Peluang bisnis

Monday, April 4, 2011

Ofal demam.. yang heboh seduniaa !!

Waktu Ofal demam hari minggu itu Ninnya pas kebetulan dateng ke rumah. Hari itu juga Nin udah bilang bawa ke dokter aja.. Tapi sampe besoknya Bunda belum bawa Ofal ke dokter.  Iya abisnya penyebab demamnya udah jelas banget, karena batuk pilek. Palingan Bunda observasi aja dulu. Lagian belum 72 jam juga.. Kemungkinan analisa Bunda kalo ke dokter dibilanginnya radang.

Besoknya begitu tau belum dibawa ke dokter, kesel deh kayanya Nin. Sampe Nin bilang, "udah Nin aja yang bawa Ofal ke dokter".. Dan begitu Bunda cerita ke Ayah soal ini, Ayah juga bilang kalo Uti juga pengennya Ofal dibawa ke dokter aja. Dengan alasan kasian Ofalnya.. weleh.. Emang susah ya untuk memberikan penjelasan tentang home treatment dan RUM ke orang tua.. Soalnya orang tua taunya ketika sakit ya harus pergi ke dokter untuk minta obat. Iya kalo obatnya sesuai dengan penyakitnya.. kalo ga..?? yang kasian kan anaknya juga, dikasih treatment yang terlalu berlebihan.

Gara2 Nin panik, kayanya Uyut juga kebawa panik.. Uyut juga desek2 kita bawa Ofal ke dokter.. yang ada bingunglah kita. Di satu sisi, pengen menerapkan home treatment dengan berbekal pengetahuan dangkal yang kita punya. Di sisi lain, kita juga ga kepengen buat orang2 di sekitar kita panik dan khawatir. 

Setelah diskusi, akhirnya diputusin.. Yo wes lah kita bawa ke RS yang deket. Selain itu kita juga pengen tau, diagnosa dari dokter apa dan bener ga analisa kita sesuai dengan diagnosa dokter? Tapi sebelum pergi, kita sepakat untuk mengajukan obat yang kita mau aja ke dokternya.. biar ga dikasih obat yang macem2.. haha.. Yang penting obatnya itu ada logo rumah sakitnya. Jadi Uyut percaya dengan obat yang dikasih itu. Bunda juga tau.. seharusnya batuk pilek itu ga perlu dikasih obat, tapi Bunda masih kasih obat untuk mengurangi gejala selesma buat Ofal. Yaa.. Bunda masih harus banyak belajar lagi. Berusaha untuk mengurangi sedikit demi sedikit obat yang masuk ke tubuhnya Ofal. Mudah2an ketika Ofal sakit lagi (eh.. jangan mau sakit lagi deng...), Ofal udah ga perlu obat2an dan daya tahan tubuhnya bisa memerangi virus.

Sampe di rumah sakit, diperiksalah Ofal. Hmm.. satu hal lagi yang buat Bunda sebel disini Pas mau periksa Ofal, kayanya Ofal ngerasa ga  nyaman pas mau dibaringin. Dia ga mau gitu.. tus berontak.. eh bukannya dibujuk untuk tiduran. Ofal malah dipaksa dan tangannya dipegang kenceng2 sama susternya... Lah kok gitu sih? Kayanya baru kali ini deh Ofal diperiksa paksa kaya gitu. Sebelumnya kalopun Ofal ga mau baringan, ya dibujuk dulu.. apalah gitu.. ini gaa..! Sebel..!! Yang ada Ofal malah nangis kenceng. Abis diperiksa langsung Bunda gendong aja Ofal.. Kasian anak Bunda..

Tus dokternya mulai nanya2 kronologis dan riwayat kesehatan Ofal. Dan yang lucunyaa.. pas mau dikasih resep..

Ayah   : "Kemaren waktu demam dikasihnya Sanmol dok.. Ga apa2 ya?"

Dokter : "Oh kemaren Sanmol ya? ya udah ini saya kasih lagi Sanmol aja ya?"
Tulis resep sanmol, tus dokter tanya lagi pilek ga? batuk ga?

Ayah   : "Kemaren juga dikasih Disudrin dok untuk pileknya."

Dokter : "Oh udah pake disudrin juga? ya udah deh diterusin aja obatnya...Disudrin ini emang paling aman untuk bayi. tus ditambah antibiotik yaa.."

Tuh kan kalo ke dokter dikasih antibiotik.. Padahal radang tenggorokan kan virus juga. Dan virus ga bisa diobatin dengan antibiotik kan?

Keluar dari ruangan dokter, kita saling melempar cengiran jelek.. akhirnya kita ke dokter dan dapet obat yang kita mau.. ^_^  Pas pulang kita taro tuh obat dengan logo rumah sakit di meja tapi antibiotiknya kita bawa duluan.. Pas ditanya sama uyut, dapet obat apa? Bunda bilang sama dengan yang dimakan Ofal sebelumnya. Tus uyut bilang, ya ga apa2 yang penting udah ke dokter.. :D 

hmm Bunda tau, sebenernya yang kita lakuin juga ga bener.. istilahnya berbohong. tapi yang penting orang sekeliling tenang dulu.. Nanti kalo Ofal udah beneran sembuh, Bunda sama Ayah rencannya mau mengklarifikasi semuanya.. Mau memberikan penjelasan ke orang tua kita. Mudah2an mereka bisa mengerti bahwa yang kita lakuin ini juga buat Ofal ke depannya. Bukan karena kita tega sama Ofal. Dan seperti yang Toge bilang waktu seminar.. Biarlah kakek dan nenek menjadi konsultan, tapi yang jadi orang tua tetaplah Ayah dan Bunda. ^_^

Update kondisi Ofal hari ini.. udah ga demam.. tinggal batuk pilek aja. Dan dia udah ceria lagi ^^ horraayyy...






3 comments:

ayah said...

Alhamdulillah..syukur ofal sdh sembuh sdh ceria lagi..jadi inget waktu kita lagi diskus ttg mau ofal mau di bawa ke RS. Klpun di bawa ke Markas Sehat pasti di suruh balik lagi..:D secara ofal nya cengar cengir..
Kalau yang sudah-sudah ke RS itu untuk menenangkan Ortunya :D
ah Naufal..
moga tumbuh jadi anak yang sholeh, sehat dan ceria serta memberikan keceriann terhadap sekitar

--we love you

fajar rahayu said...

kemaren Danish sempet batuk pilek, tp ga demam Dian...gara2 emaknya minum es Nutrisari sama ice cone :D..tp dengan PD-nya ga Fajar bawa ke dokter sama sekali..krn kebetulan lg hum opis,Danish lgs minum dr gentongnya yg banyak..(emaknya makan bergizi,sup ayam,CDR) dibalur sama transpulmin,dipijet telapak kaki atas kiri dan kanan..alhamdulillah pileknya lgs sembuh dan batuknya sembuh seminggu kemudian. walau agak lambat,tp virusnya berhasil Danish taklukan tanpa antibiotik :) BTW,dahaknya keluar lwt pup :D (iiiihhh..bunda Danish jorok :))

dian lestari said...

iya jar.. sebenernya kan batuk pilek itu ga perlu pake obat apa2.. satu2nya obat ya cuman makan yang bergizi, banyak minum sama istirahat.

cuman susah ya ngeyakinin orang rumah supaya bisa home treatment aja.. Pasti ujung2nya berantem :(

Post a Comment