Wednesday, October 5, 2011

A..B..C..D..E..F..G..H..I..J..K

Kapan waktu dulu (udah lama), waktu jalan2 sama tante uwit ke Plangi bunda nemu wall sticker ABC. Bunda langsung inget Ofal. Ofal kan udah bisa berhitung dari 1-10, tapi soal abjad masih belum.. Jadilah bunda beli ini dengan harga 35K IDR aja. Sebenernya mupeng banget pengen beliin yang model2 lainnya.. Ada gambar binatang, angka, alat transportasi..  hihihi.. yang napsu malah bundanya ini.. :P

penampakannya kaya gini

Tus baru beberapa hari kemaren, bunda tempelin ini di kamar depan. Emang biasanya kalo weekdays Ofal seringnya main sama uyut di kamar depan. Abis bunda tempelin ini, tus bunda nyanyiin lagu yang "A..B..C.." itu.

Dan Ofal seneng bangeeettt... Dia tunjuk2 dan kaya coba untuk nyanyiin juga walo dengan nada yang suka2 dia aja... sambil tunjuk2 lidahnya melet2 keluar pertanda exciting.. Tus saking senengnya, si huruf itu dia pocelin dan mau dimakan... T_T  Ampuuuun... dia mah udah kaya tikus aja, senengnya makanin kaya gituan. Tapi mungkin emang bunda juga pasang stickernya kerendahan ya.. Maksud hati sih biar Ofal bisa sambil tunjuk2 gitu... Hffffhhhh...

Ini nih anaknya lagi beraksi, kaya yang serius banget dia belajar.. hihihihi.. lucuuu... Belajar yang rajin ya Ofal kecil... ^_^










Monday, October 3, 2011

"Budaa.. ee.." ^_^

Hihihi.. maap judulnya jorook...

Jadi kemaren hari minggu malem, pas mau bobo tiba2 Ofal bilang, "budaa.. (bunda)  ee... !!". Dia bilang gitu sambil tepuk2 popok bagian depannya. Bunda masih cuekin waktu itu, soalnya hari kemarennya dia juga bilang gitu tapi cuman kentut aja.. hehehe.. iya dia kalo kentut suka bilang "ee.." sambil tepuk2 popoknya.

Tapi pas malem itu, abis ngomong "buda.. ee..".. eh tiba2 Ofal ngacir turun tempat tidur, tus keluar kamar mengarah ke wc. Depan wc dia langsung buka sendiri popoknya, tus tunjuk2 pintu wc.. eeehhh, beneran ya anak ini mau pup.. =P

Ih pinternya anak bundaa! udah tau mau pup itu rasanya gimana, tus udah bisa bilang dan tau kalo mau pup harus gimana...   kalo untuk pup sih sebenernya dari umur 6 bulan lewat Ofal udah terbiasa di wc. Cuman ini pertama kali Ofal bisa bilang kalo mau pup... ^_^ Dan untuk pipisnya... errrr, bundanya belum berani mentatur nih... masih takut kalo pipisnya bececeran dimana... masih jadi peer.. =P

Bunda ga tau nih, apa ini emang kebetulan aja apa ga.. hihihi.. ga papa ya nak, terus belajar yaa.. 





Friday, September 30, 2011

Track from Goa Pakar to Maribaya

Hari minggu kemaren waktu ke Bandung, kita ber5 (Ayah, Bunda, Ofal, Ateu ica, Akung) rame2 jalan olahraga ke Maribaya. Rencana tracknya dimulai dari Goa Pakar Dago terus jalan kaki sampai tembus ke Maribaya Lembang. Hihihi jauh yaa.. emang... 

Dari rumah pergi jam 6an, didrop sama Om Adit di pintu masuk Goa Pakar, tus rencananya nanti Om Adit langsung ke Lembang bawa mobil tus jemput kita di pintu keluar Maribaya.


Masuk ke Dago Pakar ini dikenai charge 7500 IDR (anak dibawah 3 taun masih gratis), 500 IDR untuk asuransi dan 10K IDR untuk kendaraan roda 4. Kemaren kita cuman di drop juga tetep bayar looh.. *aneh

Begitu turun mobil dan mulai masuk ke areal Dago Pakar ini, kita disuguhi dengan udara yang dingin dan suegaaarr... juga pemandangan yang... mmmhh ijo2 semuaaa.. ya iyalah wong masuk hutan.. ^_^ ah senangnya, setelah sehari2nya selalu "dipaksa" liat gedung2 tinggi dan mobil yang "parkir" di jalanan. 


Ofal juga antusias sekali (pada awalnya.. =P).  Gimana ga seneng dia.. soalnya begitu masuk langsung ada jalan setapak dari batu2 yang bertangga-tangga. Ofal kan seneng banget sama tangga2 gitu. Dia pengennya jalan sendiri dan maunya kaya lari aja gitu... Tapi itu ga bertahan lama. Waktu Ofal sadar liat akungnya, langsung deh minta gendong.  kasian akung dong de... Cape nanti... 

Akhirnya ayah menawarkan diri gendong Ofal... ^_^ emang udah dipersiapkan sih sebelumnya bawa gendongan Ofal.  Gendongan ini selain untuk bawa Ofal, bisa juga untuk bawa peralatan perang lainnya. Baju2 Ofal, pampers, bekal minum, susu, bahkan termos makan Ofal juga masuk. :P Katanya sih emang gendongan ini khusus untuk orang yang mau bawa anaknya naek gunung. Kebetulan ayah kan emang seneng naek gunung. Jadi pas liat tas sekaligus gendongan ini langsung mau beli dan langsung berangan2 untuk bawa Ofal ke Gede-Pangrango suatu saat nanti. Ah ini mah yang seneng bundanya, bisa cuman bawa diri aja... hihihihi... ga capee.. 

Pake gendongan ini kayanya Ofal nyaman juga. Bisa main2in rambut ayahnyaa... tus malah kadang2 suka kepergok kalo dia lagi terbengong2 ngantuk gitu... =D


Setelah Ofal digendong, perjalanan pun dilanjutkan. Ga jalan lama, sekitar 15 menitan, udah mulai tampak tuh goa2 peninggalan Jepang.

Katanya perbedaan antara goa Jepang dan Belanda itu bisa diliat dari ukurannya. Kalau goa Jepang itu memiliki plafon yang rendah, masih alami dengan dinding batu cadasnya, sedangkan goa Belanda itu tinggi-tinggi dan lantai serta dindingnya sudah dipelur/dilapisi semen.

Hari itu kita ga lewat masuk goanya, tapi melewati jalan setapak menyusuri pinggirannya. Abisnya bawa Ofal ah... agak takut juga sih.. hehehehe..


Setelah lewat goa2 ini ternyata perjalanan berat baru akan dimulai.. Jalanannya nanjak ajaaa... ngas nges ngos aku... Untung ga sampe bengek.. =D

Di perjalanan kita ternyata menemukan ada semacam bendungan air kecil. Kok aku baru ngeh ya.. padahal udah beberapa kali lewat track Dago Pakar-Maribaya ini. Tus akung cerita, ternyata ga seperti goa Jepang yang dibuat untuk tujuan peperangan, goa Belanda ini dibuat untuk kebutuhan pengaliran air kota Bandung yang pada akhirnya digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Hooo.. baru tau nih...

mejeng sama ayah

Tus kita jalan lagi, sampe nemu semacam saung dan orang berjualan. Iya untuk orang2 yang mau ke maribaya, jangan takut kelaparan dan kehausan karena di sepanjang track ini bisa ditemukan beberapa saung2 orang yang berjualan.

Waktu itu waktu menunjukkan pukul 9. Ow.. ow saatnya Ofal sarapan...!!

Akhirnya kita memutuskan istirahat dulu. Akung sama ayah pesen indomi, aku sama tante ica pesen gorengan... Ofal mah buka bekel dari rumah aja ya dee.. ^_^ eh.. ternyata murah aja jajan disini, 2 indomi dan lebih dari 5 gorengan cuman 12 ribu... *eh itu murah apa mahal yak...?


lagi mejeng sama bunda abis sarapan

Abis pada ngisi perut tus kita lanjut jalan..  Sepanjang jalan kerjaan kita ya poto2... ^_^




Dan akhirnya setelah jalan kurang lebih 1-1.5 jam kita sampai di Maribaya. Horraayy... ^_^

Maribaya ini sebenernya tempat wisata.. ada air terjun disana. Untuk ke maribayanya sendiri, kita harus lewatin jembatan yang dibawahnya sungai dan sebelah kirinya air terjun. Waktu kesana kemaren itu pas kebetulan musim kemarau, jadi debit air terjunnya juga ga terlalu besar. Dan airnya entah kenapa ya keliatan kotor sekali.. dan banyak sampah pula di sungainya.. Sayang sekali yaa... Tempat wisatanya nampak kurang terawat.


Disini suka ada orang2 yang nyewain tiker2 untuk sekedar kita duduk2 melepas lelah dan menikmati pemandangan. Tapi kemaren setelah puas liat2 air terjunnya, kita langsung lanjut jalan ke gerbang keluar Maribaya. Kok buru2? iyaa.. takut Om Adit keburu lumutan nungguin kita di tempat parkir.. =P maab ya om Adit...

Pas mau lagi jalan nanjak, eh nemu patung ini. Dasar ayah nih langsung minta foto dengan pose aneh2.. masa posenya kaya mau ngupil? ihhh jijik atuh ayaahhh... wleeek...


Sampe di gerbang keluar kita tunggu Om Adit nyamperin ke tempat parkir. Ternyata Om Adit nunggunya di gerbang yang beda dengan gerbang kita keluar. Begitu sampe tempat parkirnya, ada lahan luas berumput.. langsung deh kita duduk2 istirahat di situ.. Ofal pun dikeluarin dari gendongannya, dan langsung lari2.. hihihi... senangnya dia..

Emang gini nih enaknya di Bandung. Mau wisata apa juga ada.. dari mulai mall, gunung, sampe kulinerrr... yang ga ada cuman pantai aja... Love Bandung full deh pokoknyaa.. hehehe..

