Wednesday, December 4, 2013

Anakku kreatif

Pantesan yaa dari kemaren pagi itu Nunal semangaaat banget mau cepet-cepet sekolah..
Nunal selalu nanya, "Besok Nunal dijemput pagi-pagi ke sekolah ya Bun? Nanti Bunda Guru tungguin Nunal di sekolah ya?"
Hihihi.. Tumben semangat banget nih anak aku pikir.. :P

Tus aku tanya, emang Nunal mau ngapain sih di sekolah? Nunal mau belajar apa di sekolah?
Dan Nunal jawab, Nunal mau bawa bunga Bun di sekolah.. Aku pikir bunganya itu bunga beneran.. Aku iya iya aja dan bilang, "Bawain Bunda bunga yang banyak dari sekolah ya Nal".. :D

Eh ga taunya, hari ini Nunal pulang sekolah bawa iniiii..
Bunga hasil kerajinan tangannya dia di sekolah..
Dan yang bikin hati aku ikutan berbunga, pas Nunal bilang, "Bun, ini bunganya buat Bunda"

Duh so sweet, dan bikin hati ini meleleh...
Makasih ya Nal, udah kasih bunganya buat Bunda..
LOVE YOU SO MUCH...!



Dan sekarang bunganya terpajang apik di meja ruang tamu :)

Belakangan ini Nunal sering bawa hasil karyanya ke rumah. Aku suka deh..
Kenapa?
Karena menurutku hal itu bisa mengajarkan dia belajar untuk kreatif, berani mencoba sesuatu yang baru, dan meningkatkan percaya dirinya.. Nunal keliatan bangga banget deh kalo udah berhasil buat sesuatu. :D

Walaupun setiap anak sudah terlahir dengan kreatifitas masing-masing, tapi masih bisa terus ditingkatkan dengan cara dilatih kan ya.. Penasaran langsung googling cari gimana sih caranya biar kreativitas anak bisa lebih ditingkatkan?
Dari beberapa artikel yang aku baca. Nemu ini yang kayanya cocok buat aku dan Nunal.. :D

Bagaimana melatih kreativitas seorang anak? Ada lima tip untuk melatihnya:

1. Berani kotor itu baik. Dengan berani kotor, mereka tidak terikat oleh banyak peraturan yang menghambat jiwa petualang mereka. Mereka dapat melatih diri untuk lebih berani menjelajah tempat baru, berkreasi dengan pensil warna, dan melatih jiwa kreatif mereka.

2. Anak-Anak yang selalu dikekang akan terhambat kreativitasnya. Selain kegiatan yang berbahaya seperti bermain dengan kompor, izinkan anak-anak untuk bermain-main dengan alam sekitarnya. Biarkan mereka mencoba mengosongkan rak buku atau lemari dapur. Membiarkan mereka menggambar teras dengan kuas dan seember air? Kenapa tidak?

3. Fokus pada proses belajar, bukan hanya pada hasil. Berapa banyak gambar atau seberapa bagus itu tidak penting. Ada yang lebih penting dari hasilnya, yaitu bagaimana mereka berusaha untuk menghasilkan gambar tersebut.

4. Dukung anak Anda untuk jadi berbeda. Biarkan anak-anak Anda tumbuh dengan menjadi berbeda daripada anak-anak lainnya. Untuk membangun karakter mereka, anak-anak membutuhkan dukungan untuk bisa menjadi berbeda dari anak-anak lainnya.

5. Jadikan bermain seni menjadi mudah. Jika anak-anak dapat bermain tanpa bantuan Anda, mereka akan lebih sering bereksperimen dengan kreativitas mereka. Biarkan mereka dengan mudah mengambil pensil warna atau crayon mereka untuk menggambar dan berkarya. Tentu saja, sedikit aturan seperti tidak menggambar di tembok atau beberapa tempat yang telah disepakati, itu tetap penting. Poin pentingnya adalah jadikan seni bagian dari hidup mereka.

Sumber diambil dari Okezone.

