Peluang bisnis

Wednesday, July 14, 2010

Batuk Pilek

Iya nih.. Ofal lagi batuk pilek... kalo nafas jadi grok2 an.. Pilek yang ini kayanya agak parah deh.. soalnya sampe ngucur2.. beleleran di bawah idungnya.. Gara2 lendirnya cair gitu, kayanya jadi memicu batuk ya? Soalnya dia juga sekarang batuk yang berdahak gitu...

Hiks kasian liatnya.. sejauh ini home treatmentnya paling cuman :

  • Banyak-banyak dikasih ASI.
  • Dikasih transpulmin balsem bayi di punggung sama dadanya biar anget.
  • Idungnya dikasih sedikit kayu putih, biar kehirup dan bisa jadi agak legaan nafasnya.
  • Tadi malem, idungnya ditetesin breathy, tetes idung buat bayi. Breathy ini terdiri dari NaCl fisiologis yang berfungsi untuk mencairkan lendir. Menurut info dari milis Nakita , Nacl ini bukan obat, tapi larutan yang sama dengan cairan tubuh, sehingga dapat diteteskan pada hidung bayi sesering mungkin tanpa menimbulkan efek samping.
  • Pagi2 jemuran di depan rumah, biar ingusnya makin encer. ^^
Gejala pileknya sih udah dari hari senin kemaren. Udah mulai bersin2. Tapi parahnya ya kemaren malem. sampe dia agak2 rewel. Mungkin berasa banget ga enak badannya. Sampe bobonya pengennya dieyong sambil nenen.

Menurut hasil browsing2 bunda, katanya :

"Suara grok-grok yang biasanya terdengar saat bayi tidur tak perlu dikhawatirkan. Suara tersebut muncul karena ada lendir yang terkumpul di jalan napas bagian atasnya. Selama bayi dapat tidur nyenyak, asupan makan dan minumnya tak terganggu, serta tumbuh kembangnya setiap bulan tampak baik berarti ia hanya terjangkit penyakit ringan. Dahak pada manusia, sebenarnya tidak perlu selalu dikeluarkan lewat mulut karena akan dikeluarkan secara alamiah oleh saluran napas. Contohnya, karena bayi belum memiliki kemampuan untuk meludah, dahak yang sudah keluar di rongga belakang mulut (farings) akan tertelan dengan sendirinya masuk ke dalam saluran cerna."

agak2 menenangkan bunda nih. Ofal masih bisa bobo enak, dia agak rewel kalo kebangun aja. makan dan mimi susunya juga masih lumayan banyak. Kalo mimi susunya berkurang (mungkin karena dia mampet idungnya, susah buat mimi susu), porsi makannya yang ditambah. Dan alhamdulilah dia mau.

Duuh.. mudah2an Ofal cepet sembuh ya nak.. Bunda ga tega liat Ofal segrot2 susah nafasnya.. :(

0 comments:

Post a Comment