Liburan kali ini asyik.. walopun ga jauh2 dari rumah (orang tua maksudnya.. ).. kapan2 lagi yaa Ayah.. yuk.. yuk.. yuk...

Thursday, September 29, 2011

Selamat ulang taun.. Om kaka..

Hari kamis tanggal 22 September 2011 kemaren om kaka ulang taun.. Om kaka ini emang om nya Ofal, tapi umurnya baru 9 taun kemaren.. hehehe.. emang masih kecil. 

Untuk syukurannya kemaren, om kaka ngadain pengajian di rumahnya. Yang dateng banyak... cuman sayangnya gara2 pengajiannya bada isya, Ofal udah keburu ngantuk. Jadinya rewel... Pengennya digendong mulu. Salah satu tantenya ini yang ditemplokin mulu ama Ofal. Ga mau dia turun dari gendongan. Namanya tante alma...ini tante juga masih kecil, masih kelas 1 smp.. ^_^

nanti tantenya makin kurus adeee... :P

Ini sebagai gambaran kalo orang2 udah pada ngantuk... tepar bergelatakan di karpet.. xixixi...


Abis pengajian kelar sekitar jam 9 an, baru deh mau tiup lilin... Udah pada sepet matanya... :D Sebelum tiup lilin make a wish dulu ya om kaka...

Ini Ofal udah ga mau diem bangeeett... udah pengen bobo tapi ga bisa bobo karena banyak orang.


Om kaka.. 
selamat ulang taun yaa
semoga panjang umur 
jadi anak yang soleh 
nurut sama ayah bunda yaa 
semoga cita2nya om kaka tercapai suatu saat nanti.. 
aminnn... 

Tuesday, September 20, 2011

Nenen dan mimi susu

Kemaren ada kejadian lucu...

Waktu bunda buatin susu botol buat Ofal, tus bunda kasih botol susunya ke Ofal. Bunda bilang..,"Ofal ini nenen dulu.." tus dia liatin botolnya dan bilang, "mimi tutu" #mimi susu.. tapi dia tetep maen ga mau pegang botolnya.. 

Tus bunda bilang lagi, "ini nenennya Ofal.. ayo nenen dulu..", tus Ofal jawab lagi, "mimi tutu..". Tus dia berdiri dan deketin aku, tus Ofal pegang dada aku dan bilang, "nenen.."

wkwkwkwk... Ofal ternyata udah bisa bedain antara "nenen" dan "mimi susu"... kalo nenen itu langsung dari gentong bundanya dan mimi susu itu dari botol...

Ihhhh.. lucunyaa.. gemes bunda... =D

Sunday, September 18, 2011

2 hari di MyTootsieBear

Sebenernya ini cerita minggu lalu. Ofal sempet aku titipin di daycare di daerah mega kuningan situ selama 2 hari. Hari Kamis dan Jumat tanggal 8 dan 9 September 2011. 

Ini gara2 si bibi ART yang ga pulang abis lebaran kemaren dan baru ngomongnya sehari sebelum kita pulang ke bekasi, alhasil kelabakanlah aku untuk cari2 lagi penggantinya. Soalnya uyut juga sebenernya ada rencana untuk tinggal di Bandung dulu sementara waktu. Tadinya sih aku tenang2 aja dengan rencana uyut di Bandung. Aku pikir masih ada bi ai yang bisa pegang Ofal selama aku kerja. Eh ternyata... si bibi juga malah ga balik lagi kerja. :( 

Hari itu aku kaya kebakaran jenggot, cari penggantinya kesana kemari. Aku minta bantuan dari mulai temen2 sampe uti untuk cariin ART baru. Alhamdulillah dari Uti ada. Cuman orangnya baru bisa dateng ke Bandung tanggal 11 Septembernya.. Hmm ya udahlah.. dicoba aja dulu daripada ga ada sama sekali. Alhamdulillahnya lagi aku masih ambil cuti sampe tanggal 7 September.

Cuman tanggal 8 sama 9 nya gimana ya? aku kan udah mulai kerja tuh. Kalo misalkan kerjaannya sedikit sih, ga masalah. Masih bisa aku sambi di rumah sambil jagain Ofal. Cuman kalo kerjaannya banyak..? weew... ga maulah ambil resiko kalo Ofal ga keperhatiin gara2 aku sibuk karna kerjaan. Soalnya dulu pernah ada pengalaman, uyut lagi ga ada. Ofal aku yang jagain, tapi disambi kerja juga. Dan hasilnya Ofal jatuh aja dari tempat tidur sampe benjol.. Ga mau lah ya aku kejadian kaya gitu lagi. Langsung puter otak lagi. 

Dan keingetan... kayanya dulu temen kerja sempet ada yang titipin anaknya di daycare gitu. Langsung telp dan browsing2 cari informasi. Menurut informasi yang didapet, kayanya lumayan menenangkan juga kalo menitipkan anak di daycare gitu. Yang jadi pertimbangan aku untuk titipin Ofal di daycare :
  1. Bisa jagain Ofal seharian selama aku kerja
  2. Pengasuh di daycare rata2 cuman pegang 2-3 anak
  3. Dikasih makan 3x sehari plus snack
  4. Ada pengalaman bersosialisasi dan belajar untuk Ofal

Sampe di bekasi, langsung cari2 lagi daycare yang deket dengan rumah. Dengan pemikiran enak untuk anter dan jemputnya. Nemu sih satu daycare di daerah bekasi timur, harganya perhari juga lumayan murah.. cuman 50 ribu aja. Jadwalnya dari pagi jam 9an sampe sore sekitar jam 6. Cuman pas survey tempatnya,  jadi ga tega titipin ofal disana.. :( anak2nya banyak betul sampe 30 orang katanya perhari. Tus 1 orang pengasuh ga jelas pegang berapa orang anak. Tempatnya juga kayanya agak kurang sreg buat aku.

Tus akhirnya beralih tempat deh.. Aku cari2 lagi daycare di daerah tempat aku kerja aja deh.. Akhirnya nemu mytootsiebear. Tempatnya searah dengan kantor aku. Emang agak mahal sih disana, perharinya 400 ribu karena masih dalam season lebaran. Biasanya perhari 300 ribu kalo ga lagi season liburan. Pas aku liat tempatnya, kayanya aku agak tenang sih ninggalin Ofal disini. . Fasilitas yang didapat : pengasuhnya pegang maksimal hanya 3 orang, makan 3x sehari plus snack, tempat tidur untuk masing2 anak, kegiatan belajar yang jelas, bahasa inggris untuk pengantar kegiatan belajar. Tempatnya juga bersih... 

Hari pertama aku dateng sama Ofal, Ofal masih malu2 waktu ketemu sama missnya (sebutan untuk pengasuh disana). Tus lama2 setelah dibujuk2 dan diajak main sama missnya, akhirnya Ofal mau juga lepas dari pangkuan aku. Dia mulai main di meja tengah sama temen2nya. Langsung mulai tertarik tempel2 gambar, dan udah mau ambil aja tempelan gambar temennya.. :D saking seriusnya, sampe aku pamit kerja aja aku udah dicuekin sama Ofal. Jadi hari pertama aku bisa tinggalin Ofal dengan tenang disana walo tetep aja ada perasaan bersalah di hati karena ninggalin Ofal dengan orang yang ga dia kenal.

Karena Ofal waktu itu lagi pilek, aku titipin ke missnya untuk dikasih obat setelah selesai makan siang. Tus ternyata pas makan siang itu Ofal malah ketiduran dan belum sempat dikasih obat. Dari pihak mytootsiebearnya langsung telp aku siang itu untuk laporin, dan tanya apa Ofal mau dibangunin aja apa tunggu sampe Ofal bangun untuk kasih obatnya. Aku bilang nanti aja deh kalo Ofal udah bangun. Kasian kalo dibangunin, dan takutnya jadi rewel. Pas istirahat siang aku sempetin jenguk lagi kesana, dan Ofal lagi tidur dengan nyenyak di kasurnya. :P

Waktu jemput Ofal sorenya, dia keliatan seneng sekali liat aku sama ayahnya. Langsung minta digendong, mungkin kangen yaa? ^_^ 

Hari pertama bisa dibilang lancar. Missnya bilang Ofal gampang sekali deket sama orang terutama pengasuhnya. Untuk beradaptasi sama temennya juga dia ga ada masalah. Dapet laporan juga kalo makannya lumayan banyak walo ga abis, dan belum pup. :P

Hari kedua, begitu sampe di lokasi. Loh kok Ofal agak rewel ya..? begitu masuk ke kelasnya, dia ga mau lepas dari gendongan aku. Aku coba bujuk2 tetep ga mau. Apa mungkin dia udah ngerti kalo mau ditinggal lagi ya.. :( Setelah dibujuk sama missnya, dia mulai mau ikut gabung main dengan temennya. Tapi masih tetep ga mau aku tinggalin. Akhirnya aku ninggalin Ofal hari ini dengan sembunyi... Sediiih banget rasanya pas ninggalin dia disana. Dan waktu istirahat pun aku ga berani jenguk. Takut dia rewel lagi. 

Pas dijemput sorenya, dia lagi2 seneng banget liat aku sama ayahnya. Iya ayah sengaja jemput aku sama Ofal sehabis kerja jauh2 langsung dari Cibitung. Begitu liat ayah bundanya Ofal langsung minta gendong lagi. Dan begitu aku ke dalem sambil gendong dia, mau ambil tasnya yang masih di dalem, dia bilang, "No.. no...". Ohh.. Ofal ga mau ke dalem lagi.. Langsung terpikir, apa Ofal ga seneng ya..

Hari kedua ini dapet laporan dari missnya, Ofal agak rewel, makan pun ga abis dan sering banget nyariin ayah sama bundanya. "ayah.. ayah.. budaa.." gitu katanya...
huhuhu sedih deh, ngebayangin Ofal ga seneng disana. :(

Tapi alhamdulilah, 2 hari itu sudah terlewati. Aku yang tadinya sempet berpikir kalo daycare mungkin solusi yang terbaik untuk Ofal ketika ga ada ART jadi sedikit berubah pikiran. Mungkin Ofal belum siap untuk ditinggal seharian dengan orang yang ga dia kenal deket. Dan memang sebaik2nya perawatan di luar rumah, mungkin masih tetep lebih baik di rumah untuk Ofal saat ini.