Kesimpulannya sih kayanya, yang penting jangan terlalu banyak larangan untuk anak ya?

Selama mereka happy dan bisa explore apa yang mereka ingin tahu dan tentunya tidak membahayakan bagi mereka ya cobalah biarkan.. Tapi tetap sambil diawasi loh yaa...

Hal simpel yang aku terapin baru-baru ini sama Nunal sih penggunaan gunting dan cutter.
Biasanya kalau Nunal udah pegang dua benda itu, aku langsung parno.. Tapi kemaren, dibanding aku rebut cutternya, aku lebih memilih untuk ngajarin dia cara untuk menggunakan cutter yang bener..
Yang lainnya apa yaa? Hihihihi.. nanti aku share lagi deh.. :D

Tuesday, July 23, 2013

Belajar Nunal di sekolah hari ini...

Seperti biasa pulang kantor, habis bersih-bersih dan beres-beres langsung kelonan sama Nunal.. Biasanya kalo lagi kelonan gitu suka ngobrol-ngobrol, tadi di sekolah belajar apa.. ngapain aja.. atau tadi Bunda di kantor ada apaan aja... Tuker cerita... 

Seringnya sih dia suka ga mau kalo cerita ngapain aja di sekolahnya... Kecuali kalo dah keceplosan kaya tadi.. Tiba-tiba dia nyanyi sesuatu yang baru banget.. Aku ga pernah denger sebelumnya Nunal pernah nyanyi itu.. Pas aku tanya lagi, Nunal belajar itu di sekolah? Tus dia jawab, iya Buuun.. Hehehe.... Tus kayanya sih Nunal juga baru belajar surat Al-Ashr di sekolah ya nak.. soalnya ada ayat2 yang dibelakangnya yang dia inget.. ^_^

Tadi aku coba rekam, ternyata videonya kegedean.. Aku rekam lagi dari laptop... eeeh, malah jelek hasilnyaa...
Tapi lumayanlah yaaa.. :)

Dan inilah hasil belajar Nunal hari iniiii...


Monday, July 15, 2013

Hari Pertama TK Nunal

Waktu kalau sedang dijalani terkadang berasa lama.. Tapi ketika sekali kita menoleh ke belakang, waktu terasa udah berlalu begitu cepat...

Ya gitu juga perasaan aku.. 
Rasanya baru kemaren ngelahirin Nunal, nyusuin, terpukau ngeliat dia bisa pegang kaki sendiri di umurnya yang baru beberapa bulan, terkagum-kagum dia bisa merangkak tus jalan sendiri... Tus sekarang tiba-tiba, sekarang udah nganterin Nunal untuk sekolah TK ajaa...

How time is flies, right?

Anak bunda udah makin besar aja.. makin pinteer, makin ceriwis, nalarnya makin jalan.. kritis banget, apa2 ditanyain, baweel... kadang sampe bingung jawabnya. Bunda harus lebih banyak belajar ya de.. :)
Udah makin mandiri jugaa.. Sampe tadi pas mau sekolah, Nunal bilang.. Nunal mau pake jemputan aja Bun, Bunda ke kantor aja gihh.. wkwkwkkw.. Malah Bunda yang parno kalo Nunal sendirian ke sekolah, belum tau gurunya siapa, kelasnya dimana.. Mulai besok aja Nunal sekolah pake jemputannya yaa... Hari ini Nunal dianterin dulu sama Bunda yaa.. Bunda tungguin ade di sekolah sampe ade pulang yaa...

Udah bilang gitu di rumah, taunya ampe sekolah tetep nempeel ama Bunda ya de.. Masuk kelas harus ditemenin Bunda, duduknya harus dipangku Bunda. Dan pegang baju bunda kenceeeng banget. Pas ditanya ibu gurunya, kenapa pegang Bunda kenceng gitu? Nunal jawabnya, takut Bundanya kabur.. ^_^

Tapi rewelnya cuman bentar tadi ya dee.. Begitu disuruh baris mau upacara lepas balon, langsung mau dan lupa sama Bundanya.. Alhamdulillah, adaptasinya ga terlalu sulit.. Waktu upacara lepas balon, ternyata Nunal lagi-lagi jadi perwakilan dari kelasnya untuk gunting tali balonnya.. Dulu waktu baru masuk playgroup juga Nunal yang jadi perwakilan kelasnya. Nunal seneng banget, karena dari awal dia excited banget liat balon di depan sekolahnya...

