Peluang bisnis

Tuesday, April 5, 2011

Banana Cake

Tadi pagi waktu nemenin Ayah sarapan... Tiba2 ada suara berjatuhan.. Pas diliat.. oo.. pisang cavendish yang aku gantung jatuh karena kematengan.. Inget tujuan beli pisang ini pengen bikin cake.. hehe.. belom sempet masih males.. ehh pisangnya keburu busuk mateng banget.. Yah dengan sangat terpaksa akhirnya masuk dapur juga. Daripada mubazir pisangnya.

Aku kali ini pake resep dari Diahre lagi.. awalnya namanya Banana Cake with Raisins & dates. Tapi karena aku ga punya kismis sama kurmanya ya udah.. Jadinya Banana Cake aja.. hehehe.. Aku copas resepnya nih.. 

Banana cake
sumber : YasaBoga “Bolu & cake”

Bahan:

100gr mentega
50gr margarin
3 sdm gula pasir (resep asli :  175gr)
4 kuning telur
4 putih telur
5 pisang ulli ukuran sedang (resep asli : 3 pisang cavendish) (aku pake 3 pisang cavendish)
1 sdm jeruk nipis
100gr kismis (modifikasi) aku skip
8 buah kurma (modifikasi) sku skip
225gr tepung terigu (campur protein rendah dan sedang)
1 sdt BPDA
1/2 sdt soda kue
2 genggam chocochips (modifikasi aku)

Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu, BPDA dan soda kue, sisihkan.
  2. Cincang halus sebagian kismis ,atau boleh diblender. Kemudian potong kurma ,sisihkan.
  3. Haluskan Pisang dan beri air jeruk, aduk rata.ini bertujuan agar pisang tidak cepat menjadi kecoklatan.
  4. Kocok mentega, margarin dan gula pasir sampai mengembang dan putih, masukkan kuning telur satu persatu, kocok hingga mengembang.
  5. Masukkan campuran tepung bergantian dengan pisang halus, aduk rata dengan mixer kecepatan rendah,matikan mixer. sisihkan adonan.
  6. Kocok Putih telur hingga soft peak, sisihkan.
  7. Dengan bantuan spantula, masukkan perlahan putih telur ke adonan pisang, aduk balik hingga rata.
  8. Masukkan kismis cincang, dan kisimis utuh, aduk merata, tuang ke dalam loyang loaf,yang dasarnya telah diberi kertas roti dioles dengan sedikit mentega. (kalo aku yang dimasukiin chocochips, kemudian aduk rata)
  9. Taburi bagian atasnya dengan kurma potong hingga penuh.
  10. Panggang dengan suhu 160dC selama 50 menit. Gunakan suhu rendah agar tidak mudah gosong, karena cake ini padat.
  11. Segera lepas cake dari loaf sesaat setelah keluar dari oven, dinginkan di rak kawat, potong ketika sudah hangat/dingin.
Kuenya enak.. Lembut.. aroma pisangnya berasa banget..  Hmm pengen makan lagi dan lagi dan lagi.. Aku setelah kuenya jadi langsung ngabisin 3 potong kue aja.. hahaha.. padahal niatnya mau buatin untuk Ofal.. Jangan2 abis sama Bundanya nih.. ^_^


0 comments:

Post a Comment