Tapi ga menutup kemungkinan, jika misalkan Ofal udah siap untuk "sekolah" dan kondisi memaksa, mungkin pilihan aku akan jatuh kembali di mytootsiebear ini. Alasan lain yang membuat aku berpikir daycare adalah salah satu solusi untuk jaga Ofal, karena di daycare ini Ofal ga akan bergantung hanya pada satu orang pengasuh layaknya di rumah. Karena di daycare Ofal akan ketemu dengan banyak orang.

And after all, makasih ya miss2 di mytootsiebear. Udah jagain dan rawat anak bunda tersayang ini selama 2 hari.. sayang sekali, aku ga sempet foto2 waktu Ofal ada disana. Yang mau tau kaya apa mytootsiebear, coba klik langsung webnya aja yaa.. http://www.mytootsiebear.com/ 


Mandi yo mandi....

Kalau dulu Ofal masih kecil.. mandi masih kaya gini nih caranya...

Sampe Ofal umur kurang lebih 3 bulan, Ofal masih dimandiin sama uyut. Selain uyut ga ada orang lain yang boleh mandiin. Termasuk bundanya sendiri.. :P  Uyutnya sayang banget sih sama Ofal. Kalo ada yang berani mandiin Ofal waktu itu, pastinya langsung kena marah uyut.. heheheh...



Kalo sekarang, Ofal udah boleh dimandiin sama siapa aja. Sebisa mungkin kalo pagi2 di weekdays, bunda selalu mandiin dan suapin Ofal sarapan. Kalo sore ya sampe Ofal mau umur 2 taun ini ya masih dimandiin uyut. Abisnya bundanya kerja sih.. :( tapi kalo hari libur sabtu minggu, Ofal pasti mandi sama Bunda kalo ga sama Ayah. 

Sekarang Ofal kalo mandi udah bisa duduk sendiri di bak mandi pukunya. Kadang sambil bawa maenan, bawa gayung kecil Ofal, bawa apa aja yang Ofal lagi mau bawa. Tus sekarang kalo mau diangkat dari bak mandin, ampuuunn... susahnya...  Padahal bunda udah buang aernya di bak mandi Ofal, supaya Ofal ga maen2 aer lagi.. tetep aja Ofal ga mau diangkat dari bak mandi. Sampe kadang2 Bunda matiin lampu kamar mandinya supaya Ofal mau keluar dari bak mandi. Kadang berhasil, kadang tetep aja Ofal nangis pas diangkat dari bak mandi. hehehe.... gini nih kalo Ofal lagi maen2 aer pas mandi, kadang bisa serius banget ekspresinya... =D

Wednesday, September 14, 2011

..Tersanjung...

Kaya sinetron ajaah... ^.^

Kemaren pas lagi buka2 facebook, eh ada yang ngetag.. Tus bunda buka, ternyata om Beni posted semacam review blog the-sulistyo ini di blognya om Beni.. Duuhh.. jadi merasa tersanjung sekaligus terharu deh... hehehe.. *jadi geer*

Om Beni ini temennya Ayah. Temen satu kelompok pecinta alam Caldera di kampus dulu. Walaupun ayah udah jarang banget dateng lagi ke sekre belakangan ini, tapi mereka masih suka ketemuan di event2 tertentu. Termasuk waktu nikahannya tante Novi dan om Ardi. 

Lucunya, sejak pertama kali ketemu Ofal udah langsung lengket aja sama Om Beni. Mau digendong, dan kadang kalo bunda mau ambil, ofalnya ga mau lepas.. hehehe... Kaya waktu di nikahan om Ardi, Ofal sih seringnya digendong sama om Beni. ^_^ makasih ya om... udah bantuin jagain Ofal waktu itu.

"Keluarga kecil bahagia", gitu yang om Beni tulis di blognya. Amiiiin om.. Doakan kami selalu menjadi keluarga kecil bahagia yaa.. Keluarga yang sakinah, mawahdah dan warahmah.. dan juga semoga kelak ketika Ofal udah besar nanti bisa merasakan seperti yang om tuliskan di postingannya om yaa.. Amiiin... ^_^

O iya.. makasih ya om.. udah berkunjung ke sini.. Moga2 tali silahturahmi kita akan selalu terjaga... Salam kangen juga dari Ofal.. ^_^

Cerita selengkapnya dari om Beni disini yaaa...

Tuesday, September 13, 2011

Persiapan mudik lebaran

Setelah libur lebaran yang agak panjang kemaren (aku libur ambil cuti hampir 2 minggu.. =D), baru sempat lagi nih buka blog dan blogwalking hari ini. Abis begitu pulang mudik lebaran langsung berjibaku dengan pekerjaan upik abu karena si bibi ga balik lagi, dan sudah mulai pula direcoki dengan pekerjaan kantor. Yah jadilah baru bisa update2 lagi nih...

Sekarang mau cerita tentang persiapan heboh mudik lebaran kemaren. Emang taun ini giliran kita untuk mudik ikut keluarga Ayah ke Kebumen. Soalnya taun lalu kita udah lebaran di Bandung.

Karena ini mudik pertama Ofal, dan yang pasti memakan banyak waktu yang amat sangat lama di jalan karena  macet pastinya, jadi mau ga mau kita harus matang untuk persiapan di perjalanan. Terutama yang dipikirkan sih tentang istirahat dan makannya Ofal sepanjang perjalanan. Soalnya Ofal selama ini makannya kebanyakan masih bubur kasar gitu. Kalopun nasi harus didampingi dengan yang kuah2an. Masih agak susah kalo dikasih table food.

Yang pertama dilakukan, langsung browsing2. Apa aja yang perlu kita bawa. Secara ini pertama kali mudik bawa anak. Kemaren2 sempet liburan bawa Ofal, tapi kan naek pesawat yang notabene di perjalanannya itu sebentar. Sementara ini bisa seharian kita di jalan, macet pulak... Dapet link2 ini yang sangat berguna buat persiapan mudik :
  1. http://mommiesdaily.com/2011/08/23/persiapan-mudik-dengan-si-kecil/
  2. http://mommiesdaily.com/2010/06/23/road-trip-kenyamanan-si-kecil-selama-perjalanan/
  3. http://mommiesdaily.com/2010/06/30/road-trip-mempersiapkan-makanan-si-kecil/
Di mommiesdaily ini banyak lagi tips dan trik untuk bawa baby atau toddler dalam perjalanan.

Terus kita buat itinerary selama mudik. Hehehe.. kaya liburan aja ya.. Ga sih.. sebenernya cuman jadwal makan, menu makanan dan peralatan apa aja yang dibutuhkan selama disana. Kemaren sih kita buatnya kaya gini : rundown lebaran file

Setelah jadwal dibuat, baru deh kita memikirkan apa aja yang perlu kita bawa ya... dan akhirnyaaa... jreng jreng.. setelah dibuat listnya, udah kaya mau pindahan aja.. wkwkwk.. semuanyaaa dibawa. Sampe bawa satu kontainer khusus untuk persiapan makannya Ofal. ^_^

Baju2an

  1. Koper1 : baju2 bunda dan Ayah, jaket, perangkat mandi, handuk kecil
  2. Koper2 : baju2 Ofal, jaket, handuk Ofal
  3. Tas Jinjing Olahraga : 2pc baju main, 1pc baju tidur, pampers, kaos dalam, peralatan mandi Ofal, obat2an, jaket, termometer, anduk kecil, waslap, tissue basah, plastik keresek, topi
Peralatan makan
  1. Tas kecil : termos makan, termos air, sendok
  2. Tas jinjing : susu Ofal, botol2 susu Ofal, botol minum air putih Ofal
  3. Kontainer : bahan makanan Ofal, kompor + panci + ketel kecil, blender, sendok kayu, sendok makan, pisau, alumunium foil, bahan bakar kompor
  4. Box isi ransum makanan dan cemilan
dan Lain2
  1. Tas laptop bunda, iyaaa takut ada kerjaan tiba2.. :(
  2. Kamera + charger2an segala macem
  3. Bantal
  4. Car seat
  5. Gendongan Ofal
  6. Beberapa mainan Ofal

Xixixi.. banyak kan yaa.. Yang pasti, bagasi Xenia dengan kursi belakang yang dilipet penuh dengan muatan deh pokoknya.

Karena kita ga punya kompor portable, kita langsung cari2 kompor kaya apa yang enak untuk dibawa. Ayah pengennya kompor merk Trangia yang emang portable untuk dibawa2 naik gunung gitu. Cari2.. dapetlah di daerah Ciledug kalo ga salah.. Jauh ajaaaa... penampakannya kaya gini.


Kita beli dengan harga sekitar 500 IDR an.. Tapi pas sampe dirumah, dicoba untuk buat bubur Ofal, hasilnya agak mengecewakan. Lamaaa banget buburnya jadinya. Dan itu pun harus tambah spirtusnya 2-3 kali gitu. Jadinya ribeeet... Ga kebayang kalo di perjalanan buat bubur harus kaya gitu. emang sih awalnya kita prefer bahan bakar spirtus dibandingkan gas, karena katanya lebih safe untuk di perjalanan. Tapi karena ribet itu jadinya mikir lagi deh...