Begitu masuk kelas juga udah seneng maen sama temen-temennya.. Joged-joged, mainan hewan-hewanan sama ibu guru.. sampe pas pulangnya juga ga nangis lagi.. Malah seneng liat Bunda ada di depan kelas nungguin ade yaa... :D

Udah TK nih, udah ga boleh bolos-bolos terus kaya waktu di playgroup ya de.... Belajar dan main yang pinter yaa.. Semoga Nunal seneng di kelas yang baru.. ^_^








Friday, July 12, 2013

Pake kuteks bareng..

Kemaren malem iseng..

Pas Ayah shalat tarawih, Bunda cuman berdua aja sama Nunal di rumah... Kebetulan Bunda lagi berhalangan shalat. Jadi kepikiran, ah pengen centil-centilan.. Mumpung Nunal juga lagi anteng mainan mobilannya...

Pengen pake kuteks aaah... Kemaren sempet beli kuteks Oriflame Pure Colour warna Pearly Purple yang emang belum pernah dipake..

Pas bunda lagi anteng-antengnya kuteks-an, tiba-tiba Nunal datengin dan bilang Nunal juga pengen pake kuteks.. Dulu pernah sih sempet juga Nunal bilang mau pake kuteks dan Bunda kuteks-in satu kukunya.. Cuman abis itu Bunda dimarahin Ayah.. "Ngapain anak cowok dipake-pakein kuteks?", katanya...

Jadi Bunda bilang, Nunal kan laki-laki... Kalo anak laki-laki ga boleh pake kuteks, ini buat anak perempuan. Tapi tetep Nunal keukeuh mau pake. Nunal bilang, "Kalo Bunda semuanya pake warna *semua jari maksudnya* kalo Nunal satu aja ya Bun.. Yang kecil ya Bun.." hihihi, ada aja alesannya dia... Yo weslah, aku kuteks-in juga akhirnyaa... Kalo udah kaya gini, jadi pengen cepet-cepet punya anak perempuan aja yang bisa didandanin.. #eh salah fokuus... :P

Akhirnyaaaa.. Jadinya kaya gini deeeh... Dia pilih sendiri dooong warna kuteksnya. Ga mau sama kaya Bunda. Nunal pilihnya yang warna Intense Pink.

Dari satu jari bertambah jadi dua yang pengen dikuteks-in... ^_^
Daaaan pas Ayah pulang, Bunda lagi yang diomelin.. hiksss... T_T

Jadi kangen pengen melakukan aktivitas main lagi yang bermanfaat sama Nunal... Cari ide dulu aaah...


Saturday, May 11, 2013

Main hujan-hujanan...

Gara-gara belakangan ini Nunal sering banget sakit batuk pilek.. Utinya sampai bilang, "Udah main hujan-hujanan sana. Biar badannya kebal.." Hihihi.. Iya mungkin emang awalnya kita sering overprotect nih ama si kecil. Jadi badannya kedinginan dikit sakit... Wong sampe sekarang aja sama Uyut masih dimandiin pake air anget. Kalo ketauan dimandiin pake air dingin, bisa dipastikan Ayah Bundanya kena omel.. :P

Tapi hari ini pas siang hujan agak deres, kepikiran aja ngebiarin Nunal main air hujan. Tapi karena ada Uyut, jadi hujan-hujanannya pake payung aja ya naak.. Bunda takut dimarahin Uyut.. hehehehe... Dan anaknya seneng aja disuruh hujan-hujanan pake payung.. ^_^




Jadi kepikiran untuk beliin Nunal jas hujan dan sepatu bot... Dan ngebiarin Nunal hujan-hujanan lagi.. Someday ya nak.. :D