Peluang bisnis

Tuesday, March 8, 2011

Lidah Kucing Vanilla

Gara2 kemaren dikasih sama nin kue, ga tau namanya apa, kayanya bahan dasarnya putih telur dan rasanya mirip-mirip sama lidah kucing, dan kuenya habisss.. Sementara ayah suka banget sama kuenya.. masa, 2 toples itu abis aja sama ayah sendiri.. hiks.. aku ga kebagian.. :( Oleh sebab itu si Ayah langsung bilang, "Bun.. buat Lidah Kucing dong..".. wew.. sekarang apa2 ayah sukanya minta dibikinin mulu nih.. hehe..

Tus kebetulan hari2 sebelumnya masih ada sisa putih telur waktu buat Amris dan sayang ga kepake terus.. Jadinya hayolah.. kita coba buat yuks..
Sebelumnya disempetin beli loyang Lidah Kucing dulu di pasar modern situ 2 biji. Ternyata loyang gitu murah ya? hihihi.. senangnyaa.. ^^

Aku browsing2 resepnya di internet.. dan akhirnya memutuskan untuk nyontek resepnya Fatmah Bahalwan.

Ini dia....

Ganti pasta mocca dengan pasta vanilla untuk mendapat rasa Vanilla, demikian juga untuk mendapatkan rasa lain anda tinggal mengganti ‘perasa’-nya saja.
Bahan:
250 gr Mentega
175 gr Gula halus (aku pake 150 gr, takut kemanisan)
75 cc Putih telur
250 gr Tepung terigu protein sedang (aku pakai tepung terigu all purpose)
1 sdm Mocca pasta (aku ganti dengan 1 sdt vanilla bubuk)
¼ gr Baking powder
½ sdt Emplex (perenyah kue kering, optional) (aku skip)
Cara Membuat:
  1. Kocok mentega, gula, dan vanilla hingga mengembang sekali.
  2. Tuang putih telur, lanjutkan mengocok, lalu masukkan tepung terigu dan baking powder, kocok dengan speed rendah hingga rata.
  3. Poles loyang dengan mentega lalu spuit adonan bentuk jari lurus-lurus.
  4. Panggang dengan panas api 1500 C selama ± 20 menit.
Dan jadinya.. tarraaa...!!! This is it...


Yang masih jadi peer buat aku, gimana sih caranya adonannya supaya agak2 tebel gitu? masih ga ngerti.. harus belajar lagi nih..
Tapi rasanyaa.. hmm.. enyakk.. karena punyaku ini tipis.. jadinya kuenya renyah banget.. Ayah sampe bawa 1 toples ke kantornya.. dan katanya dia ga mau bagi2 sama siapa2... Ih.. ayah.. pelit...!!

0 comments:

Post a Comment