Tus timbang2... akhirnyaaa, kita beli lagi kompor gas mini portable yang buat piknik itu looo.. merk HI-COOK dengan harga 200 IDR aja.. hehehehe...  Yang ini lebih memuaskan sih.. Walo tetep aja dua2nya kompornya kita bawa, abisnya kita perlu pancinya yang trangia itu.. :P

Biasanya kita masak bubur pagi2 langsung untuk makan pagi dan siang. Yang siang kita masukin termos makan supaya masih hangat kalo dimakan siang. Untuk di perjalanan, kita suka pas2in saatnya istirahat dengan jadwal makannya Ofal. Misalnya pas solat duhur dan ashar. Tus kita bisa buat atau angetin makanan Ofal. Cuek aja gelar kompor di rest area.. hehee.. yang penting kebutuhannya Ofal terpenuhi.. ^_^

Tus untuk istirahat Ofal di jalan, kita ga buka kursi tengah mobil untuk gelar kasur. Dengan pertimbangan Ofal kalo dibiarin gitu bisa ga mau diem dan buat cape yang jaganya.. wkwkwkw.. dan juga kita kan perlu space bagasi yang besaar.. Jadinya kita mengandalkan car seat aja.. Ofal bisa duduk nyaman, tidur nyenyak di car seat dengan aman. Cuman kadang2 beberapa jam sekali, suka aku keluarin dari car seatnya. Supaya dia ga pegel aja sih.. ^_^



Yang pasti untuk buat dia nyaman dan senang selama perjalanan, aku bawain dia beberapa mainan dan cemilan kesukaan dia yang banyaakkk... :P kemaren aku bawain dia Lays (dia doyan banget ini), pocky sama perkedel kentang.

Hmmm, untuk perjalanan kali ini rasanya kita sudah lumayan puas dengan persiapan yang dilakukan. Terlebih buat keperluannya Ofal.. Mudah2an perjalanan2 selanjutnya.. (pengen liburan lagi maksudnyaa... ^_^) persiapan bisa lebih baik lagi yaaaa... hehehehehe....


Mohon maaf lahir dan batin yaa... ^_^

Hallo.. halloo... Apa kabarnya semua?

Pertama2 izinkan kami, Keluarga Sulistyo, setelah menghilang sekian lama untuk mengucapkan :

"Taqobalallahu Minnaa wa Minkum, Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin"

Iyaaa.. tau telat niiih... tapi bukannya telat posting itu sudah menjadi ciri Rumah Keluarga Sulistyo ya.. hihihi.. karena postingnya ya suka2 yang punya aja.. kalo lagi mood dan ada waktu... :)
Tapi ga apa2 yaa... Yang penting kan niatnya... ^_^


Sunday, August 21, 2011

Weaning with ..?

Dengan ini, tepat mulai hari ini... Ofal dinyatakan sudah menyapih dirinya sendiri di umur 21 bulan.. Hiksss...

Pengennya sih Bunda terus nenenin langsung minimal sampe Ofal umur 2 taun. Cuman lagi2 Ofal ternyata udah punya keinginan sendiri. Ga tau karena bingung puting apa gimana? Apa umur 21 bulan masih mengenal istilah "bingung puting" ya?

Awalnya karena kemaren itu sekitar 1 bulan yang lalu, Bunda kena sakit campak + typhus dan mengharuskan bunda untuk opname kurang lebih 1 minggu di rumah sakit. Otomatis selama satu minggu itu Ofal ga bisa ketemu langsung sama bunda, apalagi nenen. Bunda cuman bisa liat Ofal dari kaca jendela kamar rawat inap bunda di rumah sakit. Sedih banget waktu itu, cuman bisa liat Ofal dari kaca, cuman bisa cium2 dengan dibatasi kaca jendela. Selama bunda sakit itu Ofal tidur sama uyut, dan mimi susu pun dari botol. Awalnya bunda kepikiran, gimana Ofal bisa bobo ya? soalnya selama ini, kalo Ofal mau bobo harus nempel dulu sama gentong susunya baru bisa bobo. Cuman setelah semalam bunda di rumah sakit, uyut cerita kalo Ofal baik sekali di rumah,  ga rewel dan tetep bisa bobo. Walopun sekali2 suka cariin bunda ke kamar. :( Yah lumayan lah, pikiran bunda bisa sedikit tenang. 

Seminggu kemudian, bunda pulang ke rumah. Pas di rumah, Ofal sempet rengek2 pengen nenen bunda. Cuman ga bunda kasih, soalnya sebelumnya sempet diwanti2 sama suster rumah sakit supaya jangan deket2 dulu sama Ofal. Takutnya campaknya masih nular. Dan seminggu itu pun akhirnya Ofal masih bobo sama uyut. Jadi total Ofal ga nenen bunda sekitar 2 minggu. 

Setelah bunda yakin bunda ngerasa sehat betul, Ofal pun mulai bobo sama bunda lagi. Bunda tawarin lagi untuk nenen Bunda. Tapiii... ow.. owww.. Ofal cuman nenen sekilas, dan liatin dan melengos. Bunda tawarin lagi dan dia ga mau, malah sibuk maen.  Bunda pikir emang Ofal lagi ga mau nenen kali yaa? ya sudahlah.. 
Tapi setelah itu setiap bunda tawarin Ofal nenen, Ofal selalu ga mau.. Selalu nolak dan ketawa.. Huhuhu... bunda sedih.. bunda patah hati.. serasa ditolak.. sampe sekarang pun bunda masih cobain tawarin nenen, Ofal tetep ga mau.. :(  Apa iya dia sudah menyapih dirinya sendiri ya? Kayanya sih begitu.. Hiks.. 

Harusnya bunda bersyukur ya? sebegitu gampangnya Ofal disapih. Tanpa perlu drama2 nangis2 dan begadang2.. Cuman kok bundanya sampe sekarang terkadang masih ngerasa ga rela ya? masih kangen masa2 romantis menyusui, cuman berdua Ofal dan bisa saling tatap, merasakan tangan2 mungil di dada bunda. Dan bunda jadi merasa sedikit kehilangan "kekuatan" bunda. Karena dulu, kalo ada apa2.. Ofal sakit (amit2..), ofal rewel, ofal nangis.. apapun.. obatnya satu.. ya nenen itu...

Tapi ga papa.. Bunda pernah bilang dulu, bunda akan nyusuin Ofal sampe kapanpun Ofal mau.. Kalo sekarang Ofal udah ga mau lagi ya alhamdulillah Ofal udah gede, udah bukan bayi lagi.. udah ga mau nenen bunda..
Tetep pinter ya anak Bunda. Semoga masa2 menyusui kurang dari 2 taun ini bisa membawa manfaat buat Ofal sampe nanti Ofal besar nanti..

Love you my baby boy... =)

Dan sekarang, gini deh gambaran Ofal kalo mau bobo.. satu tangan pegang botol susunya sendiri dan satunya lagi pegang blackberry ayah.. Nonton Donald Duck.. hehehe... Tus setelah ga nenen bunda, dosis nyusu botolnya jadi lebih banyaaak... wakwaaww... =D



Thursday, August 18, 2011

,,ayo berhitung,,

Sebenernya udah dari agak lama Ofal udah bisa berhitung dari 1-10 kalo dipandu sama kita. Misalkan, kita bilang "Saaa..", dia bakal lanjutin "tuuu.. "  "du...." "wa..." sampe sepuluh.. Cuman kalo yang berhitung sendiri baru minggu ini dia bisa... Lucu deh dan selalu ketinggalan angka satunya ga tau kenapa...

Ini yang kecapture cuman dari 2-5 ajaaa... abisnya dia susah sih kalo mau disyut.. gilirannya kamera mati dia mau ngitung, pas nyala malah diem aja liatin kameranya.. hadeeeuh..



Wednesday, August 17, 2011

Gigi Ofal hilang 2.. :(

Hmm.. yuks mari bercerita tentang yang satu ini.. Kejadian yang bener2 buat aku ngerasa jadi ibu yang ga becus banget jagain anaknya.. dan sampai saat nulis cerita ini, aku masih ngerasa menyesal banget banget bangeeet.. :'( Padahal kejadiannya udah hampir 2-3 bulan yang lalu...

Jadi ceritanya waktu itu, pagi2 Ofal udah bangun.. Dan seperti biasa, kalo dia bangun dan lihat komputer di bawah (aku kalo kerja malem2 suka melantai di bawah), pasti dia nagih nonton baby einstein. Aku pasangin lah dvd baby einstein di komputerku. Posisi nontonnya, Ofal tengkurepan agak di pinggir di atas tempat tidur, aku halangin pakai bantal. Dan aku di sebelahnya dengan posisi yang sama sambil peluk dia. 

Waktu itu kebetulan ofal lagi pilek, dan pas nonton itu ingusnya udah sampe mau nyebrang ke mulut. Aku mau lap ingusnya itu. Tadinya aku mau lap pake bajuku, tapi aku pikir kok jorok ya lap ingus pake baju. Tus aku inget tadi malem aku simpen saputangannya ofal di tempat tidur. Tus aku lepas pelukan aku sebentar, memalingkan muka untuk cari saputangan. Sekian detik kemudian.. gubrraaak!! Ofal jatuhh.. !! :'( Padahal cuman itungan detik aku meleng dari dia.. nyesel sekali rasanyaaa...

Langsung aku gendong, dan aku liat mulutnya berdarah banyak sekali.. Tus aku bawa ke tempat tidur, aku mau nenenin, tapi pas udah masuk mulutnya dia langsung nangis lagi kesakitan.. Aku liat mulutnya.. Ya Allah.. giginya ada yang patah dan goyang.. Langsung aku ikutan nangis juga saat itu.. Ya ampun, ga tega banget liat Ofal ga bisa nenen dan kesakitan. :( Aku bawa dia ke UGD Hermina Grand Wisata, dokternya bilang ga ada luka apa2 lagi kecuali di giginya itu, dan dia ga bisa kasih tindakan apa2 kecuali kasih obat penahan nyeri. Jadi harus langsung ditangani sama dokter giginya langsung. Masalahnya waktu itu pagi2 banget, dan belum ada dokter gigi yang jadwal praktek. Jadilah harus nunggu sampe jam 2 siang, karena dokternya adanya jam segitu. 

