa seharian di kantor. Walo sekarang udah ga pompa ASI lagi, tapi masih dipake juga. Sekarang dipakenya untuk bawa kaldu atau makanan beku buat Ofal kalo keluar kota.

No2 dan 3. Alat pompa ASI nya.
Ini aku sampe punya 3 biji nih di rumah..
  • Yang pertama punyanya pigeon. Awalnya mikir nyari yang murah aja ahh.. Pake ini enak juga sih, ga terlalu sakit pas nariknya. eh tapi taunya lama2 pegel juga ya.. =P lagian kalo di kantor kan kayanya perlu yang cepet gitu mompanya. Kadang ini aku pake gantian sama yang minel kalo lagi ga pengen ribut mompanya.. =P
  • Tus karena temen2 kantor kebanyakan pake minel (mini elektrik) jadi akupun latah deh beli.  Pake minel ini awalnya suka sakit pas narik, tapi lama kelamaan kebal.. hehe.. Enaknya karena pumpingnya ga pegel.. Tus lebih cepet waktu pumpingnya. Cuman karena di kantorku, tempat pumpingnya ga ada colokan listrik, jadilah hambur banget batere. Tus karena udah sering jatoh, jadinya daya isepnya berkurang banget..
  • Gara2 minelnya rusak, aku cari2 lagi breastpump lain. Tus liat rekomendasi di inet, katanya yang swing ini enak pakenya.. Jadilah aku beli yang swing.. =P kesimpulan dari ketiga breastpump ini, yang paling enak yang medela swing.. daya isepnya kuat, tapi ga sakit pas narik. Tus awalnya ada kaya isapan yang pelan gitu, yang bisa memancing ASI keluar banyak.. Enak deh pokonya.. ^_^
No4. Botol ASI bekas UC1000. 
Ini aku beli di online shop twinklebunny.multiply.com. Online shop ini recomended deh. Aku baru transfer pagi, eh sore pas aku pulang kantor udah sampe aja.. ^_^ Di rumah sampe ada sekitar 150 botol ini. Ga aku buang. Takutnya nanti kepake untuk anak kedua. hehehe..

No5. Hasil perahan ASI. 
Alhamdulillah bisa mencukupi sampe Ofal umur 1 tahun. Kalo sekarang aku udah ga mompa lagi, abis keseringan home office dan nenenin Ofal langsung di rumah.. Tapi gara2 ga pernah mompa lagi, ASI aku jadi berasa deh berkurangnya.. =( Kesalahan fatal emang. Mudah2an nanti anak kedua bisa lebih baek lagi breastfeedingnya.. hehe..

Dan yang ga kalah pentingnya freezer untuk simpen ASIP nya dan sterilizer. Tapi aku cuman mensteril segala perangkat ini dirumah aja. Abis ga mungkin banget kalo sterilisasi di kantor. Di kantor abis pake cuman dicuci aja pake aer keran. Bismillah aja kalo Ofal ga kenapa2.. 

So sekarang, selamat tinggal sementara teman2 (baca : alat mompa ASI). Makasih udah nemenin aku kemana2 selama setaun ini.. ^_^  daaan... sampe jumpa di tugas selanjutnya untuk bantu pompa ASI untuk adenya Ofal yaaa... (halaaah.. masih jauh kali... =D) 

Tuesday, May 3, 2011

Jalan-jalan Ayah..

