Peluang bisnis

Thursday, May 5, 2011

Perangkat Memompa Asi

Waktu berlalu emang ga berasa ya? Rasanya baru kemaren aku bangun tiap malem, begadang mompa ASI untuk miminya si cilik Ofal. 

Kalo inget2 waktu itu kadang suka berasa kangen deh.. Malem2 bangun, tus pake pompa medela mini elektrik dengan suaranya yang dahsyat. Untungnya Ofal sama Ayah kalo bobo ga gampang kebangun dengan suara2 berisik gitu.. heheh.. 

Dulu jadwal mompa aku ada sekitar 5-6 kali sehari :
  • Tengah malem sekitar jam 1 atau jam 2
  • Subuh
  • Kalo pagi2 nenenin langsung
  • Di kantor sebelum makan siang sekitar jam 11
  • Di kantor sebelum pulang sekitar jam setengah 4 sore
  • Jam 7an, kalo aku pulang Ofal masih bangun nenen langsung, kalo ga pompa
  • Sebelum tidur sekitar jam 10an
Alhamdulillah ASI aku termasuk lancar.. Apalagi kalo abis makan bubur kacang ijo buatan uyut.. Deres banget deh.. Makanya kalo ASI lagi seret aku selalu minta uyut buatin bubur kacang ijo buat boost ASI lagi. Selain bubur kacang ijo, yang bikin ASI banyak ya minum air putih..

Perangkat2 di bawah ini nih yang bantu banget aku mompa ASI. Secara aku ga bisa merah ASI pake tangan. Pengen bisa deh. Pernah cobain merah ASI pake tangan tapi susah.. ASI nya jadi kemana2, jadinya sayang.. Tus mana abis itu pegel banget.. =P


No1.Cooler bag + blue ice medela. 
Ini buat aku recomended banget deh.. Kalo bawa dari pagi, pas pulang ngantor sore masih dingin tuh blue icenya. Walo udah agak2 mencair. Ukurannya juga pas untuk mompa seharian di kantor. Walo sekarang udah ga pompa ASI lagi, tapi masih dipake juga. Sekarang dipakenya untuk bawa kaldu atau makanan beku buat Ofal kalo keluar kota.

No2 dan 3. Alat pompa ASI nya.
Ini aku sampe punya 3 biji nih di rumah..
  • Yang pertama punyanya pigeon. Awalnya mikir nyari yang murah aja ahh.. Pake ini enak juga sih, ga terlalu sakit pas nariknya. eh tapi taunya lama2 pegel juga ya.. =P lagian kalo di kantor kan kayanya perlu yang cepet gitu mompanya. Kadang ini aku pake gantian sama yang minel kalo lagi ga pengen ribut mompanya.. =P
  • Tus karena temen2 kantor kebanyakan pake minel (mini elektrik) jadi akupun latah deh beli.  Pake minel ini awalnya suka sakit pas narik, tapi lama kelamaan kebal.. hehe.. Enaknya karena pumpingnya ga pegel.. Tus lebih cepet waktu pumpingnya. Cuman karena di kantorku, tempat pumpingnya ga ada colokan listrik, jadilah hambur banget batere. Tus karena udah sering jatoh, jadinya daya isepnya berkurang banget..
  • Gara2 minelnya rusak, aku cari2 lagi breastpump lain. Tus liat rekomendasi di inet, katanya yang swing ini enak pakenya.. Jadilah aku beli yang swing.. =P kesimpulan dari ketiga breastpump ini, yang paling enak yang medela swing.. daya isepnya kuat, tapi ga sakit pas narik. Tus awalnya ada kaya isapan yang pelan gitu, yang bisa memancing ASI keluar banyak.. Enak deh pokonya.. ^_^
No4. Botol ASI bekas UC1000. 
Ini aku beli di online shop twinklebunny.multiply.com. Online shop ini recomended deh. Aku baru transfer pagi, eh sore pas aku pulang kantor udah sampe aja.. ^_^ Di rumah sampe ada sekitar 150 botol ini. Ga aku buang. Takutnya nanti kepake untuk anak kedua. hehehe..

No5. Hasil perahan ASI. 
Alhamdulillah bisa mencukupi sampe Ofal umur 1 tahun. Kalo sekarang aku udah ga mompa lagi, abis keseringan home office dan nenenin Ofal langsung di rumah.. Tapi gara2 ga pernah mompa lagi, ASI aku jadi berasa deh berkurangnya.. =( Kesalahan fatal emang. Mudah2an nanti anak kedua bisa lebih baek lagi breastfeedingnya.. hehe..

Dan yang ga kalah pentingnya freezer untuk simpen ASIP nya dan sterilizer. Tapi aku cuman mensteril segala perangkat ini dirumah aja. Abis ga mungkin banget kalo sterilisasi di kantor. Di kantor abis pake cuman dicuci aja pake aer keran. Bismillah aja kalo Ofal ga kenapa2.. 

So sekarang, selamat tinggal sementara teman2 (baca : alat mompa ASI). Makasih udah nemenin aku kemana2 selama setaun ini.. ^_^  daaan... sampe jumpa di tugas selanjutnya untuk bantu pompa ASI untuk adenya Ofal yaaa... (halaaah.. masih jauh kali... =D) 

4 comments:

Anonymous said...

Halo mbk,
Bgm caranya mensteril medela swing??? bisa pake sterilizer gk???
Terimakasih.

salam,
Firda

dian lestari said...

halo mbak firda, salam kenal :)
mensteril medela swing sama aja kok dengan mensteril breast pump lainnya. Yang pasti perangkatnya dipereteli dan bisa masuk ke sterilizer :)

Unknown said...

Waaa, blognya keren ya mbak Dian... harus banyak-banyak belajar niiiii... :D

dian lestari said...

Halo mbak Miskagie Kiki.. salam kenal yaa.. makasih udah mampir ke sini..
waduh baru keliatan nih komennya.. maaf yaa.. hihihi.. ketauan deh udah lama banget ga aktif nulis.. aku juga masih belajar mbak.. :) salam kenal yaa..

Post a Comment