Sambil nunggu jam 2 aku bawa pulang lagi Ofal ke rumah. Aku mandiin, aku suapin makan. Alhamdulillahnya, Ofal bukan tipe anak yang rewelan. Kalo ga ngerasa sakit bangeeet dia ga akan nangis. Alhamdulillah, soalnya bisa buat aku ngerasa sedikit lebih tenang, walo tetep miris liat giginya dia yang oglek2.
Waktu aku bawa pulang itu, dari gusinya udah ga keluar lagi darahnya. Dia juga udah mulai maen2 lagi kaya biasa. Cuman keliatan banget tersiksanya pas dia mau makan dan minum susu. Mungkin kena sama giginya yang patah dan goyang itu. Dan dia nangis setiap mau makan dan minum.. :'(

Jam 2 aku bawa lagi dia ke Hermina, dianter Nin sama Aki. Pas diliat sama dokter giginya, dia bilang giginya Ofal ga bisa dipertahankan lagi, karena patahnya nusuk ke gusinya. Makanya dia keliatan kesakitan banget. Aku usaha nego2 lagi, tus dokternya bilang, "Kasian anaknya bu.. daripada ga bisa makan dan minum kesakitan." Hffff.. ya sudahlah... apapun yang terbaik buat Ofal untuk saat ini akan aku jalanin. Akhirnya keputusan dicabut dua buah gigi depan atas Ofal pun disepakati. 

Pas proses pencabutannya ampuuunn, Ofal nangis kenceng bangeett.. kesakitan banget waktu ditusuk bius kayanya.. pengen mewek juga aku pas saat itu.. ga bisa ngomong apa2, cuman bisa peluk Ofal kenceng.. Bunda nyesel sekali de, buat ade ngerasa sakit kaya gini.. Alhamdulillah prosesnya ga lama. Begitu semua selesai, giginya dicabut dan langsung tambal gusinya yang bolong bekas giginya itu, aku bawa Ofal keluar dan langsung nenenin Ofal di ruang tunggu praktek. Aku udah ga peduli sama tatapan orang2 yang liat aku nenenin langsung di luaran gitu. Dan alhamdulillah, Ofal udah mau dan bisa nenen tanpa kesakitan lagi. Dan Ofal juga jadi jauh lebih tenang setelah nenen aku. Urusan administrasi dan konsultasi dokter akhirnya diurus sama Nin. Aku cuman fokus gendong Ofal dan berusaha supaya Ofal ngerasa nyaman.

Sekarang, Ofal ompong, 2 giginya di depan atas hilang. Setiap aku liat dia ketawa dengan gigi ompongnya, selalu terbersit rasa bersalah di hati aku. Seandainya waktu itu aku jaga Ofal dengan benerr.. mungkin semuanya ga akan terjadi. Aku takut ketika dia udah besar nanti temen2nya bakal ngeledekin atau gimana.. Tapi ya sudahlah yang penting Ofal sekarang sehat dan udah bisa maen2 lagi kaya biasanya dan apa yang jadi pikiran jelek aku ga terjadi.

Maafin bunda ya de.. Bunda bener2 nyesel :(




Sunday, August 7, 2011

nonton bioskop perdana ofal

Hari sabtu kemaren, kebetulan ayah libur dan bunda juga pas kebeneran ga ada request kerjaan.. hmm, langsung buat plan ini itu. mumpung bunda lagi senggang ada waktu luang.

Pertama, pengen kontrol gigi ofal setelah "kecelakaan" jatuh itu. iya bunda belum cerita disini. insyaallah bunda sekarang udah siap cerita soal jatuhnya ofal sampe memakan "korban" giginya ofal. :( alhamdulillah pas kontrol tambalan bekas jatuhnya itu sehat. jadi cuman ganti tambalan sementara ke tambalan tetap.
Seperti biasa ofal kalo udah duduk di kursi pasiennya itu pasti nangis dan langsung berontak2.. dia kayanya udah ngerti kalo ke dokter gigi itu "menakutkan".. mudah2an ga sampe trauma dan ga mau ke dokter gigi lagi ya de.. :(

Kedua, belanja bulanan. alhamdulillah lancar dan sepi. di kasir ga pake antri. cepet..

Ketiga, nah ini diaaa.. nonton TRANSFORMERS.. hohoho.. emang kita, ayah dan bunda, udah lama kepengen nonton film ini. kemaren sempet bingung juga.. nonton ga ya.. nonton ga ya..? soalnya sayang juga kalo ninggalin ofal di rumah hanya untuk nonton, soalnya udah seminggu ditinggalin kerja, masa weekend ditinggalin juga? tapi kalo ga sekarang kapan lagi waktunya?
Akhirnya kita sepakat, ngajakin ofal nonton juga aja.. siapa tau dia suka. jadi inilah film bioskop perdana ofal : TRANSFORMERS.. ^_^

Awal2 masuk studionya, tus nonton dia agak2 rewel. bukan takut sama gelap, atau layarnya yang besar, ataupun suara yang keras. tapi ofal takut sama decepticon, robot yang jahatnya itu..  tiap ada si robot jahat yang kaya uler itu dia langsung memalingkan mukanya. ga mau liat.. wkwkwkwk..
Di tengah2 film, ofal dikasih nenen dan dia malah keboboan. emang sih kayanya dari sebelum filmnya mulai dia udah agak2 ngantuk gitu. Tapi ga lama tus kebangun karna suara keras berantemnya para robot itu. tus sempet mau nangis. jadi bunda bawa dulu ke luar studio. 5 menit kemudian masuk lagi.
Tapi lama2 ofal bisa menikmati juga nonton bioskop pertamanya. dia suka bilang "eeeh" kalo ada robotnya, sambil tangannya ngacung2 kaya panggil burung. lucu deeh... dan dia udah ga terlalu takut lagi liat robot2 jahatnya. Cara nontonnya kaya orang gede deh.. seriusss bener.. :D

Alhamdulilah ofal bisa dibilang ga rewel.. heheh.. jadi kapan2 kita nonton bioskop lg ya naaak.. anak senang, bunda pun riang..  ^_^  

Tuesday, July 19, 2011

hai.. hai.. hai..

Ternyata udah lama banget ga update yaa... udah 2 bulan lewat...  emang deh bulan2 ini lagi banyak banget kejadian yang ga enak.. lagi banyak banget dikasih ujian sama Allah.. Hmm semoga bisa lulus ujian2 ini dengan nilai yang baik yaa..

Nanti deh kapan2 cerita soal yang ga enak2 itu, kalo udah ga males nginget2 lagi kejadiannya.. hehe.. sebenernya banyak banget yang bisa diceritain. Tapi nanti aja deeeh... ^_^

Yuks mari.. saya kabur lagi...

Monday, June 13, 2011

Berenang di Waterboom Lippo Cikarang

Beuh akhirnya ini blogspot "sembuh" juga.. udah dari beberapa hari kemaren pengen posting, tapi ga bisa masuk ke page new postnya.. aneh dehhh.. :(

Pengen cerita tentang hari Sabtu kemaren. Pertama kalinya kita ke waterboom Lippo Cikarang.. hehehe.. udah lama tinggal di Bekasi baru kali ini kita kesana. Ini juga karena ada acara dari kantornya Ayah, kaya family gathering gitu.. Hihihi.. senang!! =D

Pergi dari rumah sekitar jam 8-an. Nungguin temen Ayah yang mau bareng perginya. Tus mampir dulu di kantor Ayah, soalnya meeting point sama temen2 Ayah ya di kantornya. Nah pas lagi di kantor Ayah ini nih.. Ada tragedi.. *halaah... Karena bosen nungguin Ayah di mobil, akhirnya Bunda keluar dan biarin Ofal lari2 di lapangan parkirnya kantor Ayah. Biasa nih Ofal, kalo dilepas gitu larinya suka ga kekontrol. Kalo bahasa sundanya mah, "tetelenyengan". Pas banget Bunda bilang, "larinya pelan2 Ofal.. nanti jatuh.." Tiba2 gubrak..!! Ofal jatoh..

Kirain ga luka, soalnya jatohnya bisa dibilang pelan. Eh tapi pas Bunda angkat, ya ampuuun.. bibirnya berdarah banyaak.. :( Langsung bunda minta tissue yang dibasahin pake air untuk lap bibirnya.. Ternyata ada 2 luka sobekan gitu dan bibirnya langsung membengkak banget. Jadi dowerrr..  hikss.. pasti sakit ya de..

Tapi pinternya anak Bunda, nangisnya cuman bentar aja dan abis itu dia udah ga nangis lagi. Cuman dampaknya jadi ga mau buka mulut dulu sama ga mau kalo disuruh jalan sendiri gitu.. Agak2 trauma kali yaa? Tapi Bunda bilangin pelan2. Ga apa2 kok de.. Kalo mau jalan Bunda pegang tangannya yaa.. Tus ga lama, akhirnya dia mau juga jalan sendiri lagi. Ampun deh... :(

Tus abis pada ngumpul semua temen2nya Ayah, baru deh kita cabcusss.. Waterboom.. !! Here we are come!! Hihihi.. Ini foto waktu lagi nungguin tiketnya dibagiin.. Ofal seneng, soalnya banyak temen2nya.. :P dan dia juga banyak dibecandain sama temen2 kecilnya.. dipegang2, dicium2.. hehe.. Tuh di foto Ofal lagi ngemut bibir bawahnya yang bengkak. Mungkin rasanya aneh ya, "kok bibir aku jadi kaya gini..." gitu kali ya pikirnya Ofal.

Tiket masuknya kalo ga salah 60 ribu/orangnya. Kalo di bawah 2 taun masih gratisss...


Abis dikasih tiket,  tus baris deh masuk.. Eh Ayah kena razia nih di pintu masuk ini. Soalnya Ayah bawa Popmie.. Tus Popmienya disita deh.. heheh.. ternyata disini sama sekali ga boleh bawa makanan dari luar. Kecuali makanan dan minuman bayi.. Soalnya bekel makan siangnya Ofal lolos dari razia..

Pas masuk ke dalemnya, kesan yang ada pertama kali.. Hmm.. adem juga. Tempatnya ga gersang, banyak pepohonan disana sini. Sempet nengok juga ke tempat mandinya.. Bersih.. dan luas.. Tus untuk penitipan barangnya, dibuat sistem loker yang kuncinya kita bawa sendiri. Jadi begitu  masuk lokasi kolam renangnya kita udah dikasih koin loker buat nyimpen barang2 berharga. Kalo kita mau nyimpen barang, tinggal pilih loker yang kita mau. Tus taro barangnya, tutup pintu lokernya, masukin koin dan ngunci deh pintunya. Kuncinya bisa kita bawa...

