Peluang bisnis

Saturday, February 19, 2011

Pertama kali Ofal ke dokter gigi = tambal gigi

Sebenernya udah dari beberapa minggu yang lalu bunda pengen ajak Ofal ke dokter gigi. Masalahnya, di giginya Ofal yang depan atas itu ada bercak kuning yang kok ya susah banget ilang kalo digosok pas gosok gigi. Emang sih salahnya bunda juga baru sikatin gigi Ofal belakangan ini. Padahal Ofal giginya udah banyak (udah 8 biji, 4 atas dan 4 bawah) dan makannya pun udah macem2.. Jadi mungkin si bercak kuning itu udah mengendap, lumayan lama sebelum bunda sikatin giginya Ofal.

Bunda awalnya pikir, bunda agak takut untuk sikatin giginya Ofal, secara Ofal masih kecil.. jadi masih belum bisa diem waktu disikatin giginya. takutnya kecoloklah, takut kena gusinya lah.. Tapi ternyata bunda salah.. pas kemaren2 bunda sikatin gigi Ofal pertama kali, dia malah keliatan seneng dan antusias. Soalnya bunda pake cara kasih satu sikat gigi lagi selain yang bunda pake buat sikat giginya Ofal untuk dia pegang sendiri. Tus bunda juga pake pasta gigi rasa pisang, jadinya dia malah suka kalo disikatin giginya. Kadang yang mau disikatin giginya, eh yang keluar malah lidahnya.. hehe.. lucu.. Tapiii.. ternyata bunda terlambaaatt.. bercak kuning itu keburu nempel dan ga mau ilang kalo disikat.. hiks..hiks.. sedih...

Akhirnya bunda bawa Ofal ke dokter gigi di Hermina Grand Wisata hari ini. Awalnya mau ke dokter yang jadwal jam 10 an gitu.. sampe sana kita jam setengah sebelas, karena hari sebelumnya udah dapet info kalo dokter gigi anak disana praktek sampe jam setengah 12.. eh ga taunya pendaftarannya udah ditutup dari jam 10. aneeehhh.. sebel.. awalnya mau coba ke Mitra Bekasi Barat, tapi adanya cuman dokter gigi umum, bukan untuk anak. (bunda juga sebenernya ga tau sih bedanya apa ya??) akhirnya kita mutusin untuk balik lagi ke Hermina Grand Wisata situ karna ada dokter yang praktek juga jam 2nya.

Ya udah, kita anter ayah aja dulu ke bengkel mau benerin mobil. di bengkel sampe jam 1 an, kita makan siang seadanya (Ofal mamam soto) di giant depan bengkel situ. tus taunya si mobil itu harus nginep semalem di bengkel. Hayaahh.. jadilah kita balik ke Herminanya naxi.. sampe sana daftar dan nunggu.. dari jam 3 kita baru dapet giliran masuk sekitar jam 5an.. Kita udah bete.. Ofal juga udah mulai rewel. cape kali dia diajakin keluar rumah dari pagi.

Pas masuk ruang prakteknya, ternyata dapet dokter cewe yang menurut bunda sih lumayan enak. Dia bisa denger keluhan kita dulu, kenapa2 nya.. ceritalah kita kalo ada bercak kuning yang ga bisa ilang. tus dia juga berusaha untuk bisa komunikasi dengan Ofal dulu untuk pendekatan awalnya. Not bad lah..

Karena Ofal masih kecil, jadi dia diperiksa di kursi khas dokter gigi itu dipangku sama bunda. awalnya Ofal masih bisa diajak ngobrol sama dokter dan dia masih enjoy dengan sekitarnya. Ada tv juga di depan kursi prakteknya, yang bisa ngalihin perhatian dia untuk pertama kali, secara dia seneng banget nonton tv.. hiks..
Tapi setelah dokternya mulai periksa, dan mulai bersiin bercak2 kuningnya itu.. mulailah dia berontak.. nangis2 kenceng banget.. sampe bunda agak panik.. kasian liat Ofal sampe nangis kaya gitu.. Tangannya bunda pegang, kakinya ayah yang pegang, kepalanya dipegang sama suster. Untungnya, si dokter bergerak cepat..
Di sela2, periksa itu dokternya bilang.. "ini perlu ditambal ya bu..". Dalem hati bunda, duuuhh kasian Ofal, baru 1 taun udah ditambal giginya.. hiks.. hiks.. bunda sediiihh.. pas itu Ofal ga nangis.. pas proses ditambalnya mulai, mulailah juga dia nangis kenceng + berontak2 lagi.. alhamdulilah prosesnya cepet.. dan begitu selesai Ofal langsung liat ke dokternya dengan pandangan judes.. sebel kali ya dia sama dokternya..

Setelah konsultasi, ternyata penyebab utama timbulnya bercak kuning ini karna kebiasaan jelek Ofal kalo makan suka diemut.. dan diemutnya di mulut depan pula.. solusinya kata dokter, jangan beri makan anak dengan durasi waktu yang terlalu lama. Ketika anak udah memperlihatkan gejala2 diemut, stop makannya segera.. dan beri makan anak ketika anak udah ngerasa laper banget.. jadi dia ga akan emut makanannya... hfff.. emang Ofal selama ini sering emut makannya dia.. dan bunda ga terlalu concern dengan itu. bunda pikir semua anak toh pasti ada masa2nya makannya diemut kan? dan bundapun ga terlalu berpikir jauh soal giginya.. waktu bunda bawa Ofal ke ruang praktek dokter itu pun Ofal lagi ngemut makanan yang bunda suapin sebelumnya..

6 bulan lagi, bunda bakal bawa Ofal lagi untuk periksa rutin lagi ke dokter gigi. dan bodohnya tadi bunda ga hafalin nama dokternya.. wekss...

Duuh bunda nyesel banget dehhh.. ngerasa bersalah banget bunda. apalagi liat gigi Ofal abis ditambal ini.. warna putihnya jadi ga rata.. Dee.. bunda nyesel banget.. maafin bunda ya de, ga bisa jaga gigi ade dengan bener... maafin bunda ya de... :(

Pulangnya Ofal udah agak sumringah lagi karna dia dikasih hadiah balon warna kuning sama susternya. Dan pulang ke rumahlah kita dengan naek Ojek.. Ofal seneng sekali diajakin naek ojek. sampe rumah pecahlah pula balon kuningnya digigit dia..

Dan sekarang si bocahnya lagi terlelap di sebelah bunda, kecapekan setelah tadi sore nangis berontak2.. Maafin bunda ya de.. bunda ga bisa ngerawat Ofal dengan baek.. :'(

2 comments:

ika said...

Ika, bekasi
Hai bunda ofal..
Setelah baca ceritanya ternyata kita punya masalah yg sama. Anakku umur 1th 2bln juga begitu, ada bercak cokelat di gigi depannya. Tapi belum periksa ke dokter gigi. Rencananya bulan ini. Kalau boleh tau berapa biaya seluruhnya? Aku mau siapin budget..
Mohon konfirmasinya. Trims

dian lestari said...

Hai juga Ika.. :)
kemaren sih Ofal waktu periksa gigi di Hermina Grand Wisata abis sekitar 700 ribuan.. Ga tau ya kalo sekarang-sekarang udah naik lagi atau belum. Tapi sepertinya sih tergantung sama penanganan yang diberikan juga. Karena kemaren Ofal pake tambalan jadinya agak mahal..

Post a Comment