Emang bener2 deh, minggu ini Ofal makin keliatan pinternya.. Kaya tadi pagi, tingkahnya Ofal bikin Bunda tercengang.. Wah.. udah bisa ya Ofal kaya gitu? =P

Jadi kan tadi pagi Ayah masih di depan komputer, lagi bantuin Bunda backup data komputer Bunda. Tus Ofal coba ngerecokin Ayah, dan Ayah masih tetep sibuk di depan komputer. Tus taunya, tiba2 Ofal ngilang dan balik2 bawa sepatunya dia.. Sepasang lagi, dan bener pula pasangannya yang itu. Tus Ofal kasih ke Ayahnya, dan dia bilang, "Nji.. Nji.." Yang artinya pergi.. pergi.. Tus Bunda bengong sebentar dan langsung ngakak.. Bangga banget rasanya.. Ofal udah bisa ngerti meminta. Dia minta dipakein sepatu dan minta diajakin jalan2 sama Ayahnya.. Hihihi.. lucuu.. Dan Ofal keliatan seneng banget waktu digendong sama Ayah keluar rumah.. Ih Ofal pinter deeeh.. ^_^

Baceo-nya Ofal

Seminggu belakangan ini, keliatan banget kalo perbendaharaan kata2nya Ofal bertambah. Padahal sebelum2nya Ofal masih kaya males gitu untuk ngomong. Kalo mau sesuatu cuman rengek2 sambil nunjuk2 aja. Tapi belakangan ini Ofal udah bisa ngomong lumayan beberapa kata.

Contohnya :
  • Ayah : ini udah jelas banget deh Ofal ngomongnya. Yang seneng ya ayahnya.. =P
  • Nda : kadang2 Ofal udah bisa bilang nda.. tapi kadang2 doang.. :(
  • Cica : cicak
  • Nji : pergi
  • Ngi : lagi
  • Ao : halo

    Ofal juga udah bisa kalo liat telpon tus bilang sambil pura2 telpon," Ao Ayah.." hehehe..  ga sabar untuk bisa denger Ofal baceo (baca : celoteh) kata2 yang laennya.. 

    Tus ada cerita lain. Ofal kayanya udah bisa mengingat sesuatu dengan jelas. Kan gini.. Biasanya bunda atau uyutnya suka nyanyiin cicak2 di dinding. Tus pas ada cicaknya gitu kita suka becandain.. Mana cicak yang nakalnya? Tus sambil suka pukul pahanya Ofal pelan sambil bilang, "Emh ah!" ceritanya cicak yang nakalnya itu kita pukul. 

    Tus kemaren waktu lagi di mobil, sambil dengerin mp3 lagu anak2. Kebetulan pas lagi lagu cicak2 di dinding. Tus tiba2 Ofal pukul pahanya sendiri dan bilang, "emh ah!!" Eehh.. Ofal inget aja kalo kita suka nyanyiin lagu itu dan suka pura2 pukul pahanya pelan.. hahaha.. Lucu... =P  

    Ayo tetep pinter ya sayang..  ga sabar untuk menanti polah tingkah Ofal yang lucu lainnya.. ^_^

    Eits.. Eits..!!

    Hari ini ada cerita lucu.. tentang apalagi kalo bukan tentang si kecil Ofal. =)

    Seperti biasa, kalo pagi bunda selalu langsung nyalain tv untuk nonton berita pagi. Nah pas bunda lagi nonton, posisi Bunda itu munggungin Ofal. Ofal sendiri lagi duduk di sofa. Tus tiba2 bunda kaya denger bunyi2 aneh gitu. Pas liat, ternyata Ofal lagi coba untuk ambil toples kue dari kaca yang ada di meja. 

    Spontan bunda bilang, "eits.. eits..!!" Tus Ofal langsung jauhin tangannya dari toples itu. Tus sambil liat bunda tiba2 tangannya ke depan dan ngacungin telunjuknya.. Kaya kalo orang lagi bilang, "awas.. awas..!" hahaha.. Lucu.. Jadi sebelum bunda bilangin, Ofal udah sadar duluan dan langsung ngacungin telunjuknya tanda ga boleh.. =D ya ampuuun, ternyata segede gini tuh udah mulai ngerti ya dibilangin.. ^_^

    Ofal kaya gitu soalnya uyutnya suka acungin telunjuk juga kalo lagi larang Ofal acak2 lemarinya uyut.. Ampun, udah jago banget niru deh ini bocah.. hehehe..