Pengalaman berenang terakhir kemaren Ofal malah nangis. Makanya yang sekarang, agak pelan2 deh nyeburinnya. Pertamanya cuman liat2 dulu aja. Ofal seneng liat air banyaak.. ^_^ Tus abis itu pelan2 kakinya dicelupin. Abis itu lama2 dia mau ke tengah, baru deh ganti pake celana buat renang. Lumayan pake cara gini, dia ga terlalu kaget pas nyelup aer yang agak dalemnya.


Awalnya cuman maen di kolam anak. Seneng Ofal jalan kesana kemari pake pelampungnya, walo masih suka agak takut kalo kena cipratan aer. Jadinya seringnya Ofal minta dipegangin terus deh.. Di kolam anak ini ada juga kaya rumah2an buat seluncuran anak2nya. Cuman Ofal pas dicobain dia ga mau turun ngeluncur.. Yo wes laaahh...

Abis itu bosen di kolam anak. Kita pinjem ban yang buat 2 orang itu, dan ke kolam arusss!!  Pas ayah antri pinjem ban, Bunda sama Ofal malah jajan sate ayam.. hehe.. lumayan enak, harganya 15 ribu aja. Di dalemnya emang ada banyak yang jualan mondar mandir gitu.. tapi yang jualan pegawai resmi dari waterboomnya yaa.. jangan dibayangin kaya pedagang asongan gitu.. hehehe.. selain sate, ada yang jual rujak, minuman panas dan dingin, ayam goreng, dll..

Enak deh pake ban di kolam arus. Leyeh2 kena ombang ambing aer. Ofal aja ampir mau bobo, udah nundutan gitu.. Tapi tiba2 kebangun kaget gara2... kena cipratan aerrr...!! hahahaha.. Soalnya ternyata di kolam arus ini emang ada bagian2 tertentu yang dibuat kaya ada pancuran aernya.. sama ember yang ada di atas kepala gitu, yang kalo penuh bakalan tumpah.. (kebayang ga sih.. ^_^) tus mewek2 rewel deh minta turun.


Yang jadi puncak acaranya hari ini buat kita... Ayah Bunda ajakin Ofal naek seluncuran  yang tinggi itu, yang pake ban.. hehehehe.. awalnya kirain ga boleh.. tapi pas sampe atas yang jaganya cuek2 aja.. Yo wes lanjut kitaa... =D perjuangan banget deh bawa Ofal ke atas, digendong.. Berat booo.. jadi Ayah kebagian tugas bawa ban, Bunda yang gendong Ofal.. Sayang pas ini ga ada fotonya.. :( abis Ayah kan pegang Ofal pas luncurnya, sementara Bunda heboh tereak2 sendiri.. Takuuut.. hihihi.. kalo Ofal mah malah anteng, ga bersuara.. ga tau anteng karena shock dibawa seluncuran yaa? hehehe.. Have fun lah kita pokoknya.. ^_^


Abis dari seluncuran itu, udah deh.. kita mandi aja ah.. takut Ofal kelamaan maen aernya.. Lagian dia keliatan udah ngantuk bangeet, karena kelewat jadwal tidur paginya...

Laen kali kalo mau maen lagi ajakin kita lagi ya ayahhh.. =D

Monday, May 30, 2011

Taman Suropati (Lagi..)







**Aku lagi seneng nih.. masuk2in foto ke template scrapbook kaya gini.. Lucu yaa? Ini dapet dari blognya mbak Ina nih.. Makasih ya Mbaak.. Aku jadi ketagihan nih.. hehehe..


Kondangan yuuuk..

Hari Sabtu kemaren kita ke kondangan nikahan temen kantornya Ayah di daerah Bekasi Barat. Bingung, Ofal dipakein apa yaa? Pake kemeja, tapi kemejanya Ofal tangan panjang semua.. Kasian ah kalo dipakein tangan panjang, soalnya acaranya siang.. Pasti gerah banget deh... Eh inget.. kayanya punya kemeja batik tangan pendek oleh2 Aki dari Jogja. Belum pernah dipake.. 

Abis mandi, mamam, tus siap2.. dipakein baju batiknya.. Ow.. oww.. nampak udah mulai kekecilan..  bagian perut bawahnya udah mulai susah dikancingin.. Ofal  ndut perutnya sihhh.. =P Yaaah.. ga kepake lama nih. Padahal masih ada beberapa kemeja batik lagi yang juga belum dipake..

Hihihi.. Ofal lucu banget deh dipakein batik Ganteng anak bundaaa...  ^_^

Sebelum ke tempat acara, jemput dulu temen2 Ayah di kantornya.. Awalnya ketemu temen2nya Ayah, Ofal sempet malu2.. cuman liat, tus senyum2.. eh.. tapi ga lama, udah bawel lagi aja loo..!! Malahan ada satu temen Ayah, namanya om Acep gendong Ofal pas di tempat kondangan. Tus Ofalnya ga mau lepas gitu dari gendongannya. Nangkel ajaa.. Diajakin gendong sama Ayah Bunda nya ga mau.. T_T dasarrr...



Disana sempet ketemu juga sama anak2 temennya Ayah. Tus ada satu  namanya Kian, anaknya Om Erik. Anaknya kaleeem banget.. Awalnya baek2 aja, sampe pas Ofal treak kenceng.. eh Kian nangis tanpa suara gitu.. Sediiih banget keliatan mukanya..Tus sempet diem.. Ofal treak lagi, Kiannya nangis lagi! Bunda jadi ga enak hati gitu sama mamanya Kian.. Jadi Bunda bawa kabur aja Ofal dari situ..  takut buat Kian nangis lagi.. Hahaha.. dasar nih bocah, abis emang lagi senengannya treak2.. :D

Pas disuapin sama nasi dan sop, Ofal makannya lahap banget.. Sambil liat lampu dekor kelap-kelip, tus tangannya kaya mau manggil cicak gitu.. abis gitu tepok tangan liat lampunya..  Pinternya anak Bunda. Mamamnya banyaaak.. Bundanya deh yang seneng.. hehehe..

O iya.. Buat temennya Ayah yang nikah, Om Dimas.. Selamat menempuh hidup baru yaa.. Semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah dan warahmah... Amiieen..




Thursday, May 26, 2011

Sarapan bareng..

Sejak udah bisa duduk sendiri di booster makannya, Ofal pasti diusahain selalu ikutan sarapan bareng Ayah Bunda di meja makan. 
 
Awalnya sih supaya kita juga bisa ngerasain quality time di pagi hari. Soalnya kan Ayah kadang pulang pas Ofal udah bobo. Jadi kapan lagi bisa bareng sama Ofal kalo ga pagi2 sebelum berangkat kerja? 

Selain itu emang supaya ngebiasain juga makan bareng2 di meja makan. Jujur aja di keluarga Bunda tuh ga ada tradisi makan bareng di meja makan. Kalo mau makan ya masing2 aja, kalo laper makan, dan makannya pun di ruang keluarga sambil nonton TV. hehehe.. eh tapi di keluarga Ayah ga gitu. Kalo di keluarga Ayah, sebisa mungkin kalo waktunya makan itu, semua anggota keluarga ngumpul, makan bareng di meja makan, sambil cerita2. Kerasa banget deh keakrabannya. Mungkin itu juga yang Ayah mau terapin di keluarga kecil kita.

Kalo sarapan, Ayah makan, Bunda ngopi susu (ga biasa makan berat pagi2), tus Ofal suka kita kasih lauknya. Ceritanya ngemil2 gitu di pagi hari deh.. ^_^ Soalnya jadwal makannya Ofal sekitar jam setengah 8an abis dia mandi. Sementara kita sarapan mulai jam 6an. Ayah masuk kerja jam 7 sih.. huehehe.. Pagi bener ya? 

Cemilannya biasanya ya lauknya kita, kaya perkedel, tahu ato sosis. Tus ga kita suapin. Biarin aja jadi ajang belajar makan sendiri. Kadang kita kasih sendok, kadang ga.. Jadi istilahnya Baby Led Weaning (BLW) "curi2" hehehe...   

Awalnya sih tuh makanannya cuman diudek2 aja pake tangan atau sendok. Tus ujung2nya dilempar2 ke lantai.. :P Tapi sekarang2 udah mulai bisa makan pake sendok, walo kebanyakan tetep aja dilempar ke lantai.. Gapapalah.. Kan kalo ga kotor ga belajar yaa..? Yang penting prosesnya.. ^_^ Tus sekarang Ofal juga udah bisa minta kalo dia mau makanan atau minuman yang ada di meja makan..

Eh kemaren2 Bunda pas baca majalah Ayahbunda baca nih sedikit info tentang "Di balik Makan Bersama.." Ini Bunda copas yaaa.. 
"Acara makan bersama keluarga bermanfaat besar bagi anak asma. Prof. Dr. Barbara H. Fiese, psikolog anak dari University of Illionis Urbana-Champaign (AS), menyebutkan, interaksi efektif selama paling tidak 18 menit di antara sesama anggota keluarga membuat asma anak lebih jarang kambuh, fungsi paru2nya menjadi lebih baik, sehingga kualitas hidup meningkat. Syaratnya, orang tua dan balita duduk bersama dalam satu meja, terlibat aktif dalam percakapan."
Ofal ga asma sih... Mudah2an nggaaak.. *ketok2 meja*

Selain itu manfaat makan bersama, ngutip dari sini :
  1. Makan bersama memberikan dampak yang positif untuk perkembangan anak. Keluarga yang rutin makan bersama terbukti erat rasa kebersamaannya.
  2. Dari percakapan yang terjalin pada saat makan bersama, akan timbul saling memberi perhatian dan muncul lah rasa sayang, kepercayaan, hangat, nyaman dan aman.
  3. Dengan makan bersama memberikan kesempatan untuk anak belajar sopan santun, bagaimana seharusnya bersikap bila sedang makan. Contoh : mengunyah yang baik sehingga tidak menimbulkan suara berdecap. Beri contoh oleh orangtua terlebih dahulu kemudian mintalah anak untuk belajar mengikuti. 
  4. Belajar memberikan kesempatan pada anak untuk berpartisipasi memilih menu makanan yang diinginkan.
Sebenernya mungkin hal2 itu bisa aja didapet dari selain makan bersama ya.. Cuman untuk keluarga kita yang agak2 susah jadwal ketemunya, pergi  kerja pagi sampe rumah malem. Sampai saat ini masih mencoba memanfaatkan segala waktu yang ada buat bareng2, termasuk waktu sarapan ini.. ^_^

Ini nih foto waktu sarapan tadi pagi... ^_^

Tuesday, May 17, 2011

Imunisasi MMR

Sebenernya Ofal imunisasi MMR ini waktu umur 15 bulan.. Cuman baru sekarang nih sempet update. Ini juga karena Fajar (temen kantor) kemaren sempet nanya Ofal udah imunisasi MMR apa belum. Lagian seminggu kemaren ini lagi lumayan sibuk training di kantor juga. Pergi pagi pulang malem, untungnya sampe rumah Ofal selalu belum bobo.. Nungguin Ayah sama Bundanya dulu kali ya? hehehe.. Jadi masih bisa maen2 dulu sama Ofal sebelum bobo.

