Peluang bisnis

Thursday, May 26, 2011

Sarapan bareng..

Sejak udah bisa duduk sendiri di booster makannya, Ofal pasti diusahain selalu ikutan sarapan bareng Ayah Bunda di meja makan. 
 
Awalnya sih supaya kita juga bisa ngerasain quality time di pagi hari. Soalnya kan Ayah kadang pulang pas Ofal udah bobo. Jadi kapan lagi bisa bareng sama Ofal kalo ga pagi2 sebelum berangkat kerja? 

Selain itu emang supaya ngebiasain juga makan bareng2 di meja makan. Jujur aja di keluarga Bunda tuh ga ada tradisi makan bareng di meja makan. Kalo mau makan ya masing2 aja, kalo laper makan, dan makannya pun di ruang keluarga sambil nonton TV. hehehe.. eh tapi di keluarga Ayah ga gitu. Kalo di keluarga Ayah, sebisa mungkin kalo waktunya makan itu, semua anggota keluarga ngumpul, makan bareng di meja makan, sambil cerita2. Kerasa banget deh keakrabannya. Mungkin itu juga yang Ayah mau terapin di keluarga kecil kita.

Kalo sarapan, Ayah makan, Bunda ngopi susu (ga biasa makan berat pagi2), tus Ofal suka kita kasih lauknya. Ceritanya ngemil2 gitu di pagi hari deh.. ^_^ Soalnya jadwal makannya Ofal sekitar jam setengah 8an abis dia mandi. Sementara kita sarapan mulai jam 6an. Ayah masuk kerja jam 7 sih.. huehehe.. Pagi bener ya? 

Cemilannya biasanya ya lauknya kita, kaya perkedel, tahu ato sosis. Tus ga kita suapin. Biarin aja jadi ajang belajar makan sendiri. Kadang kita kasih sendok, kadang ga.. Jadi istilahnya Baby Led Weaning (BLW) "curi2" hehehe...   

Awalnya sih tuh makanannya cuman diudek2 aja pake tangan atau sendok. Tus ujung2nya dilempar2 ke lantai.. :P Tapi sekarang2 udah mulai bisa makan pake sendok, walo kebanyakan tetep aja dilempar ke lantai.. Gapapalah.. Kan kalo ga kotor ga belajar yaa..? Yang penting prosesnya.. ^_^ Tus sekarang Ofal juga udah bisa minta kalo dia mau makanan atau minuman yang ada di meja makan..

Eh kemaren2 Bunda pas baca majalah Ayahbunda baca nih sedikit info tentang "Di balik Makan Bersama.." Ini Bunda copas yaaa.. 
"Acara makan bersama keluarga bermanfaat besar bagi anak asma. Prof. Dr. Barbara H. Fiese, psikolog anak dari University of Illionis Urbana-Champaign (AS), menyebutkan, interaksi efektif selama paling tidak 18 menit di antara sesama anggota keluarga membuat asma anak lebih jarang kambuh, fungsi paru2nya menjadi lebih baik, sehingga kualitas hidup meningkat. Syaratnya, orang tua dan balita duduk bersama dalam satu meja, terlibat aktif dalam percakapan."
Ofal ga asma sih... Mudah2an nggaaak.. *ketok2 meja*

Selain itu manfaat makan bersama, ngutip dari sini :
  1. Makan bersama memberikan dampak yang positif untuk perkembangan anak. Keluarga yang rutin makan bersama terbukti erat rasa kebersamaannya.
  2. Dari percakapan yang terjalin pada saat makan bersama, akan timbul saling memberi perhatian dan muncul lah rasa sayang, kepercayaan, hangat, nyaman dan aman.
  3. Dengan makan bersama memberikan kesempatan untuk anak belajar sopan santun, bagaimana seharusnya bersikap bila sedang makan. Contoh : mengunyah yang baik sehingga tidak menimbulkan suara berdecap. Beri contoh oleh orangtua terlebih dahulu kemudian mintalah anak untuk belajar mengikuti. 
  4. Belajar memberikan kesempatan pada anak untuk berpartisipasi memilih menu makanan yang diinginkan.
Sebenernya mungkin hal2 itu bisa aja didapet dari selain makan bersama ya.. Cuman untuk keluarga kita yang agak2 susah jadwal ketemunya, pergi  kerja pagi sampe rumah malem. Sampai saat ini masih mencoba memanfaatkan segala waktu yang ada buat bareng2, termasuk waktu sarapan ini.. ^_^

Ini nih foto waktu sarapan tadi pagi... ^_^

0 comments:

Post a Comment