    Monday, May 2, 2011

    30 April 2011 -- Ulang taun Nin

    Sebenernya ulang taunnya pas tanggal 30 April kemaren. Cuman karena keluarga dari Antapani juga lagi ada wisudaan om Adit, jadi makan2 syukurannya dimundurin jadi hari Minggunya. 

    Hari Minggu itu, abis kelar urusan beres2 (suapin Ofal, mandiin Ofal, nungguin Ofal bobo dulu) di Antapani, sekitar jam 11an kita berangkat ke Margahayu. Rencananya mau makan2 syukuran ulang taun Nin di rumah makan sunda di daerah Soreang.. hehe Jauh aja yaa? Pengen cari suasana yang laen dari biasanya.. ^_^ Yang ikut semua keluarga besar dari Nin.. Ramee.. sayang te Achie, te Afi sama om Ogi ga bisa ikut. Lagi banyak tugas sekolah katanya. Om Rully yang lagi di Jogja sama teu Uwit yang lagi di Banyuwangi ga bisa ikut. Hihihi.. Jangan ngiri yaa om dan tante.. =D

    Sampe sana ternyata waiting list aja.. Harus nungguin saung2 lesehan yang kosong dulu. Disini emang tempatnya ada 2 macem. Ada yang pake meja kursi kaya di restoran biasa, dan ada yang pake saung2 lesehan gitu. Kita pilih yang lesehan soalnya bisa lebih bebas, dan dibawah saungnya itu ada kolam ikannya, jadi lebih enak aja pemandangannya. Sambil nungguin ada saung kosong, Ofal maen ayunan dulu sama Bunda. =P


    Setelah beberapa menit nunggu, alhamdulillah dapet tempat juga.. =D Langsung pesen2 makanan. Udah pada laper soalnya..  Tus sambil nungguin makanannya dateng, kita tiup lilin dan potong kue dulu. Kue ulang taunnya dibeliin Akung sama Uti. Makasih yaaa Akung dan Uti.. Kuenya dari Bawean dengan rhum, kesukaan Nin.. Enyaak.. ^_^ Lucunya.. yang ulang taunnya Nin, tapi yang potong kue dan tiup lilinnya Ofal.. hehehe.. dia seneng banget tuh.. Kaya dia yang lagi ulang taun.. =P


    Happy B'day Nin!!

    Ga lama makanannya dateng.. Asyik!! dan langsung diserbu.. Ofal makan sama sop, ga terlalu banyak.. mungkin karena ga enak perut dan makanannya cepet dingin soalnya udaranya emang lagi dingin abis ujan.. :(

    mari makan.. ^_^

    Sebenernya dari acara kaya gini, yang dicari bukan makan2nya... Tapi moment kebersamaan dengan keluarga besar yang langka banget.. Walo kita sering pulang Bandung, tapi ga setiap pulang Bandung bisa ketemu dengan formasi yang lengkap. Kaya sekarang ini, om dan tantenya ga bisa ikut. Sampe kemaren waktu om ditelp pulang dari Jogja, baru sampe Jakarta, om bilang pengen banget bisa ikut gabung kita kumpul2 disini.. Hehehe.. Kangen ya om? Hmm mudah2an.. di pertemuan selanjutnya, formasinya bisa lebih lengkap lagi yaaa...

    Badeway... Happy B'day ya Nin.. Semoga Nin sehat terus, selalu diberikan kebahagian dan berkah selalu.. Amien.. Love youu... ^_^







    Wisuda Om Adit

    Sabtu minggu kemaren lagi2 kita ke Bandung.. Hehe.. Sering banget ya ke Bandung.. Iya soalnya kemaren Om Adit diwisuda.. Jadi kita sempetin untuk dateng.. Wisudanya Sabtu pagi, jadi kita pulang ke Bandung dari Jumat malem. 