Awalnya sempet ngerasa ragu2 juga mau ngasih imunisasi MMR ini sama Ofal. Soalnya isu2 yang beredar di luaran sana banyak yang bilang kalo imunisasi ini salah satu pencetus autis pada anak. Yang udah ngasih imunisasi MMR pun banyak yang nunggu sampe anaknya udah lancar ngomong dulu baru dikasih imunisasi. Dan masalahnya pas umur 15 bulan itu (waktu anjuran untuk dikasih imunisasi MMR ini) Ofal belum bisa ngomong. Baru bisa ngomong beberapa kata aja. Tapi setelah googling dan juga dapet dukungan dari dsa nya (dia ga mempermasalahkan kalo Ofal udah bisa ngomong apa belum ^^), kita semakin yakin kalo kita akan kasih imunisasi MMR ini untuk Ofal. Soalnya takut juga kalo penyakitnya dateng sebelum kita imunisasi. 

Ini hasil rangkuman googling tentang imunisasi MMR.

Vaksin MMR adalah vaksin 3-in-1 yang melindungi anak terhadap campak, gondongan dan campak Jerman dan disuntikkan sebanyak 2x. Vaksin tunggal untuk setiap komponen MMR hanya digunakan pada keadaan tertentu, misalnya jika dianggap perlu memberikan imunisasi kepada bayi yang berumur 9-12 bulan. 

Suntikan pertama diberikan pada saat anak berumur 12-15 bulan. Suntikan pertama mungkin tidak memberikan kekebalan seumur hidup yang kuat, karena itu diberikan suntikan kedua pada saat anak berumur 4-6 tahun (sebelum masuk SD) atau pada saat anak berumur 11-13 tahun (sebelum masuk SMP).

Campak menyebabkan demam, ruam kulit, batuk, hidung meler dan mata berair. Campak juga menyebabkan infeksi telinga dan pneumonia. Campak juga bisa menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti pembengkakan otak dan bahkan kematian. 

Gondongan menyebabkan demam, sakit kepala dan pembengkakan pada salah satu maupun kedua kelenjar liur utama yang disertai nyeri. Gondongan bisa menyebabkan
meningitis (infeksi pada selaput otak dan korda spinalis) dan pembengkakan otak. Kadang gondongan juga menyebabkan pembengkakan pada buah zakar sehingga terjadi kemandulan. 

Campak Jerman (
rubella) menyebabkan demam ringan, ruam kulit dan pembengkakan kelenjar getah bening leher. Rubella juga bisa menyebakban pembengkakan otak atau gangguan perdarahan.

Imunisasi MMR juga diberikan kepada orang dewasa yang berumur 18 tahun atau lebih atau lahir sesudah tahun 1956 dan tidak yakin akan status imunisasinya atau baru menerima 1 kali suntikan MMR sebelum masuk SD.
Dewasa yang lahir pada tahun 1956 atau sebelum tahun 1956, diduga telah memiliki kekebalan karena banyak dari mereka yang telah menderita penyakit tersebut pada masa kanak-kanak.

Pada 90-98% orang yang menerimanya, suntikan MMR akan memberikan perlindungan seumur hidup terhadap campak, campak Jerman dan gondongan.
Suntikan kedua diberikan untuk memberikan perlindungan kuat yang tidak dapat dipenuhi oleh suntikan pertama.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh masing-masing komponen vaksin :

Komponen campak : 
  • 1-2 minggu setelah menjalani imunisasi, mungkin akan timbul ruam kulit. Hal ini terjadi pada sekitar 5% anak-anak yang menerima suntikan MMR.
  • Demam 39,5 derajat Celsius atau lebih tanpa gejala lainnya bisa terjadi pada 5-15% anak yang menerima suntikan MMR. Demam ini biasanya muncul dalam waktu 1-2 minggu setelah disuntik dan berlangsung hanya selama 1-2 hari. Efek samping tersebut jarang terjadi pada suntikan MMR kedua. 
Komponen gondongan

Pembengkakan ringan pada kelenjar di pipi dan dan dibawah rahang, berlangsung selama beberapa hari dan terjadi dalam waktu 1-2 minggu setelah menerima suntikan MMR. 

Komponen Campak Jerman
  • Pembengkakan kelenjar getah bening dan atau ruam kulit yang berlangsung selama 1-3 hari, timbul dalam waktu 1-2 minggu setelah menerima suntikan MMR. Hal ini terjadi pada 14-15% anak yang mendapat suntikan MMR. 
  • Nyeri atau kekakuan sendi yang ringan selama beberapa hari, timbul dalam waktu 1-3 minggu setelah menerima suntikan MMR. Hal ini hanya ditemukan pada 1% anak-anak yang menerima suntikan MMR, tetapi terjadi pada 25% orang dewasa yang menerima suntikan MMR. Kadang nyeri/kekakuan sendi ini terus berlangsung selama beberapa bulan (hilang-timbul).  
  • Artritis (pembengkakan sendi disertai nyeri) berlangsung selama 1 minggu dan terjadi pada kurang dari 1% anak-anak tetapi ditemukan pada 10% orang dewasa yang menerima suntikan MMR. Jarang terjadi kerusakan sendi akibat artritis ini. 
  • Nyeri atau mati rasa pada tangan atau kaki selama beberapa hari lebih sering ditemukan pada orang dewasa. 
  • Meskipun jarang, setelah menerima suntikan MMR, anak-anak yang berumur dibawah 6 tahun bisa mengalami aktivitas kejang (misalnya kedutan). Hal ini biasanya terjadi dalam waktu 1-2 minggu setelah suntikan diberikan dan biasanya berhubungan dengan demam tinggi. 
Keuntungan dari vaksin MMR lebih besar jika dibandingkan dengan efek samping yang ditimbulkannya. Campak, gondongan dan campak Jerman merupakan penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi yang sangat serius. Jika anak sakit, imunisasi sebaiknya ditunda sampai anak pulih. 

Imunisasi MMR sebaiknya tidak diberikan kepada:
  • anak yang alergi terhadap telur, gelatin atau antibiotik neomisin
  • anak yang 3 bulan yang lalu menerima gamma globulin
  • anak yang mengalami gangguan kekebalan tubuh akibat kanker, leukemia, limfoma maupun akibat obat prednison, steroid, kemoterapi, terapi penyinaran atau obati imunosupresan.
  • wanita hamil atau wanita yang 3 bulan kemudian hamil. 

Dan ini hasil googling tentang autisme :

Autisme adalah suatu gangguan perkembangan anak berupa gangguan interaksi sosial dan komunikasi (bukan semata-mata gangguan berbicara) dan biasanya muncul pada usia 1-3 tahun. Tanda2 autisme biasanya muncul pada tahun pertama dan selalu sebelum anak berusia 3 tahun. Autisme 2-4 kali lebih sering ditemukan pada anak laki2. 

Penyebab pasti autisme tidak diketahui. Penelitian terbaru menitikberatkan pada kelainan biologis dan neurologis otak, termasuk ketidakseimbangan biokimia, faktor genetik dan gangguan kekebalan. Beberapa kasus mungkin berhubungan dengan:
  • Infeksi virus (rubella kongenital atau cytomegalic inclusion disease)
  • Fenilketonuria (suatu kekurangan enzim yang sifatnya diturunkan)
  • Sindroma X yang rapuh (kelainan kromosom). 
Penderita autisne klasik memiliki 3 gejala :
  • gangguan interaksi sosial
  • hambatan dalam komunikasi verbal dan nonverbal
  • kegiatan dan minat yang aneh atau sangat terbatas

Tentang isu yang bilang kalo vaksin MMR ini dapat menjadi pencetus terjadinya gejala autis. Hmm.. kalo menurut yang aku baca, hal ini disebabkan karena gejala autis (misalnya kemampuan bicara yang belum lancar) biasanya timbul pada saat anak berumur 12-18 bulan. Hampir sama dengan waktu anjuran pemberian vaksin MMR yaitu 12-15 bulan. Makanya seringkali orang menyangkutpautkan antara MMR ini dengan Autis. Belum lagi ada yang bilang juga kalo vaksin ini mengandung zat pengawet thimerosal yang bisa membahayakan otak bayi. Penelitian membuktikan kalo kadar thimerosal dalam vaksin amat rendah. Setelah divaksin, kadar merkuri dalam darah tidak meningkat dan thimerosal dibuang melalui pup. Selain itu merkuri  dalam thimerosal bukan merkuri aktif yang bisa merusak ginjal, saraf atau otak. Sampai saat ini, katanya.. katanya loh yaa.. hehe.. belum ada penelitian yang bisa membuktikan hubungan antara pemberian vaksin MMR dengan autisme.Dan lagi kalo emang MMR bisa bikin jadi autis, pasti Organisasi Kesehatan Dunia sudah melarang pemberian vaksin ini. Ya kan ya?

