Thursday, February 24, 2011

Kukis Negro

Kemaren aku iseng.. ga ada kerjaan. Pengen baking2an, tapi bingung mau buat apa.. browsing2 resep, malah makin bingung.. Banyak banget yang pengen coba dibuat.. hahaha.. gayanyaaa.. ^^
Setelah bersemedi, akhirnya diputuskan mau buat kuker aja deh.. Lagian udah lama banget ga pernah buat kuker. Terakhir waktu masih kuliah, bikin kuker buat lebaran.. hehe...

Cari2 resep yang gampang dan... murah.. ^^ secara akhir bulan.. bokek.. akhirnya nemu resep ini. Kukis Negro. Ijin copas dari blognya mbak Peni. Resep ini udah dimodif sama mbak Peni, dari resep aslinya mbak Riana. Penasaran banget buat kue ini. Kata orang2 yang udah pernah buat, kue ini enak banget rasanya..

bahan :
150 gram salted butter (aku pake 100 gr)
150 gram margarine (aku pake 200 gr)
200 gram gula halus
2 kuning telur

50 gram bubuk coklat
350 gram terigu, sangrai dulu (aku ga disangray, males.. hehe)
1 sdm maizena
1 sdm susu bubuk fullcream
(aku pake 2sdm)

cara membuat :

  1. mentega, margarine & gula halus dikocok dengan mixer sekedar untuk meratakan, sebentaar aja
  2. lalu masukkan kuning telur, aduk lagi dengan spatula
  3. masukkan coklat bubuk, aduk lagi. masukkan tepung2an [maizena, susu bubuk & terigu] yang sudah diayak. aduk lagi sampe dirasa udah pas dicetak, pada tahap ini sah2 aja kalo menambahkan terigu, namun hati2 ya, masukkan sedikit2 saja & ditimbang agar nggak kebablasan :)) (aku masukkin lagi terigu kurleb 50 gr, abis masih susah buat dicetak)
  4. Cetak deh... Terus panggang suhu 170c kurang lebih 20 menit


Setelah kue matang.. tunggu agak dingin... tus aku hias kue ini pake royal icing.. ini resepnya :

Royal Icing

60 cc putih telur [kira-kira dari 2 btr telur]

225 gr gula halus, ayak dulu ya.
1 sdt cuka
1 sdt air jeruk nipis
  1. mikser putih telur & gula halus sampai kental
  2. masukkan cuka, kocok lagi
  3. masukkan air jeruk nipis, kocok lagi sampai rata.
  4. bagi beberapa bagian, beri pewarna, kemudian langsung masukkan dalam piping bag, ikat erat.
  5. icing siap digunakan untuk menghias kukis.
  6. setelah dihias, kukis dipanggang lagi ya, ini dilakukan untuk mematangkan icingnya. tanda matangnya, icing sudah cukup set/mengeras. (aku panggang lagi kurleb 5 menit)

Gara2 aku buat kue ini di jam kerja.. (aku home office..^^.. maap ya bos.. hehe) jadi harus tetep siaga.. takut2 ada request kerjaan..
ga taunya bener.. loyang kedua masuk panggangan setelah dihias royal icing, aku ada request.. nanggung udah masuk oven.. aku pikir ga apa2lah.. toh kan ovennya ada timernya. jadi pasti nanti dia mati sendiri. tus aku kerjainlah dulu tuh request..
Ga taunya, kuenya gosoong.. hiks.. hiks.. ternyata walaupun ovennya udah mati, dia tetep bisa "menggosongkan" kue ya, kalo kuenya ga cepet2 dikeluarin dari oven.. ah.. bodohnya akuu..
Ga apa2.. dapet satu pelajaran hari ini. "Jangan percaya sama timer oven" ^^ apalagi kalo buat kuker, tetep harus sering2 diliat..
Yang jadi catatan aku bikin kue kali ini.. aku masih harus belajar lagi kenali oven aku.. soalnya beberapa kali gosong.. :(

Sebenernya buat kue ini tuh gampang.. pas ngadonnya cepet.. Tapiii, pas cetak sama hiasnya ituu.. duuhh peer banget deh.. lamaa.. secara aku masih amatiran.. ^^ belum lagi disela2 buat kue itu harus ngerjain kerjaan, jemput mas.. nenenin ofal.. banyak pendingan deh pokoknya..
Alhasil, aku mulai buat kue jam 2 siang, beres2 jam 8 malem aja!!!
ya olohhh... sempet bete juga.. Untung enak kuenya.. (menurut aku ya..), renyah dan nyoklat bangeeeed... ga tau menurut si mas.. hihihi.. dia aku paksa bekel 1 toples ke kantornya.. katanya sih enak.. (kepaksa ga mas ngomongnya?? ^^).. kue ini enak kalo dinikmati dengan segelas teh tawar panas..
Eh btw, aku perhatiin.. nenek dari tadi udah berapa kali balikan ngambil si kukis negro itu looo.. hehehe...




2 comments:

hana said...

royal icing itu kayak apa ya. bisa beli ngga?

bunda said...

Royal icing itu adonan encer yang terbuat dari gula bubuk dan putih telur. Warnanya putih. Kaya yang aku pakai untuk hiasan kukis negronya itu, kan ada yang warna putihnya. Itu royal icingnya. Kalau mau lebih berwarna-warni, adonan royal icing bisa dikasih pewarna makanan. Kalo yang saya pakai untuk mata bintangnya itu, royal icingnya aku campur pake coklat bubuk.

Untuk menghias kukis dengan royal icing biasanya digunakan spuit. Tapi kalau ga ada spuit bisa juga adonannya hanya dimasukkan ke dalam plastik dan digunting ujung plastiknya. Royal icing kalo setelah dipanggang nanti akan mengeras.

Saya kurang tau kalo ada yang jual royal icing dalam bentuk jadi. Tapi buat sendiri juga gampang kok...

semoga membantu yaa... :)

Post a Comment