    Sebenernya kita ga ikutan juga sih pas acara wisudanya. Abis kasian Ofal juga kalo harus nungguin di tempat wisuda. Takutnya dia kecapean dan jadi rewel pas acara foto keluarganya, kaya waktu wisudaan Om Rully waktu itu. Jadinya kita janjian langsung di tempat fotonya. 

    Rencananya mau foto di Papyrus. Eh ternyata buat foto ini belum dibooking. Wah kalo foto musim wisudaan gini belum booking, alamat lama nungguinnya. Jadinya kita pergi rada pagian buat booking dulu, dan dapet yang jam setengah 2. Selesai booking masih sekitar jam 11an dan acara wisudaannya belum beres. Males nunggu di Papyrus dan perut keroncongan (untung Ofal udah disuapin dulu sebelumnya), kita akhirnya memutuskan kita nungguin di baso Mandeep Istiqomah aja deh.. udah lama juga ga pernah makan baso malang disini.. :)

    Dengan pakaian komplit (baca : kebaya dan kerudung yang dirias), aku pede2in aja makan baso di Mandeep. Secara kan Mandeep warung baso pinggiran jalan gitu, bukan resto. Batin aku pasti diliatin orang2 deh.. :( Sampe sana langsung pesen, dan bener aja selain banyak yang liatin ,tiba2 ada anak kecil yang bilang gini, "Ma.. ada penganten mau makan!" Hahaha.. Buset daah.. Disangkain penganten bo.. =D

    Abis makan pas masuk waktu dzuhur, jadi sekalian Ayah salat dulu di Istiqomah. Disini Ofal bolak balik naik turun tangga, sampe Bundanya capeee.. x( Abis salat langsung capcus lagi ke Papyrus. Ternyata yang laen udah pada sampe..

    Sampe sana Ofal langsung liat2 kolam ikan, tus maen2 ayunan sama Akung.. Untungnya ada maenan juga yang bisa dipake bebas sama pengunjung. Jadi Ofal ga bosen nungguin waktunya foto.


    Di Papyrus ini enak tempatnya. Selain ruang tunggu indoor, di belakangnya ada teras dengan pemandangan halaman lumayan luas plus kolam ikan kecil, yang bisa dipake buat nunggu juga. Jadi walo banyak orang ga terlalu sumpek. Disini ada beberapa anak2 kecil yang lari2. Tus halaman belakang ini, yang kadang2 dijadiin studio outdoornya, ada properti yang bisa dipake buat foto2 sendiri. ^_^


    Karena ngeliat ada background dengan wallpaper lucu di depan, ga tahan pengen foto2.. Narsis! ^_^


    Dulu waktu Ofal umur 7 bulanan, pernah difoto anak disini. Mainannya banyak juga, waktu itu ada bola besar, mobil2an, boneka dll. Sayangnya disini ga disediain kostum2 gitu. Tapi fotografer dan pengarah gayanya sabar dan biarin Ofal eksplore yang dia mau. Jadinya hasilnya bagus... Kaya candid gitu..

    Akhirnya..! Setelah nunggu beberapa jam, yang katanya dapet setengah 2, tapi tetep aja jadinya sore2 juga fotonya.. =(, kita dapet giliran foto juga.. Horray..!!! =D Eh kita kemaren foto ber3 lagi..  Ayah, Bunda sama Ofal. Nambah dua kali pose. Hehehe.. Nambah 30k IDR per fotonya, udah dapet softcopy dan foto sebesar 8R. Lumayan kaan.. ^_^ Kalo untuk paket wisudaannya Om Adit kemaren ngambil yang 5 pose, dapet CD softcopynya + foto ukuran biasa, dan dapet juga foto ukuran 20R plus bingkainya. Harganya 350k IDR aja.

    Dan ini dia nih, pemeran utamanya yang diwisuda.. Om Adit..


    Selamat ya Om Adit.. Udah diwisuda.. Semoga selalu sukses, cepet dapet kerjaan yang baik dan sesuai dengan hati, dan tetep ga bosen untuk selalu belajar.. ^_^  Amiiieen...