Vaksin diciptakan untuk bisa mencegah penyakit2 yang potensial menimbulkan penyakit dan komplikasi yang berat, yaitu yang bisa menyebabkan cacat bahkan kematian. Vaksin ini juga ditemukan setelah melalui penelitian yang memakan waktu yang lama dan biaya yang sangat besar. Tujuan utamanya untuk menentukan keampuhan dan memastikan keamanan vaksin. Dipilih dosis terkecil yang paling efektif merangsang pembentukan antibodi protektif, dan ditentukan juga jadwal yang paling ideal dalam merangsang terbentuknya kadar antibodi yang terbaik. Oleh karena itu sebaiknya imunisasi apapun mengikuti waktu yang sudah dianjurkan. 

Setelah browsing2 makanya makin mantep untuk ngasih vaksin MMR ke Ofal. Abisnya kalo liat akibat dari penyakit2, yang harusnya bisa dicegah sama vaksin MMR ini, serem banget! Walopun sebenernya dengan divaksin pun ga bisa mencegah 100% kalo si anak ga akan sama sekali kena penyakitnya, tapi at least kalo kena pun (amit-amit..) ga akan separah kalo anak yang ga divaksin sama sekali.

Tapi soal pemberian vaksin ini sih ya balik lagi ke orang tua masing2 loh yaa.. Soalnya kan tetep yang tau terbaik untuk anaknya ya orang tuanya. Emang lebih baik untuk cari info2nya lebih dulu sebelum memutuskan segala sesuatu untuk anak kita yaa.. Dan menurut aku, yang terbaik untuk Ofal ya dengan kasih Ofal vaksin MMR ini. ^_^

Sumber : 
  1. http://mommiesdaily.com/2010/10/05/imunisasi-mmr-autisme/
  2. http://medicastore.com/penyakit/43/Autisme.html
  3. http://afie.staff.uns.ac.id/2008/12/13/vaksin-mmr-menyebabkan-autis/ 
  4. http://medicastore.com/penyakit/81/Imunisasi.html
  5. Q&A Smart Parents for Healthy Children, dr. Purnamawati S.
  6. dan lain2 yang kelupaan linknya.. ^_^ maap...




Friday, May 6, 2011

Pancake

Kemaren iseng, pengen sarapan yang manis2 gitu... Pikir2 ah coba buat pancake ah.. hehehe.. sebelumnya aku belum pernah buat pancake.. *malu.. 

Tus akhirnya browsing2 resep dan dapetlah resep pancake praktis dari sini. Buatnya gampang loh dan bahannya pun ga ribet...


Bahan:
100 g tepung terigu
1 sdt penuh baking powder
50 g gula halus
200 ml susu cair (aku pake dancow yang diseduh)
1 sdt garam
3 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya

Pelengkap:
Maple syrup (aku pake susu kental manis, ga punya maple syrup)
Mentega,
Irisan buah, seperti apel atau pisang (aku skip, ga punya)

Cara membuat:
  1. Campur tepung, baking powder, gula, susu, garam dan kuning telur hingga licin dan rata. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur hingga kaku.
  3. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan terigu, aduk rata.
  4. Panaskan wajan dadar antilengket, olesi sedikit minyak.
  5. Tuangkan 1 sendok sayur penuh adonan ke dalam wajan. Masak hingga kedua sisinya matang.
  6. Taruh di piring saji. Sajikan hangat dengan pelengkapnya.
Kemaren buat untuk aku sama nenek aja. Masih ada sisa, aku simpen adonannya di kulkas, dan buat sarapan lagi hari ini. Cuman untuk hari ini aku pake toppingnya selai blueberry.. Hmm.. Sarapan yang mudah dan simpel buatnya tapi enyaaakk.. ^_^


Thursday, May 5, 2011

Perangkat Memompa Asi

Waktu berlalu emang ga berasa ya? Rasanya baru kemaren aku bangun tiap malem, begadang mompa ASI untuk miminya si cilik Ofal. 

Kalo inget2 waktu itu kadang suka berasa kangen deh.. Malem2 bangun, tus pake pompa medela mini elektrik dengan suaranya yang dahsyat. Untungnya Ofal sama Ayah kalo bobo ga gampang kebangun dengan suara2 berisik gitu.. heheh.. 

Dulu jadwal mompa aku ada sekitar 5-6 kali sehari :
  • Tengah malem sekitar jam 1 atau jam 2
  • Subuh
  • Kalo pagi2 nenenin langsung
  • Di kantor sebelum makan siang sekitar jam 11
  • Di kantor sebelum pulang sekitar jam setengah 4 sore
  • Jam 7an, kalo aku pulang Ofal masih bangun nenen langsung, kalo ga pompa
  • Sebelum tidur sekitar jam 10an
Alhamdulillah ASI aku termasuk lancar.. Apalagi kalo abis makan bubur kacang ijo buatan uyut.. Deres banget deh.. Makanya kalo ASI lagi seret aku selalu minta uyut buatin bubur kacang ijo buat boost ASI lagi. Selain bubur kacang ijo, yang bikin ASI banyak ya minum air putih..

Perangkat2 di bawah ini nih yang bantu banget aku mompa ASI. Secara aku ga bisa merah ASI pake tangan. Pengen bisa deh. Pernah cobain merah ASI pake tangan tapi susah.. ASI nya jadi kemana2, jadinya sayang.. Tus mana abis itu pegel banget.. =P


No1.Cooler bag + blue ice medela. 
Ini buat aku recomended banget deh.. Kalo bawa dari pagi, pas pulang ngantor sore masih dingin tuh blue icenya. Walo udah agak2 mencair. Ukurannya juga pas untuk mompa seharian di kantor. Walo sekarang udah ga pompa ASI lagi, tapi masih dipake juga. Sekarang dipakenya untuk bawa kaldu atau makanan beku buat Ofal kalo keluar kota.

No2 dan 3. Alat pompa ASI nya.
Ini aku sampe punya 3 biji nih di rumah..
  • Yang pertama punyanya pigeon. Awalnya mikir nyari yang murah aja ahh.. Pake ini enak juga sih, ga terlalu sakit pas nariknya. eh tapi taunya lama2 pegel juga ya.. =P lagian kalo di kantor kan kayanya perlu yang cepet gitu mompanya. Kadang ini aku pake gantian sama yang minel kalo lagi ga pengen ribut mompanya.. =P
  • Tus karena temen2 kantor kebanyakan pake minel (mini elektrik) jadi akupun latah deh beli.  Pake minel ini awalnya suka sakit pas narik, tapi lama kelamaan kebal.. hehe.. Enaknya karena pumpingnya ga pegel.. Tus lebih cepet waktu pumpingnya. Cuman karena di kantorku, tempat pumpingnya ga ada colokan listrik, jadilah hambur banget batere. Tus karena udah sering jatoh, jadinya daya isepnya berkurang banget..
  • Gara2 minelnya rusak, aku cari2 lagi breastpump lain. Tus liat rekomendasi di inet, katanya yang swing ini enak pakenya.. Jadilah aku beli yang swing.. =P kesimpulan dari ketiga breastpump ini, yang paling enak yang medela swing.. daya isepnya kuat, tapi ga sakit pas narik. Tus awalnya ada kaya isapan yang pelan gitu, yang bisa memancing ASI keluar banyak.. Enak deh pokonya.. ^_^
No4. Botol ASI bekas UC1000. 
Ini aku beli di online shop twinklebunny.multiply.com. Online shop ini recomended deh. Aku baru transfer pagi, eh sore pas aku pulang kantor udah sampe aja.. ^_^ Di rumah sampe ada sekitar 150 botol ini. Ga aku buang. Takutnya nanti kepake untuk anak kedua. hehehe..

No5. Hasil perahan ASI. 
Alhamdulillah bisa mencukupi sampe Ofal umur 1 tahun. Kalo sekarang aku udah ga mompa lagi, abis keseringan home office dan nenenin Ofal langsung di rumah.. Tapi gara2 ga pernah mompa lagi, ASI aku jadi berasa deh berkurangnya.. =( Kesalahan fatal emang. Mudah2an nanti anak kedua bisa lebih baek lagi breastfeedingnya.. hehe..

Dan yang ga kalah pentingnya freezer untuk simpen ASIP nya dan sterilizer. Tapi aku cuman mensteril segala perangkat ini dirumah aja. Abis ga mungkin banget kalo sterilisasi di kantor. Di kantor abis pake cuman dicuci aja pake aer keran. Bismillah aja kalo Ofal ga kenapa2.. 

So sekarang, selamat tinggal sementara teman2 (baca : alat mompa ASI). Makasih udah nemenin aku kemana2 selama setaun ini.. ^_^  daaan... sampe jumpa di tugas selanjutnya untuk bantu pompa ASI untuk adenya Ofal yaaa... (halaaah.. masih jauh kali... =D) 

Tuesday, May 3, 2011

Jalan-jalan Ayah..

Emang bener2 deh, minggu ini Ofal makin keliatan pinternya.. Kaya tadi pagi, tingkahnya Ofal bikin Bunda tercengang.. Wah.. udah bisa ya Ofal kaya gitu? =P

Jadi kan tadi pagi Ayah masih di depan komputer, lagi bantuin Bunda backup data komputer Bunda. Tus Ofal coba ngerecokin Ayah, dan Ayah masih tetep sibuk di depan komputer. Tus taunya, tiba2 Ofal ngilang dan balik2 bawa sepatunya dia.. Sepasang lagi, dan bener pula pasangannya yang itu. Tus Ofal kasih ke Ayahnya, dan dia bilang, "Nji.. Nji.." Yang artinya pergi.. pergi.. Tus Bunda bengong sebentar dan langsung ngakak.. Bangga banget rasanya.. Ofal udah bisa ngerti meminta. Dia minta dipakein sepatu dan minta diajakin jalan2 sama Ayahnya.. Hihihi.. lucuu.. Dan Ofal keliatan seneng banget waktu digendong sama Ayah keluar rumah.. Ih Ofal pinter deeeh.. ^_^