Peluang bisnis

Monday, March 14, 2011

Berlibur ke Batam..

Judulnya kaya lagi buat tugas mengarang jaman SD dulu ya?.. "berlibur ke rumah nenek.." hahaha.. ga kreatif nih..

Sabtu minggu tanggal 12, 13 maret kemaren kita ke Batam. Diajakin nin sama aki.. Nin sama aki udah ada disana duluan karna emang ada tugas dari kantor. Jadi kita nyusul.. kita itu aku, ayah, ofal, nin lie, om kaka, te uwit sama om rully... hihihi.. banyakan yaa? asyikk..

Kita berangkat pake pesawat lion air jam 7 pagi hari sabtu.. hadeuuh.. ini yang bikin ribet, secara bawa bayi kecil.. Pada bangun jam 4, tus mandi.. langsung aku siapin Ofal.. Ofal ga dimandiin, langsung dandan, ganti baju.. Malah tadinya mau langsung gendong angkut aja, secara dipikir dia masih bobo kalo jam segitu.. taunya nggak.. orang2 pada bangun, dia juga ikutan bangun... hahaha.. takut ditinggalin kali ya?
jam 5 kurang, abis solat subuh langsung brangkuut.. bawa mobil sendiri.. rencana mau parkir inap di bandara. Gara2 bangun subuh banget, Ofal di jalan menuju bandara malah bobo lagi.. hoalahhh..

Sampe bandara jam 6, langsung check in.. tunggu bentar di ruang tunggu, sempet suapin Ofal dulu beberapa sendok.. biar ga masuk angin.. Ga berapa lama dipanggil untuk masuk pesawat.
Ada beberapa tips and trik untuk bawa Ofal naek pesawat untuk yang pertama kali. Baca di postingan ini yaa.. (kaya ada yang mau baca ajaah.. ^^).
Sampe Batam, Bandara Hang Nadim sekitar jam setengah 9an. Langsung telp aki, secara semuanya baru pertama kali ini ke Batam. Kata aki, naek taxi aja ke tempat kita nginep di daerah Nagoya. Kita udah dibookingin hotel sama aki. Hotelnya sama dengan hotel tempat aki nginep. Namanya Hotel Mulia. Sayang nih.. bunda lupa foto2 hotelnya. Fasilitasnya sih standar aja.. dapet kamar yang 2 single bed.. (ga mau rugi, kita gabung tuh single bednya jadi tetep bisa bobo bareng uwel2an.. hehe..), kamar mandi dengan shower dan yang paling penting ada kulkasnya.. untuk nyimpen makanan beku Ofal yang udah kita siapin dari Jakarta. Tentang makanan Ofal ini di postingan terpisah aja yaa.. Biaya taxi dari bandara ke hotel sekitar 70 ribu.. lumayan jauh juga sih..

Sampe di hotel yang pertama kali dilakuin.. nyuapin Ofal.. iya, takut sakit lagi kalo makannya ga bener. Lagian sebenernya Ofal juga masih belum sehat bener waktu pergi ke Batam, setelah seminggu sebelumnya kena batpil plus demam.. alhamdulillah pas hari H mau ke Batam udah agak sehat..
Abis nyuapin Ofal, kita langsung jalan2.. ternyata kita juga udah dibookingin mobil sama aki.. hahaha.. emang dah, paling enak liburan yang ga ngemodal ya.. sering2 ya aki.. kita mau kok terima undangan liburan gratis lagi.. hehehe..^^ Anak tak tau dirii.. heeuu.. untuk booking mobil+supir+bensin nya seharian full itu abis 500 ribu.
Plan hari pertama, jalan2 ke tempat wisata. Hari keduanya baru shopping.. ^^

Tujuan pertama kita adalah.. Cari makan...!! hihihi.. kita semua pada kelaparan.. belum pada sarapan.. yang udah sarapan cuman Ofal sama om Kaka aja.. Eh cerita tentang om kaka ini, dia masih kelas 3 SD loo.. cuman karna statusnya sepupu aku, jadi Ofal kan panggilnya om.. hehe.. lucu ya? baru kelas 3 SD udah dipanggil om..
Kita dibawa makan (berasa dibawa kabur.. ^^) sama supir di rumah makan seafood.. Lupa apa ya namanya.. cuman kayanya lumayan terkenal di Batam. Soalnya ada dipajang fotonya SBY lagi makan disana, tus banyak dijadiin tempat makan sama turis asing juga.. Tempatnya enak.. luas banget, banyak anginnya.. jadi ga panas.. dan di bawah restorannya itu ada kolam ikan.. Ofal seneng banget liatnya.. mana dikasih roti gitu sama waitressnya buat ngasih makan ikan..

Karena kalap lapar, semua dipesen.. Pesen udang saos padang, cumi goreng tepung 2 porsi, ikan kerapu goreng kering, sop ikan kerapu, tumis kangkung belacan.. minumnya semua pada pesen orange juice + kelapa. ternyata porsinya besarrr.. akhirnya kita bungkus.. hehe.. total cuman abis sekitar 600 ribu aja untuk makanan sebanyak itu.. kalo soal rasa.. kayanya biasa deh.. ga special..
Kemaren itu.. gara2 ada rombongan dari tour travel gitu, ada hiburan tarian daerah gitu.. dan tarinya tarian sunda aja gitu.. hahaha. jauh2 ke Batam, dengernya lagu sunda juga.. Tapi lumayan.. dapet hiburan gratiss... ^^

Abis makan, tujuan selanjutnya :

ex Camp Vietnam di Pulau Galang
Untuk sampai ke Camp Vietnam ini kita ngelewatin 5 jembatan, salah satunya jembatan Barelang yang terkenal itu. Masing2 jembatan itu menghubungkan pulau2 kecil di sekitar Batam, yaitu Pulang Rempang, Pulau Nipah, Pulau Setoko, dan Pulau Galang..
Ya Allah, akhirnya aku kesampean juga bisa liat dengan mata kepala sendiri pulau2 yang frekuensinya aku plan dan biasanya cuman aku liat di mapinfo.. senang.. ^^ Sepanjang perjalanan kesana, kanan kiri pemandangannya selang seling laut, pantai dan bukit2.. Pulau2 itu ternyata keliatan gersang ya kalo diliat dari pinggir jalan yang aku lewatin. Kaya pulau2 tak berpenghuni gitu. Keliatan juga banyak perkebunan buah naga. Seumur2 aku baru tau kalo pohon naga itu kaya gitu. Sayangnya ga sempet di foto.

Akhirnya setelah kurang lebih 1 jam dan sempet ketiduran di jalan.. haha.. ngantuk boo.. bangun jam 4.., kita sampai juga di camp vietnam ini. Di jalan sebelum sampai ke camp, kita menemukan gerombolan monyet di pinggir jalan.. akhirnya kita turun dulu mau liat monyetnya.. Ofal seneng sekali liat monyet, sebelumnya belum pernah liat.. sampe ga mau dia naek mobil lagi.. pengen liat monyet terus.. Monyet2 itu mau aja loh dikasih makan permen.. hehehe.. lucuuu..

Abis itu kita lanjut jalan.. tus kita liat ada patung humanity.. katanya patung ini dibuat untuk mengenang wanita vietnam yang diperkosa oleh sesama pengungsi.. Malu karna diperkosa, akhirnya ia bunuh diri. hmm mengerikan yaa?
Setelah beberapa ratus meter ada areal pemakaman untuk para pengungsi ini yang bernama Ngha Trang Grave.

Dulu ceritanya(berdasarkan cerita sang guide yang merangkap supir), waktu taun 1970an.. masa2nya perang vietnam itu, banyak banget orang vietnam yang melarikan diri.. Mereka melarikan diri dari perang itu dengan menggunakan perahu2 kecil yang berkapasitas 40-100 orang. Beberapa persennya terdampar selamat di Pulau Galang ini. Karena menyelamatkan diri dengan menggunakan perahu, makanya mereka terkenal dengan sebutan manusia perahu. Perahu2 yang mereka gunakan kaya gini nih.. ga kebayang ya, ada di dalam perahu kaya gini di lautan lepas, selama berbulan2.. wooow..

Tempat penampungan ini lumayan lengkap, ada tempat ibadah untuk masing2 agama (ada gereja, vihara, masjid), french school, hospital, dan barak2 untuk tempat tinggal pengungsi. sebagian besar dibiayai oleh UNHCR. Orang2 vietnam ini dilokalisasi katanya untuk alasan keamanan dan pengawasan.

Salah satu tempat ibadah yang kita datengin yaitu Vihara Quan Am Tu, abis yang laen keliatan serem gitu.. mana bawa Ofal ahh.. takutt.. katanya malahan ada tempat disitu yang pernah dijadiin tempat buat syuting uka-uka..
Vihara ini letaknya di atas bukit, di jalan masuk ke camp pengungsian. Didalamnya ada beberapa patung, salah satunya patung Dewi Guang Shi Pu Sha. Di bawah patung ini ada plakat yang menceritakan kalo dewi ini dapat memberikan hoki, jodoh, keharmonisan dalam rumah tangga, juga dapat memberi kepintaran serta mengabulkan cita-cita bagi anak-anak. Setelah kita berdoa, tus kita lempar koin ke arah dewi ini.. hihihii.. kemaren aku sama Ofal lempar koin.. semoga keluarga kita terus harmonis sampe kakek nenek dan Ofal jadi anak yang pintar dan cita2 nya tercapai yaa.. amin...

Di sebelah vihara ini ada rumah yang dulunya bekas kantor UNHCR. Disitu banyak banget foto2 yang menggambarkan kehidupan para pengungsi vietnam. Pengungsi2 vietnam ini terakhir kali dipulangkan oleh pemerintah indonesia katanya pada tahun 1998 kemaren..

Ngeliat camp pengungsian ini, rasanya kalo bahasa sundanya "keueung". serem gitu.. sepi banget dan bener2 terlokalisasi. jauh dari keramaian kota. banyak juga bangunannya yang udah rusak dimakan rayap, karna sebagian besar bangunannya terbuat dari kayu.

Untuk masuk ke kawasan wisata camp pengungsian ini harus bayar 25k IDR untuk mobil kalo ga salah. dan perorangnya juga bayar lagi.

Abis gitu.. kita pulang.. arah balik ke kota batam lagi.. di jalan pulang sempet foto2 dulu di jembatan Barelang. Katanya konstruksi jembatan pasopati Bandung juga niru dari jembatan barelang ini..
Pemandangan dari sini ke arah lautnya.. Subhanallah.. Kerrreeen.. tapi liat arus lautnya di bawah jembatan, bener buat kaki gemeter.. hehehe...

Abis itu.. langsung cabut balik ke hotel.. istirahat..
Malemnya makan seafood lagi di daerah Nagoya, ngintip2 pertokoannya dikit.. makan duren.. (hahaha.. akhirnya..), dan ayah ketemuan sama temennya, Lidya. Gosip2 dikit.. ga sempet foto2 ya kita.. tus balik hotel lagi deh.. bobooo.. teparrr...

Hari minggunya.. kita shopping... HORRAY.. cari oleh2 buat keluarga Antapani dan buat diri sendiri.. hohoho.. senangnyaaa... ^^ Tapi dampaknya membuat kantong bolong dan sampe sekarang hasrat belanja itu masih tinggi.. oh tidaak..!! padahal udah balik jakarta lagi nih..

PS : Tapi in my opinion, kok Batam kotanya terlihat kumuh ya? dan harga barang2 yang kata orang2 murah itu, kok menurut aku sama aja ya harganya sama di Ambass.. hahaha.. eh, ini just my opinion loh yaaa..